Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 Pro – Harga, Review, & Fitur Unggulan

xiaomi redmi k20 pro
Xiaomi Redmi K20 Pro © mi.com

Xiaomi Redmi K20 Pro merupakan generasi lanjutan dari Xiaomi Mi 9 yang dirilis pada tahun 2019. Pada pasaran internasional, smartphone ini dipasarkan dengan nama Xiaomi Mi 9T Pro. Jika ‘saudaranya,’ Xiaomi Redmi Mi 9, adalah smartphone level mid-range, Xiaomi Redmi K20 Pro tersebut merupakan produk yang masuk jajaran hi-end karena spesifikasinya sangat bagus, terutama di sisi dapur pacu serta besaran RAM dan ROM yang dimilikinya.

Terdapat 3 varian produk untuk K20 Pro ini, yaitu yang memiliki internal storage sebesar 64GB dan 128GB. Keduanya juga dilengkapi RAM sebesar 6GB. Sedangkan untuk satu varian lagi adalah yang memiliki tempat penyimpanan internal sebesar 256GB dengan RAM sebesar 8GB.

Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 Pro

Nama model Xiaomi Redmi K20 Pro (Xiaomi Mi 9T Pro untuk pasaran internasional)
Kode produksi M1903F11I
Segmen pasar Hi-end
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE/ LTE-A
Eksternal
Dimensi 156,7 x 74,3 x 8,8 mm
Berat 191 gram (dengan baterai)
Casing Bagian depan dan belakang terbuat dari kaca dengan frame sisi terbuat dari aluminium
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,39 inci
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 10
Chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485)
Kartu grafis Adreno 640
Memori
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (tidak ada slot untuk microSD)
RAM 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP Pop-up selfie camera
Fitur Panorama, Palm shutter, AI silhouette detection, Wide-angle, brightness correction, selfie timer, face recognition, magic mirror, beautify
Belakang 48MP ultra high resolution camera + 8MP telephoto + 13MP wide-angle
Fitur Smart ultra-wide angle, Steady night, Pro mode, burst mode, face recognition, HDR, AI, Triple camera zoom + 10x digital zoom
Resolusi gambar 8000 x 6000 pixel
Resolusi video 3840 x 2160 pixel
Suara
Loundspeaker Ya
Port jack Ya, 3,5 mm
Sensor  
Sensor utama Accelerometer sensor, gyro, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (di layar bagian bawah)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, dual-band
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Ya
Wireless Charging Tidak diketahui
Fitur Lain
GPS Ya (dual band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS)
Radio FM
Baterai
Jenis Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh
Warna Carbon black, Glacier blue, Summer Honey, Flame red
Harga Mulai dari Rp4,4 juta – Rp6,8 jutaan
spesifikasi xiaomi redmi k20 pro
Pilihan warna Redmi K20 Pro

Harga Xiaomi Redmi K20 Pro

Entah apa yang melatarbelakangi pihak Xiaomi belum juga merilis produk Xiaomi Redmi K20 Pro tersebut di pasaran Tanah Air. Sebelumnya, ‘saudara’ dari perangkat tersebut, Xiaomi Mi 9T, juga sampai sekarang belum ada kepastian kapan hadir resmi di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan belum adanya nama K20 Pro di daftar perangkat mobile yang sudah mendapatkan izin masuk ke Indonesia di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atau TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sebagai informasi informasi, di negara asalnya, Cina, K20 Pro dijual dengan harga CYN2099 atau sekitar Rp4,3 jutaan untuk versi ROM 64GB atau CYN2599 atau sekitar Rp5,5 jutaan untuk yang miliki ROM di atasnya. Sedangkan di pasaran Eropa, harga dari K20 Pro atau Mi 9T Pro sangatlah beragam. Mulai dari USD298.29 atau sekitar Rp4,3 jutaan sampai dengan USD331.98 atau sekitar Rp4,7 jutaan. Cukup masuk akal kenapa harga K20 Pro di pasaran Eropa kurang begitu tinggi karena pemegang pasarnya masih dikuasai oleh Samsung dan Apple.

Walaupun belum resmi masuk di Indonesia, Anda dapat memesannya secara online melalui situs-situs penjualan online atau e-commerce di Tanah Air. Harganya mulai dari Rp4,4 juta sampai dengan Rp6,8 jutaan.

Fitur Unggulan Xiaomi Redmi K20 Pro

Dapur Pacu Terhebat di Kelasnya

Secara umum, mulai dari desain sampai dengan fasilitas yang dimiliki Xiaomi Redmi K20 Pro ini hampir mirip dengan Xiaomi Mi 9T. Hanya saja, yang menjadikan perangkat mobile satu ini lebih unggul adalah disematkannya dapur pacu yang sangat jempolan dan lebih tinggi levelnya dibandingkan yang dimiliki Mi 9T.

Salah satu keunggulan dan dapat dikatakan sebagai andalan dari K20 Pro terletak pada chipset, prosesor dan kartu grafis yang dimilikinya. Ketiga hardware tersebut mirip seperti yang dipunyai Xiaomi Mi 9, yaitu chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm), prosesor Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640.

Sensasi ngebut saat menggunakan Redmi K20 Pro
Sensasi ngebut saat menggunakan Redmi K20 Pro

Qualcomm Snapdragon 855 ini dapat dikatakan juga masih menduduki chipset favorit dengan level tertinggi di dunia mobile untuk saat ini. Dengan menggunakannya, kinerja perangkat dapat meningkat sebanyak 3 kali lipat dibanding dengan chipset standar pada umumnya atau mengalami peningkatan sebesar 45 persen.

Selain itu, kartu grafis yang dimilikinya juga sangat berkualitas. Ketika digunakan untuk bermain game ‘berat,’ kecepatan prosesnya meningkat sampai dengan 25 persen. Bahkan perangkat mobile satu ini juga cukup bagus untuk dipakai sebagai media utama dalam memainkan game-game yang masuk dalam kategori e-sport. Hal itu dikarenakan terdapatnya fasilitas Mi Turbo 2.0 seperti yang juga dipunyai Mi 9T.

Tidak hanya itu saja, jika rata-rata smartphone dengan prosesor besar dan digunakan untuk aktivitas berat maka akan berimbas pada meningkatnya suhu udara di dalam perangkat atau dengan kata lain menjadi panas, justru K20 Pro ini akan tetap dingin. Hal itu dikarenakan Xiaomi mengadopsi teknologi 8 layer graphite plus penggunaan gel silika konduktif termal yang diletakkan di bagian belakang body yang mampu mereduksi dan menyerap panas.

Baterai Berkapasitas Besar dan Cepat dalam Pengisian

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Mi 9, yang juga masuk dalam ranah smartphone hi-end, baterai yang dimiliki K20 Pro ini lebih besar kapasitas dayanya. Berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4000 mAh, para penggunanya tidak perlu khawatir untuk kehabisan baterai ketika sedang beraktivitas atau menggunakan perangkat tersebut untuk kebutuhan penting.

Selain tahan lama, waktu pengisian ulangnya pun cukup cepat. Hal itu dikarenakan terdapatnya teknologi Qualcomm Quick Charge 4+ yang disematkan Xiaomi di dalamnya. Tidak hanya itu saja, prosesor dan chipset yang digunakan tergolong yang sangat sedikit mengonsumsi daya baterai dibandingkan dengan model lainnya. Dengan begitu, maka baterai yang dipunyai pun tidak lekas habis walaupun dipakai seharian.

Ketika diujicoba tanpa terhubung internet dengan kecerahan di tingkat minimum, baterainya mampu bertahan selama 29 jam, 28 menit. Dan saat terhubung internet dengan aktivitas ketat serta kecerahan di tingkat maksimum, baterainya mampu bertahan sampai dengan 4 jam, 9 menit.

Kamera dengan spesifikasi jempolan

Untuk fasilitas kameranya, baik K20 Pro, Mi 9T ataupun Mi 9 dilengkapi dengan 3 kamera berbeda di bagian belakangnya. Kamera pertama memiliki resolusi sebesar 48MP yang dapat memotret dengan tingkat detail tinggi. Kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi untuk memotret obyek di tempat yang jauh atau disebut juga dengan istilah telephoto. Dan kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 13MP dengan fitur ultrawide. Walaupun dapat mengabadikan obyek dengan tingkat rentang yang super lebar, namun tidak membuat detail gambar menjadi hilang.

kualitas kamera xiaomi redmi k20 pro yang jempolan
Kamera belakang Redmi K20 Pro

Ketika diujicobakan untuk memotret obyek dari jauh dengan perbesaran sampai dengan maksimal dan dibandingkan hasilnya dengan jepretan Apple iPhone XS Max, OnePlus 6T dan Olympus E M10 II, foto yang dihasilkan K20 Pro lebih bagus dan detail. Kejernihan dan detail bagus yang dihasilkan oleh K20 Pro tersebut dikarenakan Xiaomi menggunakan sensor buatan Sony, IMX586 yang sudah teruji kehebatannya.

Ketika digunakan untuk memotret di tempat yang kurang cahaya atau di malam hari, kameranya masih tetap mampu menghasilkan foto yang bagus dan tidak banyak menghasilkan noise tinggi. Hasilnya pun akan sangat bagus ketika Anda memanfaatkan fasilitas Dual-LED yang terletak di bagian bawah lensa.

pop up pada kamera depan
Motorized pop-up pada kamera depan

Untuk kamera bagian depannya, kurang lebih masih sama seperti yang dimiliki Mi 9T yaitu motorized pop-up dengan sensor lensa sebesar 20MP. Tentu saja dengan besaran resolusi tersebut, maka bagi Anda yang mempunyai hobi selfie, maka akan sangat terbantu karenanya. Ditambah lagi, fasilitas kamera depannya itu juga didukung dengan teknologi AI di dalam perangkat.

Layar lebar dengan kualitas hebat

Seperti halnya mayoritas produk Samsung yang beredar di pasaran, layar yang dipakai K20 Pro ini juga Super AMOLED yang sudah didukung dengan teknologi FHD+ Full Screen dan mampu menampilkan sampai dengan 16 juta warna. Ditambah lagi dengan tingkat densitas pixel per incinya yang besar, membuat semua gambar yang tertampil di layarnya menjadi sangat tajam dan detail. Hal itu dikarenakan semakin besar tingkat densitasnya, maka kerapatan antar-pixelnya juga semakin kecil.

layar yang lebar dan berkualitas
Layar telah dilengkapi dengan Super AMOLED

Fasiltias bright mode yang disematkan di dalamnya membuat kecerahan layar K20 Pro ini lebih bagus dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya. Selain itu, semua yang tertampil di layarnya juga masih akan dapat dilihat dengan jelas walaupun perangkat ini digunakan di bawah sinar matahari secara langsung. Kehebatan seperti ini mirip seperti yang dimiliki oleh salah satu produk unggulan Samsung, yaitu Samsung Galaxy S10+.

Keunggulan Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro ini memang tidak diragukan lagi hadir sebagai penantang smartphone-smartphone hebat besutan vendor ternama di dunia. Hal itu dikarenakan performanya yang jempolan karena dilengkapi dengan dapur pacu kelas atas. Mulai dari chipset, prosesor, GPU sampai dengan RAM-nya sangat berkualitas dan menjadikan kinerja serta performa perangkat menjadi tidak mengecewakan.

Tidak hanya itu saja, dari segi desain dan kualitas materialnya juga sangat baik. Bahkan menurut banyak pengamat gadget, desain dari K20 Pro ini dapat dikatakan di atas rata-rata. Selain itu, kualitas baterainya juga sangat mengesankan. Tidak hanya besar dari segi dayanya dan juga tahan lama, baterainya tidak mudah aus karena telah dirancang sedemikian rupa oleh Xiaomi.

Keunggulan lain yang dimiliki K20 Pro ini tentu saja terletak pada fasilitas kameranya. Memang sekarang ini sedang nge-tren smartphone dengan fasilitas kamera lebih dari satu untuk yang bagian belakang, namun rata-rata menggunakan sensor lensa dengan resolusi tidak sebegitu besarnya. Sedangkan kamera yang dimiliki K20 Pro ini memiliki resolusi cukup besar.

kelebihan xiaomi redmi k20 pro

Kekurangan Xiaomi Redmi K20 Pro

Kekurangan yang dimiliki Xiaomi Redmi K20 Pro terletak pada tidak terdapatnya fasilitas inframerah yang sekarang ini masih banyak dimiliki oleh smartphone di semua kelas. Selain itu, Xiaomi juga tidak menambahkan slot untuk microSD yang mana menjadi satu hal yang cukup mengecewakan jika kapasitas penyimpanan data internalnya penuh. Dan akan sangat merepotkan karena harus memindahkan semua data ke media lain terlebih dahulu.

Di sisi lain, walaupun disebutkan bahwa fasilitas kamera yang dimiliki K20 Pro ini cukup hebat, namun Xiaomi tidak menambahkan fasilitas OIS sebagai pendukung urusan potret-memotretnya. Tidak hanya itu saja, ketika digunakan untuk memotret dalam mode wide, hasilnya kurang begitu bagus.

Perbandingan Xiaomi Redmi K20 Pro dengan 3 Smartphone Sekelasnya

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Nokia 7 Plus

Apabila melihat dari tahun perilisannya, maka dapat dikatakan bahwa Nokia 7 Plus lebih tua satu tahun lebih dibandingkan Xiaomi Redmi K20 Pro. Walaupun begitu, Nokia 7 Plus ini merupakan unggulan dari Nokia untuk saat ini. Hanya saja ketika harus bertarung head-to-head melawan K20 Pro, nampaknya Nokia 7 Plus harus angkat tangan.

Hal itu dikarenakan mulai dari segi dapur pacunya sampai dengan kameranya, semua kalah dari K20 Pro. Hanya saja, ada satu hal yang dimiliki Nokia 7 Plus ini lebih bagus dibandingkan yang dipunyai K20 Pro, yaitu digunakannya optik Zeiss yang sudah terkenal kehebatannya. Bahkan kamera depan dan belakang pada Nokia 7 Plus ini menggunakan optik tersebut, sedangkan pada K20 Pro memakai produk buatan Sony, IMX586.

Xiaomi Redmi K20 Pro vs LG G8 ThinQ

Baik LG G8 ThinQ ataupun Xiaomi Redmi K20 Pro merupakan smartphone keluaran tahun 2019. Pada bagian depan dan belakang dari kedua smartphone ini terbuat dari kaca. Dikarenakan kaca memiliki sifat gampang retak atau pecah jika terkena benturan, maka kedua perangkat tersebut telah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 sebagai pelindungnya. Hanya saja dibandingkan dengan K20 Pro, G8 ThinQ lebih kuat karena telah mengantongi sertifikat IP68.

Selain unggul di sisi kekuatan, G8 ThinQ juga tampil sebagai juara ketika beradu kualitas layarnya. Layar G8 ThinQ ini adalah P-OLED yang mana dapat dikatakan teknologi layar terbaru, sedangkan K20 Pro masih menggunakan Super AMOLED. Walaupun kalah dari 2 sisi itu, bukan berarti K20 Pro tidak ada yang diunggulkan. Dari sisi kameranya, K20 Pro menang telak atas G8 ThinkQ.

Xiaomi Redmi K20 Pro vs Samsung Galaxy A70

xiaomi redmi k20 pro vs samsung galaxy a70
Samsung Galaxy A70

Unggul di sisi dimensi dan besaran layarnya, ternyata Samsung Galaxy A70 belum dapat menjadi tandingan K20 Pro. Pasalnya, dari segi dapur pacunya saja, apa yang dimiliki K20 Pro lebih baik dibandingkan dengan produk buatan Samsung itu. Hanya saja di Galaxy A70 itu dilengkapi dengan slot microSD yang support untuk digunakan sampai dengan 1TB.

Selain kalah dari sisi dapur pacunya, dari fasilitas kameranya pun, A70 kembali bertekuk lutut. Sama-sama menggunakan 3 kamera di bagian belakang, namun besaran resolusi setiap lensanya, milik K20 Pro lebih besar. Namun untuk resolusi kamera depannya, kali ini A70 boleh menjadi juaranya.

Review Akhir Xiaomi Redmi K20 Pro

Xiaomi Redmi K20 Pro yang juga memiliki nama lain Xiaomi Mi 9T Pro ini merupakan salah satu produk unggulan dari Xiaomi. Memiliki dapur pacu hebat, layar berkualitas sampai dengan kamera dengan resolusi besar, membuatnya mampu tampil dan bersaing dengan banyak smartphone lain di pasaran. Hanya saja, sampai sekarang ini, K20 Pro belum masuk ke pasar Tanah Air secara resmi.

Artikel: Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here