Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 – Harga, Kamera, Baterai, Review Fitur

xiaomi redmi k20
Xiaomi Redmi K20 adalah smartphone mid-range rasa flagship

Xiaomi Redmi K20 merupakan salah satu produk yang dilengkapi spesifikasi hebat yang dikeluarkan oleh Xiaomi di awal kuartal kedua tahun 2019, bersama dengan Xiaomi Redmi K20 Pro. Redmi K20 ini memiliki 80 persen apa yang dipunyai K20 Pro. Dengan desain menarik, baterai berkapasitas besar dan juga kamera yang hebat, seharushya Redmi K20 dapat saja masuk dalam kategori smartphone flagship, namun Xiaomi lebih memilih untuk meletakkannya di posisi mid-range.

Terlepas dari statusnya sebagai smartphone mid-range, Xiaomi Redmi K20 ini memiliki dapur pacu yang jempolan dan sangat mampu bersaing dengan semua smartphone kelas menengah besutan vendor lainnya. Layarnya menggunakan jenis Super AMOLED yang sudah teruji kualitasnya dan memiliki ukuran yang sama seperti yang dipunyai Xiaomi Redmi K20 K20 Pro.

Kamera depan dan belakangnya sama-sama berkualitas dan memiliki resolusi tinggi. Khusus untuk kamera bagian depan, Xiaomi menanggalkan model notch ataupun punch hole dan memilih menggunakan motorized pop-up agar layar terlihat lebih besar. Dengan perpaduan antara internal dan eksternal yang berkualitas, maka perangkat mobile ini layak untuk dimiliki.

Spesifikasi Xiaomi Redmi K20

Nama model Xiaomi Redmi K20
Kode produksi M1903F10I
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Mei 2019
Dirilis resmi Juni 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE/ LTE-A
Eksternal
Dimensi 156,7 x 74,3 x 8,8 mm
Berat 191 gram (dengan baterai)
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,39 inci (screen-to-body ratio 91.1%)
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan motorized pop-up camera, HDR
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 10
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
Kartu grafis Adreno 618
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (tidak ada slor memory card)
RAM 6GB/ 8GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan Motorized pop-up 20 MP, f/2.2, 0.8µm
Fitur HDR
Belakang 48 MP (wide), f/1.8 + 8 MP (telephoto), f/2.4 + 13 MP (ultrawide), f/2.4
Fitur Dual-LED flash, HDR, panorama
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, gyro, proximity, compass
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh
Warna Carbon black, Red flame, Glacier blue
Harga Rp4 jutaan (RAM 6GB/ROM 64GB) atau Rp4,2 jutaan (RAM 6GB/ROM 128GB)
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Xiaomi Redmi 7a
Spesifikasi Xiaomi Mi 9t

Harga Xiaomi Redmi K20

Sampai artikel dini dipublikasikan, memang belum ada informasi apakah nantinya Xiaomi Redmi K20 tersebut bakal dirilis resmi di Indonesia atau tidak. Akan tetapi bagi pencinta smartphone di Tanah Air yang ingin membeli perangkat mobile satu ini maka dapat membelinya melalui website resmi Xiaomi atau juga memesannya di beberapa toko online atau e-commerce di Indonesia yang menawarkan layanan pembelian untuk smartphone tersebut.

Berbasis harga di Cina, maka Redmi K20 ini dibanderol sebesar CNY1,999 atau sekitar Rp4 jutaan untuk yang memiliki RAM 6GB dan ROM 64GB, sedangkan yang dilengkapi RAM 6GB dengan ROM 128GB dijual dengan harga CNY2,099 atau sekitar Rp4,2 jutaan.

spesifikasi xiaomi redmi k20 sangat bertenaga dan cepat
Dapur pacu Redmi K20 sangat bertenaga dan juga cepat

Berbagai Keunggulan Xiaomi Redmi K20

Dapur Pacu Hebat Bertenaga

Xiaomi Redmi K20 hadir dengan operating system Android 9.0 Pie yang ‘berkolaborasi’ dengan user interface (UI) MIUI 10. Untuk jerohannya sendiri, Xiaomi menggunakan chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan kartu grafis Adreno 618. Terdapat RAM sebesar 6GB atau 8GB di dalamnya yang mampu membantu sistem berjalan dengan baik dan lancar.

Chipset yang dipakai, Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm), selain kuat dan cepat juga tidak menguras tenaga baterainya. Jadi Anda dapat menggunakan perangkat satu ini untuk berbagai aktivitas tanpa harus takut performanya menurun atau juga kehabisan baterai.

Berbicara tentang masalah game, perangkat mobile satu ini telah dilengkapi dengan Game Turbo 2.0 yang dapat membantu penggunanya dalam bermain game. Bahkan Game Turbo 2.0 memang sengaja diciptakan untuk para maniak game karena mampu mereduksi tingkat munculnya time lags, meningkatkan performa serta mengoptimalkan latensi sentuhnya.

Baterai Jumbo yang Tahan Lama

Baterai yang terdapat pada Xiaomi Redmi K20 ini adalah berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 4000 mAh. Pihak Xiaomi mengatakan bahwa untuk masalah baterai tersebut, K20 telah support fast charging 18W yang memang dapat mereduksi lamanya waktu pengisian ulang baterai.

Dalam uji coba untuk mengetahui seberapa cepat baterainya dapat terisi ulang dengan teknologi fast charging 18W tersebut, baterai pada K20 hanya membutuhkan waktu sekitar 32 menit dari 0 persen menuju 45 persen. Untuk pengisian dari 0 sampai 100 persen, dibutuhkan waktu 40 menit.

Sedangkan ketika diujicobakan untuk beberapa aktivitas seperti menonton video HD, baterainya mampu bertahan selama 25 jam dan 17 menit. Ketika digunakan untuk aktivitas umum, seperti chat, menonton video, mendengarkan musik, browsing, fotografi, bermain game dan lainnya, baterainya mampu bertahan selama 1,5 hari dari posisi 100 persen.

kamera xiaomi redmi k20 dengan teknologi AI
Lensa kameranya telah disokong dengan teknologi AI di dalamnya

3 Kamera Belakang dengan Resolusi Besar

Xiaomi Redmi K20 ini dilengkapi dengan 3 lensa kamera yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda-beda. Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang mana menggunakan sensor dari Sony, Sony IMX582, sedangkan kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 13MP yang berfungsi untuk mengambil gambar dengan sangat lebar dari titik api pusatnya.

Setelah itu, kamera ketiganya berfungsi untuk mengambil foto secara dekat dari jarak jauh. Hal tersebut dikarenakan lensa ketiganya mampu digunakan untuk perbesaran gambar (zooming) sampai 2x.

Fasilitas kameranya ini juga masih disokong dengan terdapatnya teknologi artificial inteligence (AI) yang memiliki fungsi beragam, seperti AI Scene yang mampu mencegah distorsi yang muncul, AI Skyscaping yang berfungsi untuk mengganti-ganti kondisi dan warna langit untuk satu foto dan lain sebagainya. Selain itu, ketika digunakan di tempat yang kurang pencahayaan atau juga di malam hari, hasil yang didapatkan juga tidak mengecewakan karena sensor, kerapatan antar-pixel sampai dengan algoritma AI yang ada di dalamnya mampu menciptakan foto yang sangat bagus.

Untuk digunakan merekam video pun tidak mengecewakan karena terdapat pilihan kecepatan tangkap (frame rate), mulai dari 2160p@30fps, 1080p@30/120/240fps sampai dengan 1080p@960fps. Dan terdapat pula mode Slo-mo yang dapat merekam dari mode normal ke pergerakan melambat dan dengan detail yang bagus.

Kamera Depan dengan Desain Motorized Pop-Up

Tidak seperti kebanyakan vendor mobile yang memilih menggunakan notch ataupun punch hole untuk meletakkan kamera depan, Xiaomi justru memilih memakai motorized pop-up camera. Lensa kamera depannya tersebut memiliki resolusi sebesar 20MP yang mana sangat cocok untuk digunakan berswafoto dengan hasil memuaskan. Tidak hanya bagus untuk digunakan memotret saja, kamera depannya juga dapat dipakai untuk merekam video dengan grame rate sebesar 1080p@30fps.

fingerprint sensor sangat sensitif
Fasilitas fingerprint sensornya sangat responsif, cepat dan juga akurat

Fingerprint Sensor

Xiaomi Redmi K20 ini menggunakan model desain in-display fingerprint sensor sebagai sistem pengamanan utamanya. Maksud dari in-display fingerprint sensor adalah terdapatnya sensor pemindai sidik jari yang terletak di layar utama sebelah bawah. Sensor pemindai sidik jari ini akan aktif ketika Anda menghidupkan perangkat  dari posisi off ke on.

Pihak Xiaomi mengklaim bahwa Anda dapat menekan layar dari sisi manapun agar titik sensor tersebut muncul dengan segera. Dan ketika kali pertama menggunakannya, sistem pada sensor tersebut akan merekam alur sidik jari secara cepat atau 25 persen lebih cepat dari teknologi fingerprint sensor milik perangkat mobile besutan vendor lainnya.

Selain cepat, akurasinya pun tidak dapat diragukan. Bahkan Xiaomi menjelaskan bahwa mereka telah meningkatkan sisi tersebut sampai 30 persen dibandingkan dengan model sebelumnya. Selain menggunakan sensor sidik jari ini, Anda juga masih dapat menambahkan sistem pengaman lain, seperti face unlock ataupun menggunakan pattern dan password.

desain body dan layar
Desain body dan juga layar yang dimiliki Xiaomi Redmi K20 sangat bagus dan berkualitas

Desain Aura Prime

Desain pada Xiaomi Redmi K20 ini merupakan salah satu yang paling atraktif dari semua model yang pernah diproduksi Xiaomi sejauh ini. Dengan patter gradiasi yang terinspirasi dari nyala api biru atau merah dan memadupadankannya dengan garis-gatis hitam pada sisi terluarnya, membuat perangkat tersebut menjadi terkesan misterius namun elegan. Xiaomi sendiri menjuluki desain seperti ini dengan nama Aura Prime Design.

Untuk masalah model desain lainnya, kurang lebih sama seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, dengan ujung yang dibuat tumpul dan layar bezelless yang memiliki tingkat screen-to-body ratio mencapai 91,1 persen. Jadi dapat dikatakan sangat tipis jaraknya dengan batas samping kanan dan kirinya.

Xiaomi Redmi K20 VS Oppo F11 Pro/Vivo V15 Pro/Samsung Galaxy A9

oppo f11 pro
Oppo F11 Pro © mi.com

Xiaomi Redmi K20 vs Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro merupakan salah satu produk terbaru dari Oppo yang memiliki ukuran tubuh dan juga layar lebih besar dibandingkan Xiaomi Redmi K20. Hanya saja, jenis layar yang digunakan masih kalah dengan yang dimiliki produk Xiaomi tersebut.

Untuk dapur pacu dari kedua perangkat kurang lebih masih sama kuat dan cepatnya, namun dari segi kameranya, apa yang dipunyai K20 lebih banyak dan berkualitas dibandingkan dengany ang dipunyai F11 Pro tersebut.

vivo v15 pro
Vivo V15 Pro © vivo.com

Xiaomi Redmi K20 vs Vivo V15 Pro

Mungkin hanya tipis saja perbedaannya, namun tetap saja Vivo V15 Pro memiliki ketebalan lebih tipis 6 persen dibandingkan dengan Xiaomi Redmi K20. Untuk fasilitas kamera bagian depannya, produk dari Vivo tersebut kembali unggul dibandingkan K20 karena resolusi yang dipunyainya adalah sebesar 32MP melawan 20MP.

Hanya saja, material casing yang dimiliki K20 lebih kuat dan bagus dibandingkan dengan yang dipunyai Vivo V15 Pro yang hanya terbuat dari plastik polycarbonate saja. Dapur pacu K20 pun sedikit lebih cepat dari V15 Pro dan kapasitas baterai produk dari Xiaomi ini 8 persen lebih besar.

samsung galaxy a9
Samsung Galaxy A9 © samsung.com

Xiaomi Redmi K20 vs Samsung Galaxy A9 (2018)

Dari segi ketebalan bodynya, Samsung Galaxy A9 lebih tipis 11 persen dibandingkan Redmi Xiaomi K20. Selain unggul dari sisi ketebalannya, A9 juga menang jika dibandingkan dari sisi fasilitas kameranya. Produk dari Samsung tersebut dilengkapi dengan 4 kamera di bagian belakang, sedangkan K20 hanya 3 buah saja. Hanya saja, untuk kamera utamanya, tentu saja K20 lebih unggul jauh dari A9. Namun kamera depan yang dimiliki A9 lebih besar resolusinya dibandingkan yang dipunyai K20.

Dari segi dapur pacu, tidak perlu diragukan lagi jika K20 lebih unggul jauh dibandingkan A9. Tidak hanya dapur pacunya, kapasitas baterai K20 sebesar 4000 mAh lebih besar dibandingkan dengan yang dipunyai A9 yang hanya sebesar 3800 mAh tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi K20

Kelebihan Xiaomi Redmi K20

Xiaomi Redmi K20 ini memang dirancang untuk dapat digunakan siapa saja yang memiliki aktivitas padat. Dikatakan begitu karena dapur pacunya, Qualcomm Snapdragon 730 Soc dan prosesor Octa-core, yang sangat cepat dan kuat yang mana didukung dengan baterainya yang besar, 4000 mAh, maka membuat penggunanya tidak khawatir akan performa ataupun kehabisan baterai ketika sedang mengoperasikannya.

Ditambah lagi dengan desainnya yang sangat mewah dan membuatnya tidak seperti sebuah smartphone kelas menengah. Layarnya yang berukuran besar dan memiliki kualitas di atas rata-rata tersebut juga dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan dari Redmi K20 ini.

Selain itu, fasilitas kameranya pun tidak boleh dilupakan karena memiliki kualitas yang sangat bagus. Bukan mengada-ada karena kamera utamanya saja memiliki resolusi sebesar 48MP dan masih ditambah dengan 2 lensa kamera lain yang memiliki resolusi dan fungsi berbeda. Untuk kamera depannya juga tidak kalah menariknya. Dengan model desain motorized pop-up, maka dapat mereduksi tingkat kekhawatiran akan kerusahan kamera depan karena terjatuh atau terbentur.

Kekurangan Xiaomi Redmi K20

Tentunya selain memiliki kelebihan, smartphone satu ini juga mempunyai kekurangan. Pertama adalah terletak pada material casingnya yang cukup licin dan dapat dengan mudah tergelincir ketika digunakan dengan menggunakan satu tangan saja. Selain licin, karena terbuat dari kaca dan aluminium alloy pada bagian belakangnya yang telah dipoles sehingga menjadi mengkilap, casingnya sangat mudah kotor karena sidik jari atau debu. Dan satu hal lagi, smartphone ini bukan tergolong perangkat mobile yang tahan air ataupun benturan keras.

Ketiadaan slot untuk microSD juga menjadi satu kekurangan untuk Xiaomi Redmi K20 ini. Walaupun memiliki internal storage yang besar, namun bukan berarti tempat penyimpanan tersebut tidak dapat penuh. Masalah harga juga menjadi satu hal yang dikeluhkan banyak orang. Dengan spesifikasi seperti yang dimiliki K20 ini, ternyata ada beberapa smartphone dari vendor lain yang dijual dengan harga lebih murah.

Review Akhir Xiaomi Redmi K20

xiaomi redmi k20
Xiaomi Redmi K20 adalah smartphone mid-range rasa flagship

Xiaomi Redmi K20 adalah smartphone mid-range yang dilengkapi dengan hardware dan software kelas atas. Dengan spesifikasi internal jempolan seperti itu, maka tidak heran kenapa performa dari perangkat mobile ini sangat mengesankan. Tidak hanya di bagian dalamnya saja, untuk bagian luar atau eksternalnya pun tidak kalah menakjubkan. Smartphone ini mempunyai desain yang menarik dan juga terkesan mewah.

Layarnya cukup lebar dan menggunakan jenis Super AMOLED yang sangat terang, jernih dan detail dalam menampilkan segala sesuatunya. Terlebih lagi, dengan tidak digunakannya notch ataupun punch hole seperti pada smartphone besutan vendor lain pada umumnya, membuat layarnya terlihat lebih lebar. Fasilitas kameranya pun juga sangat hebat dengan hasil yang menawan.

Artikel: Spesifikasi Xiaomi Redmi K20 by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here