Vivo iQOO 8 Pro

hp Vivo iQOO 8 Pro
iQOO 8 Pro dapat dikatakan sebagai smartphone flagship killer

Vivo iQOO 8 Pro dan Vivo iQOO 8 merupakan 2 produk kelas flagship yang dirilis oleh Vivo pada pertengahan bulan Agustus 2021. Khususnya untuk iQOO 8 Pro, smartphone satu ini dapat dikatakan pembunuh smartphone-smartphone flagship lain di pasaran. Dikatakan begitu karena memang mulai dari jerohan sampai dengan fasilitas yang dimiliki sangat andal dan berlebih apabila dibandingkan dengan produk mobile sekelasnya. Contohnya saja, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 888+, fitur fingerprint sensor ada di layar dengan mengusung teknologi ultrasonic, bukan digital optic lagi. Jadi lebih cepat dan akurasinya tinggi. Selain itu, fasilitas kamera sampai dengan baterai yang dimiliki juga bukanlah yang biasa-biasa saja.

Harga Vivo iQOO 8 Pro

Vivo iQOO 8 Pro ini hadir dalam 2 varian saja, yatu Legendary Edition dan Track version. Selain dibedakan dari warnanya Vivo masih membaginya lagi dalam 3 jenis berbeda yang didasarkan pada besaran RAM dan ROM di dalamnya. Untuk yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 256GB, dijual dengan harga CNY 4999 atau sekitar Rp11,04 jutaan. Sedangkan yang memiliki RAM 12GB dan ROM 256GB, harganya adalah CNY 5499 atau sekitar Rp12,14 jutaan. Versi RAM 12GB dengan ROM 512GB adalah CNY 5999 atau Rp13,24 jutaan. Hanya saja, untuk saat ini Vivo iQOO 8 Pro ini hanya tersedia atau dijual di pasaran Cina dan Hong Kong saja.

Spesifikasi Vivo iQOO 8 Pro

Nama model Vivo iQOO 8 Pro
Kode produksi
Segmen pasar Flagship
Diperkenalkan Agustus 2021
Dirilis resmi Agustus 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / CDMA / WCDMA  / CDMA2000 / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G (SA/NSA)
Eksternal
Dimensi 165,01 × 75,20 × 9,19 mm
Berat Legend Edition: 203,9 gram, Track Edition: 202,5 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis LTPO AMOLED
Ukuran 6,78 inci (Screen-to-body ratio 92.22%)
Resolusi 3200 x 1440 pixels FHD+ (~518 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hole, HDR10+, refresh rate 120Hz, Dolby Vision
Internal
Sistem Operasi OriginOS 1.0
User Interface (UI) Android 11
Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+ 5G (5 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.99 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
Kartu grafis Adreno 660
ROM 256GB, 512GB LPDDR5
RAM 8GB, 12GB UFS 3.1
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur Night scene, portrait, photo, video, panorama, dynamic photo, AR cute shot, micro video, double exposure
Belakang 50MP + 48MP + 16MP
Fitur Night scene, portrait, photo, video, panorama, dynamic photo, AR cute shot, high pixel, slow Action, time-lapse photography, professional, intelligent vision, ultra-clear document, starry sky, sports capture, time slow door, double exposure, dual-view video
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Face Wake facial recognition, Gravity sensor, Light sensor, Proximity sensor, Gyro, Electronic compass, Color temperature sensor
Sensor sidik jari Ya (di layar, Ultrasonic 3D)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, WLAN Display, Wi-Fi hotspot
Bluetooth 5.2, SBC, AAC, aptX, aptX HD, aptX Adaptive, LDAC
USB USB Type-C 2.0
NFC Ya
GPS Beidou/GPS/GLONASS/GALILEO/QZSS
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh (support fast charging 120W, fast wireless charging 50W, reverse wireless charging 10W)
Warna Legendary Edition, Track version
Harga RAM 8GB + ROM 256GB – CNY 4999 (Rp11,04 jutaan)

RAM 12GB + ROM 256GB – CNY 5499 (Rp12,14 jutaan)

RAM 12GB + ROM 512GB – CNY 5999 (Rp13,24 jutaan)

Fitur Unggulan Vivo iQOO 8 Pro

Spesifikasi Vivo iQOO 8 Pro Layarnya sangat berkualitas dan jernih
Layarnya sangat berkualitas dan juga jernih

1. Menggunakan Layar 2K Super Retina LTPO AMOLED

Layar yang digunakan iQOO 8 Pro berjenis LTPO AMOLED yang sudah terbukti dan teruji kualitasnya. Selain itu, layarnya ini juga menggunakan teknologi 2K Super Retina yang dapat menampilkan segala sesuatunya dengan tajam dan detail. Tidak hanya itu saja, resolusinya pun juga menggunakan teknologi yang sama, yaitu 2K Ultra-clear yang memakai E5 baru dan bahan luminescent E4 yang diyakini mampu menghemat pengonsumsian daya baterai sampai 25%. Layarnya ini juga telah lulus sertifikasi Frame Sharing Ultra HD yang mana dapat  memungkinkan penggunanya dalam menikmati setiap frame konten yang ingin ditonton.

Satu hal yang menarik adalah layarnya memiliki refresh rate sampai 120Hz yang mana akan sangat mulus ketika dioperasikan atau discroll ke atas, bawah ataupun samping. Layar dari iQOO 8 Pro ini juga mendukung suhu warna adaptif.

Untuk unlock perangkat sangatlah cepat dan tidak perlu berulang
Untuk unlock perangkat sangatlah cepat dan tidak perlu berulang

2. Sensor Fingerprintnya Menggunakan Teknologi Ultrasonic 3D

Selain layar yang bagus dan lebar, Vivo juga menambahkan fitur fingerprint sensor yang berbeda dengan kebanyakan smartphone lain di pasaran. Bukan di samping ataupun menggunakan pemindai digital optic di layar, melainkan memakai teknologi ultrasonic 3D. Digunakannya teknologi ini adalah untuk lebih akurat, cepat dan memberikan efisiensi kerja yang lebih tinggi dibandingkan model pemindai sidik jari pada umumnya. Kecepatan unlocking dari fitur fingerprint sensornya adalah 0,2 detik saja.

Performa dan kinerja mesin sangat bagus dengan Qualcomm Snapdragon 888+
Performa dan kinerja mesin sangat bagus dengan Qualcomm Snapdragon 888+

3. Chipset yang Digunakan adalah yang Tertinggi di Kelasnya dengan Fabrikasi 5 Nanometer

Satu hal yang diunggulkan dari iQOO 8 Pro ini adalah digunakannya chipset termutakhir dan tertinggi di kelasnya untuk saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 888+ dengan fabrikasi 5nm. Ditambah lagi dengan prosesor yang dimiliki memiliki clock speed sampai dengan 3.0GHz serta desain 3 cluster Octa Core yang sangat bertenaga. Perpaduan antara chipset dan prosesornya itu memberikan kemampuan perangkat dalam mengelola jaringan, grafik sampai dengan untuk gaming dengan baik.

Jika dibandingkan dengan yang dimiliki iQOO 7, ada peningkatan performa CPU sebesar 7%, peningkatan DSP Computing Power mencapai 33.33% dan mampu membaca data dengan cepat.

Baterainya dapat diisi ulang hanya dalam waktu singkat
Baterainya dapat diisi ulang hanya dalam waktu singkat

4. Baterai Besar dan Cepat dalam Pengisian

Seperti halnya kebanyakan smartphone lain di pasaran, jenis baterai yang digunakan adalah non-removable Lithium Polymer. Kapasitas daya baterai yang dimiliki adalah sebesar 4500 mAh. Walaupun tidak sampai 5000 mAh, akan tetapi dengan daya sebesar itu dirasa sudah cukup untuk digunakan dalam waktu seharian penuh hanya dalam sekali pengisian saja. Selain itu, hanya dengan sisa 42% saja, baterainya mampu bertahan sampai dengan 5 jam lamanya.

iQOO 8 Pro ini juga support dengan teknologi FlashCharge 120W yang mana mampu mempersingkat durasi pengisiannya. Untuk mencapai 100%, hanya dibutuhkan waktu 42 menit saja. Smartphone ini tidak hanya support dengan model pengisian biasa saja, akan tetapi juga model fast reverse charging ataupun reverse wireless charging.

Liquid cooling di dalamnya dapat meredam panas berlebih
Liquid cooling di dalamnya dapat meredam panas berlebih

5. Tersedia Pendingin Khusus Berkualitas untuk Turunkan Temperatur di Dalam Perangkat

Tentunya dengan chipset dan prosesor yang besar serta bertenaga tinggi, ketika perangkat digunakan maka temperatur di dalamnya akan meningkat secara cepat. Namun hal tersebut dapat diantisipasi dengan keberadaan liquid cooling khusus yang dapat mereduksi temperatur atau hawa panas di dalam perangkat.

Ketika diujicobakan, dalam pemakaian 1 jam 30 menit untuk gaming, temperatur di dalam perangkat adalah mencapai 44,13 derajat Celcius. Diperkirakan apabila tidak ada liquid cooling di dalamnya, maka temperatur akan jauh di atas 44,13 derajat Celcius.

Berikan pengalaman gaming yang lebih dari biasanya
Berikan pengalaman gaming yang lebih dari biasanya

6. Memberikan Keleluasan, Pengalaman dan Kesenangan Bermain Game Tingkat Atas

Untuk urusan gaming, iQOO 8 Pro sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mutakhir dan terkini. Salah satunya adalah speaker stereo double-raising yang dapat menghasilkan efek suara yang sangat imersif. Dengan teknologi ini, maka pengguna iQOO 8 Pro dapat mendengarkan suara dari efek game mirip dengan kenyataan.

Selain itu, ada pula fitur yang dikenal dengan nama Multi-Turbo 5 untuk mengoptimalkan performa dan kinerja mesin, serta membuat kecepatan dan stabilitas pada sistem yang lebih bagus. Tidak hanya itu saja, terdapat pula Memory Fusion 2.0 yang dapat melepaskan beban pada RAM agar kinerja perangkat tidak terhambat.

Total ada 2 varian warna yang tersedia untuk iQOO 8 Pro
Total ada 2 varian warna yang tersedia untuk iQOO 8 Pro

7. Desain dan Pewarnaannya Terinspirasi dari Body Mobil dan Kecepatannya

Beralih ke masalah desain, iQOO 8 Pro ini memiliki desain yang terinspirasi dari dunia otomotif. Dalam website resminya, Vivo menjelaskan bahwa desain iQOO 8 Pro terinspirasi dari body mobil dan juga kecepatan saat ada di track balap. Jadi perpaduan itulah yang digunakan sebagai ide pembuatan desain pada iQOO 8 Pro ini.

Ada 2 warna yang tersedia, yaitu Track version dengan warna gelap. Track version ini menggunakan tekstur karbon fiber klasik yang terinspirasi pada dashboard interior mobil. Sedangkan warna satu lagi adalah Legendary Edition. Dengan tekstur matte dan penambahan 3 warna lainnya, Vivo ingin menampilkan pattern dari kecepatan mobil saat digunakan untuk ngebut di arena balap.

Lensa-lensa kamera yang dimiliki sangat tajam dan hasilkan foto atau video berkualitas
Lensa-lensa kamera yang dimiliki sangat tajam dan hasilkan foto atau video berkualitas

8. Lensa Depan dan Belakang dapat Mengabadikan atau Merekam Momen Indah Secara Maksimal

Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat di body iQOO 8 Pro ini. Satu dengan resolusi 16MP ada di depan dan 3 buah lainnya terletak di belakang. Lensa kamera depannya ini dikhususkan bagi orang-orang yang suka melakukan swafoto ataupun mengabadikan momen mereka dengan cara melihat layar secara langsung.

Untuk 3 buah lensa di belakang, masing-masing memiliki resolusi 50MP, 48MP dan 16MP. Yang menjadi lensa utama adalah yang mempunyai resolusi 50MP dan memiliki kemampuan untuk merekam ataupun memotret di berbagai suasana atau kondisi secara tepat dan bagus. Bahkan dipakai untuk merekam atau memotret di tempat yang minim cahaya pun, hasil yang didapat cukup memuaskan.

Lensa keduanya yang beresolusi 48MP berfungsi sebagai lensa ultrawide angle. Dengan lensa yang menggunakan sensor Sony IMC598 ini, maka Anda dapat memotret objek secara memanjang atau landscape dengan komposisi, metering dan distorsi yang minim. Sedangkan lensa kamera ketiganya dapat digunakan untuk memperbesar atau zooming sebanyak 2,5 kali dengan fokus setara 60 mm.

Tatanan widgetnya bagus dan minimalis
Tatanan widgetnya bagus dan minimalis

9. Menggunakan User Interface Terbaru yang Sangat Menarik

iQOO 8 Pro dan iQOO 8 merupakan smartphone pertama dari Vivo yang sudah menggunakan user interface terbaru, yaitu OriginOS 1.0. Di model-model sebelumnya, user interface yang digunakan adalah Funtouch OS. Dengan sistem antarmuka ini, maka ada banyak perubahan yang terlihat jika dibandingkan dengan model sebelumnya, salah satu yang paling mencolok adalah visual arsitekturnya.

Dengan OriginOS 1.0 ini, Anda dapat berbagi layar dengan perangkat lain yang sudah terkoneksi secara mudah dan cepat, seperti contohnya dengan komputer atau televisi digital. Selain itu, terdapat pula fitur Global Window atau juga AI Subtitle di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo iQOO 8 Pro

Tentu saja kelebihan pertama dan utama yang dimiliki iQOO 8 Pro adalah terletak pada chipset di dalamnya. Smartphone ini dilengkapi dengan chipset terkini dan paling tinggi di kelasnya, Qualcomm Snapdragon 888+ 5G. Kemudian kelebihan selanjutnya adalah terletak pada layarnya yang sangat berkualitas. Selanjutnya adalah fasilitas kamera belakangnya pun sangat bagus dan memiliki resolusi sangat tinggi. Kelebihan lainnya adalah terletak pada supportnya perangkat dengan teknologi fast charging 120W yang mana sangat menghemat waktu pengisian baterai.

Kekurangan Vivo iQOO 8 Pro

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, iQOO 8 Pro dirasa terlalu berat untuk ukuran smartphone terbaru. Rata-rata smartphon baru memiliki bobot di bawah 190 gram, sedangkan iQOO 8 Pro ini mencapai 205 gram. Kekurangan kedua adalah terletak pada resolusi kamera depannya yang dianggap terlalu rendah dan tidak seimbang dengan resolusi lensa-lensa kamera belakangnya. Kemudian kapasitas baterainya pun dapat dikatakan juga sebagai kekurangan karena dengan banyaknya kemampuan yang dimiliki, maka membutuhkan daya yang lebih dari 4500 mAh.

hp Vivo iQOO 8 Pro
iQOO 8 Pro dapat dikatakan sebagai smartphone flagship killer

Review Akhir

Vivo iQOO 8 Pro merupakan produk mobile tergahar untuk saat ini. Dari spesifikasi yang dimiliki, fasilitas dan kemampuan yang dipunyai, iQOO 8 Pro tepat rasanya dikatakan sebagai pembunuh smartphone-smartphone flagship dari pabrikan lainnya. Mulai dari chipset yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888+ 5G sampai dengan supportnya perangkat dengan teknologi pengisian cepat 120W, maka dirasa smartphone ini sudah sangat memiliki fasilitas yang sangat komplet. Memang ada beberapa sisi minor yang dimiliki, akan tetapi sudah tertutupi dengan kehebatan lainnya. Untuk sekarang ini, iQOO 8 Pro sudah dijual bebas di pasaran Tiongkok dan Hong Kong. Hanya saja belum diketahui apakah nantinya bakal dipasarkan di kawasan Asia Tenggara atau Indonesia pada khususnya atau tidak.

Artikel: Spesifikasi Vivo iQOO 8 Pro by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.vivo.com.cn/vivo/iqoo8pro/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here