Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro – Harga, Kamera, Baterai, Fitur

xiaomi redmi note 8 pro
Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah smartphone kelas premium mid-range rasa flagship

Xiaomi Redmi Note 8 Pro merupakan produk keluaran Xiaomi yang diluncurkan pertama kali di Cina pada penghujung Agustus 2019. Dalam sekejap, banyak tempat yang menjualnya sudah kehabisan stok dan kewalahan akan permintaan akan produk tersebut.

Alasan kenapa Xiaomi Redmi Note 8 Pro sangat digemari karena memang perangkat mobile satu itu memiliki spesifikasi luar biasa. Bahkan menjadi smartphone pertama dari Xiaomi yang dilengkapi lensa kamera dengan resolusi 64MP. Tidak hanya itu saja, fitur-fitur lain yang dipunyainya tidak kalah menarik.

Untuk urusan dapur pacunya, jerohan dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini sangat bertenaga dan juga kuat performanya. Ditambah lagi baterai yang dimiliki juga berkapasitas besar, 4500 mAh yang dapat digunakan seharian penuh untuk sekali pengisian. Jadi wajar kenapa produk mobile satu ini sangat laris di pasaran.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Nama model Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Kode produksi
Segmen pasar Premium mid-range
Diperkenalkan Agustus 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ WCDMA/ TD-SCDMA/ CDMA EVDO/ HSPA/ HSDPA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 161.35 x 76.4 x 8.79 mm
Berat 199.8 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual Stand-by, VoLTE HD)
Layar
Jenis LTPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,53 inci (screen-to-body ratio 91,4%)
Resolusi 2340 x 1080 pixel FHD+ (~395 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, IP52
Model Bezelless dengan waterdrop notch, 3D curved glass screen, scratch resistant
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 10
Chipset Mediatek Helio G90T (12nm)
Prosesor Octa-core (2x Cortex-A76 & 6x Cortex-A55)
Kartu grafis Arm Mali-G76 3EEMC4 800MHz
ROM 64GB/ 128GB UFS 2.1 (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM LPDDR4x 6GB/ 8GB 2133MHz
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 20MP
Fitur Gesture Photograph, AI Scene Separation, HDR, Screen Fill Light, Facial Recognition Function, AI Smart Beauty, AI Portrait Mode, AI Scene Camera, AI Studio Light Effect, Video Beauty, Short Video (Shaking Magic Items)
Belakang 64MP (ultra HD) + 8MP (super wide-angle) + 2MP (super macro) + 2MP (portrait depth sensor)
Fitur 10x digital zoom, phase focus, contrast focus, Monochrome warm double flash, Super Night Scene, AI Scene Camera 5.0, Intelligent Super Wide Angle Mode, Ultra Wide Angle Edge Distortion Correction, AI Beauty, Continuous Mode, Street Style Mode, Shift Mode, Custom Watermark, Portrait Background Blur Adjustment, 3D Light Effect, Panorama Mode, AI Super Resolution Photo, Macro Video, Super Wide Angle Video, Short Video (Shaking Magic Props), 960 Frame Slow Motion, Time Lapse Photography, Video Beauty
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Compass, Gyroscope, Light sensor, Proximity
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN 802.11 a/b/g/n/ac, 2.4G Wi-Fi | 5G Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Display, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, APT-x, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NFC Ya
GPS A-GPS, Beidou, Glonass, Galileo
Radio Radio FM
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh (Support 18W fast charge/ Quick Charge 4+)
Warna Mother-of-pearl white, Ice jade, Electric light gray
Harga 6GB/64GB Rp2,7 jutaan, 8GB/128GB Rp3,5 jutaan
Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Spesifikasi Xiaomi Redmi K20
Spesifikasi Xiaomi Redmi 7a

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi Note8 Pro memang benar-benar produk paling anyar yang dirilis Xiaomi di penghujung kuartal ketiga 2019. Oleh karena itu pemasarannya pun masih sebatas di Cina saja untuk sementara ini. Untuk harganya, produk mobile terbaru ini dijual dalam 2 varian berbeda yang dibedakan dari besaran RAM dan ROM yang dimiliki.

Untuk Redmi Note 8 Pro dengan RAM 6GB dan ROM 64GB dijual dengan harga CNY1399 atau sekitar Rp2,7 jutaan dan Redmi Note 8 pro dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol sebesar CNY1799 atau sekitar Rp3,5 jutaan. Bagi Anda yang tertarik untuk memilikinya, maka dapat memesan di situs resmi Xiaomi secara langsung.

spesifikasi xiaomi redmi note 8 pro dengan layar berkualitas
Layarnya berukuran 6,53 inci dengan rasio screen-to-body sebesar 91,4 persen

Fitur Unggulan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Layar LTPS LCD 16 Juta Warna + 3D Curved Glass

Layar dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah berjenis LTPS LCD yang mampu menampilkan 16 juta warna. Ukuran layarnya adalah 6,53 inci dengan screen-to-body ratio sebesar 91,4 persen dan memiliki resolusi 2340 x 1080 pixel FHD+. Kerapatan antar-pixel yang dimilikinya adalah sebesar 395 ppi.

Dengan body 3D curved glass dan besaran layar serta screen-to-body ratio yang lebar, maka membuat layarnya terlihat semakin melegakan ketika digunakan untuk menonton video atau juga ketika dipakai untuk bermain game. Ditambah lagi, layarnya menggunakan model bezelless dengan waterdrop notch pada bagian tengah atas.

Bagi yang gemar beraktivitas di luar juga tidak perlu khawatir lagi karena produk mobile tersebut sudah menggunakan produk dari Corning, yaitu Gorilla Glass 5 untuk bagian depan dan belakangnya. Dan lagi, smartphone tersebut telah mengantongi sertifikat IP52 yang berarti tahan terhadap debu, goresan dan cipratan air. Tidak hanya sertifikat IP52 saja, Redmi Note 8 Pro tersebut juga telah memiliki TÜV Rheinland Certification yang dapat melindungi mata dari emisi cahaya biru.

Untuk layarnya, Xiaomi telah menempatkan sensor buatan Samsung yang berfiturkan teknologi ISOCELL Plus yang dapat mereduksi interferensi cahaya antar-pixel, mengurangi tingkat cahaya yang lepas sampai dengan meningkatkan reproduksi warna yang dihasilkan. Anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan pada layar.

lensa kamera xiaomi redmi note 8 pro dengan resolusi 64MP
Lensa kamera Redmi Note 8 Pro memiliki resolusi 64MP dengan sensor Samsung Bright GW1 CMOS

Kamera Utama dengan Resolusi 64MP

Terdapat 4 kamera yang tersemat di bagian belakang Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini. Untuk kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP yang diklaim sebagai kamera mobile dengan resolusi terbesar di dunia untuk saat ini. Sensor yang digunakan adalah buatan Samsung, Samsung Bright GW1 CMOS.

Dengan menggunakan lensa ini, menurut Xiaomi, resolusi hasil fotonya hampir mendekati 8K atau jika dicetak akan setara dengan poster berukuran 3,26 meter. Apabila dipakai merekam video, lensa kamera utamanya support untuk perekaman dengan format 4K atau juga saat dipakai dalam mode slow motion, bisa mencapai 960 fps.

Kamera keduanya yang memiliki ukuran 13 mm merupakan lensa super wide-angle yang berfungsi untuk mengambil gambar secara meluas atau mode landscape dengan sudut dari 79 sampai 120 derajat anti-ditorsi dan tanpa harus berpindah posisi.

Lensa kamera ketiganya memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi untuk mengambil foto macro dengan jarak terdekat 2cm. Walaupun sangat dekat, namun telah terdapat mode auto fokus agar dapat mengunci  titik api obyek utama secara cepat. Dan lensa terakhir memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan detail yang tinggi.

Kamera depan 20MP dan Banyak Fitur Tambahan

Di bagian depan terdapat satu lensa yang terletak di tengah notch dengan resolusi sebesar 20MP. Lensa kamera depannya ini dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi dan terdapat juga banyak fitur tambahan sebagai pelengkapnya, seperti  Gesture Photograph, AI Scene Separation, HDR, Screen Fill Light, Facial Recognition Function, AI Smart Beauty, AI Portrait Mode, AI Scene Camera, AI Studio Light Effect, Video Beauty sampai dengan Short Video (Shaking Magic Items).

Dengan keberadaan teknologi artificial inteligence di dalamnya, maka hasil foto akan terlihat sangat natural, saturasinya tepat dan juga kedalaman detailnya sangat tinggi.

liquid cooling system xiaomi
Redmi Note 8 Pro ini dilengkapi dengan Liquid-Cooling System yang dapat meredam temperatur

Dapur pacu hebat: Mediatek Helio G90T (12nm) + Prosesor Octa-core

Smartphone terbaru ini dilengkapi dengan chipset Mediatek Helio G90T (12nm) yang mana menjadi pesaing dari Qualcomm Snapdragon 855. Bahkan performa dan kecepatan Helio G90T diklaim telah melampaui chipset game Qualcomm Snapdragon 710. Untuk prosesornya adalah Octa-core (2x Cortex-A76 & 6x Cortex-A55) dan GPU Arm Mali-G76 3EEMC4 800MHz.

Karena memang diperuntukkan bagi gamer, maka dapur pacunya sangat andal ketika digunakan untuk memainkan game-game ‘berat’ atau yang memiliki grafis tinggi. Ditambah lagi dengan RAM dan ROM besar yang dimiliki, maka membuat sistem juga melaju semakin halus tanpa terganggu time lags.

Satu hal yang menarik di dalam internal Redmi Note 8 Pro ni adalah terdapatnya Liquid-Cooling System yang mana mampu menekan tingkat panas pada chipset dan prosesor ketika digunakan untuk aktivitas yang berat. Dengan kondisi mesin panas, Liquod-Cooling Systemnya mampu menurunkan temperatur dari 4 sampai 6 derajat Celcius. Terdapat juga Game Turbo 2.0 yang sangat membantu sekali ketika perangkat digunakan untuk bermain game mobile.

baterai dengan kapasitas 4500 mah
Baterai Redmi Note 8 Pro memiliki kapasitas 4500 mAh

Kapasitas Baterai yang Besar, 4500 mAh

Baterai yang digunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini adalah berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer dengan kapasitas 4500 mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka Anda tidak perlu khawatir mengalami mati perangkat saat tengah digunakan beraktivitas.

Perangkat mobile ini juga telah dilengkapi dengan Quick Charge 4.0+ dan USB PD yang telah support dengan fast charging 18W. Dengan kata lain, Anda dapat mengisi ulang baterainya dengan sangat cepat. Untuk pengisian ulang secara normal, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam lamanya, akan tetapi dengan Quick Charge 4.0+ dan USB PD yang telah support fast charging 18W tersebut, maka durasi pengisian ulang baterainya akan terpangkas cukup banyak.

Dilengkapi dengan fitur NFC

Walaupun ada, namun cukup jarang smartphone-smartphone di kelas mid-range dilengkapi dengan fitur NFC, akan tetapi fasilitas tersebut telah tersematkan di dalam Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Dengan menggunakan fasilitas ini, maka Anda dapat melakukan aktivitas pembayaran secara cepat, mudah dan aman, seperti membayar ongkos bus sampai dengan melakukan pembelian sesuatu yang biasanya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro VS Realme XT/Oppo A9 (2020)/Vivo Z1 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 Pro vs Realme XT

realme xt
Realme XT © realme.com

Dari dimensi, berat sampai ukuran layarnya, apa yang dimiliki Realme XT masih lebih rendah dibandingkan Redmi Note 8 Pro. Hanya saja Realme XT ini memiliki kerapatan antar-pixel yang sedikit lebih tinggi dibandingkan produk baru Xiaomi tersebut.

Untuk fasilitas kamera belakangnya, dapat dikatakan kedua perangkat seimbang, akan tetapi Redmi Note 8 Pro unggul di sisi kamera depannya. Sedangkan dari sisi dapur pacunya, Redmi Note 8 Pro lebih bagus dibandingkan Realme XT. Kemenangan Redmi Note 8 Pro lainnya dari Realme XT adalah terletak pada kapasitas baterainya, yaitu 4500 mAh vs 4000 mAh.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro vs Oppo A9 (2020)

oppo a9 2020
Oppo A9 (2020) © oppo.com

Memiliki dimensi, berat sampai dengan jenis layar yang sama, Oppo A9 (2020) kalah dari Xiaomi Redmi Note 8 Pro dari sisi resolusi layar dan juga kerapatan antar-pixelnya. Selain kalah dari sisi resolusi dan kerapatan antar-pixelnya, Oppo A9 (2020) tersebut ternyata juga kalah jika dibandingkan pada sisi dapur pacunya. Dapur pacu Redmi Note 8 Pro lebih tinggi performanya dibandingkan yang dipunyai Oppo A9 (2020).

Selain itu, fasilitas kamera depan dan belakang Oppo A9 (2020) juga masih kalah jauh dari yang dipunyai produk dari Xiaomi tersebut. Hanya saja kapasitas baterai Oppo A9 (2020) lebih besar, yaitu 5000 mAh berbanding 4500 mAh.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro vs Vivo Z1 Pro

vivo z1 pro
Vivo Z1 Pro © vivo.com

Dari fisiknya, mulai dari dimensi, jenis layar, resolusi sampai kerapatan antar-pixelnya, Redmi Note 8 Pro dan Vivo Z1 Pro dirasa cukup imbang. Namun ketika beralih ke sisi internalnya, dapur pacu Vivo Z1 Pro masih kalah tangguh dibandingkan dengan yang dipunyai Redmi Note 8 Pro.

Tidak hanya itu saja, fasilitas kamera belakang dari produk Vivo tersebut tidak dapat berkutik jika dibandingkan dengan milik Redmi Note 8 Pro. Akan tetapi fasilitas kamera depan dari Vivo Z1 Pro lebih tinggi dari yang dipunyai Redmi Note 8 Pro, 32MP vs 20MP. Keunggulan Vivo Z1 Pro lainnya terletak pada kapasitas baterainya yang sebesar 5000 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Kelebihan pertama yang dimiliki Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini terletak pada sisi layarnya. Selain berkualitas, layar dari smartphone ini telah terlindungi oleh Cornign Gorilla Glass 5 dan juga telah mengantongi sertifikat IP52. Bahkan pada saat diperkenalkan, pihak Xiaomi memutar video yang memperlihatkan kekuatan layarnya dengan diinjak oleh seorang atlet angkat besi sampai dibenturkan ke permukaan kulit durian.

Kelebihan kedua terletak pada resolusi kamera utamanya, 64MP. Dengan resolusi sebegitu besar, maka foto yang dihasilkan akan sangat bagus. Dapur pacu yang dimiliki Redmi Note 8 Pro juga terhitung sebagai kelebihan dari perangkat mobile ini. Hal itu dikarenakan performa dapur pacu Redmi Note 8 Pro sangat tinggi.

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Redmi Note 8 Pro ini adalah terletak pada baterainya yang berkapasitas besar, 4500 mAh. Dan satu hal lagi yang menjadi kelebihan smartphone ini adalah harganya yang cukup murah untuk ukuran perangkat mobile dengan spesifikasi seperti yang dimiliki Note 8 Pro tersebut.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Walaupun dapat dikatakan smartphone ini sangat andal dan hebat, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Seperti contohnya, penggunaan jenis layar LTPS LCD pada Redmi Note 8 Pro ini dirasa kurang tepat untuk smartphone dengan spesifikasi bagus seperti tersebut.

LTPS LCD memang akan terlihat sangat bagus ketika digunakan di tempat yang kurang pencahayaan atau saat malam hari. Semua yang tertampil akan sangat jelas dan terang tanpa harus membuat mata pedih atau lelah. Akan tetapi saat digunakan menampilkan warna secara detail, jenis AMOLED atau Super AMOLED lebih bagus dibandingkan LTPS LCD. Tidak hanya jenis layarnya saja, kerapatan antar-pixel yang dimiliki juga dirasa kecil, 395 ppi.

Memang Redmi Note 8 Pro ini sudah dilengkapi dengan fasilitas NFC yang jarang disematkan di perangkat mobile di kelas mid-range lainnya, akan tetapi smartphone terbaru Xiaomi ini tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging yang sudah cukup jamak digunakan di banyak smartphone besutan vendor lain.

Review Akhir Xiaomi Redmi Note 8 Pro

xiaomi redmi note 8 pro
Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah smartphone kelas premium mid-range rasa flagship

Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini merupakan smartphone pertama Xiaomi dengan kamera utama beresolusi sebesar 64MP. Layarnya berjenis LTPS LCD dengan ukuran 6,53 inci dan menggunakan model desain bezelless dengan notch pada bagian atasnya.

Selain andal di sisi kamera utamanya, Note 8 pro ini memiliki dapur pacu yang tak kalah hebatnya. Bahkan diklaim chipsetnya menjadi pesaing terkuat Qualcomm Snapdragon 855. Ditambah lagi kapasitas baterainya cukup besar yang dapat digunakan seharian.

Smartphone ini untuk sementara hanya tersedia di pasaran Cina saja yang dijual dalam 2 varian, yaitu RAM 6GB dan ROM 64GB dijual dengan harga Rp2,7 jutaan dan yang miliki RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol sebesar Rp3,5 jutaan.

Artikel: Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro by PortalHP.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here