Vivo iQOO Neo6 SE

hp Vivo iQOO Neo6 SE
Vivo iQOO Neo6 SE adalah smartphone mid-range yang dijejali fitur kelas flagship

Vivo iQOO Neo6 SE atau yang lebih sering disebut iQOO Neo6 SE saja ini dihadirkan oleh Vivo di penghujung bulan Mei 2022 bersamaan dengan Vivo iQOO Neo6. Smartphone satu ini memiliki banyak fitur menarik dan menggunakan chipset yang cukup andal, yaitu Qualcomm Snapdragon 870 SoC. ROM dan RAM di dalamnya juga juga berkapasitas besar dan dapat meningkatkan performa serta kinerja perangkat. Saat dipakai untuk nge-game berjam-jam pun tidak menjadi masalah. Ditambah lagi, baterai yang dimilikinya berkapasitas besar dan iQOO Neo6 SE ini sudah support dengan teknologi pengisian cepat, 80W yang dapat mengisi ulang sampai penuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Harga Vivo iQOO Neo6 SE

Seperti seri-seri iQOO lainnya, iQOO Neo6 SE juga diedarkan secara terbatas di beberapa negara pasar potensial saja. iQOO Neo6 SE ini hadir dalam 3 varian yang dibedakan pada besaran RAM dan ROM di dalamnya. Dan tentu saja karena terdapat perbedaan RAM dan ROM, maka harganya pun berbeda. Untuk yang dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dijual dengan harga CNY 1999 atau sekitar Rp4,36 jutaan. Sedangkan untuk versi RAM 8GB dan ROM 256GB, dipasarkan dengan harga CNY 2299 atau sekitar Rp5,02 jutaan. Untuk versi RAM 12GB dan ROM 256GB, Vivo menjualnya dengan harga CNY 2499 atau sekitar Rp5,45 jutaan.

Spesifikasi Vivo iQOO Neo6 SE

Nama model Vivo iQOO Neo6 SE
Kode produksi V2199A
Segmen pasar Mid-range premium
Diperkenalkan Mei 2022
Dirilis resmi Mei 2022
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G (SA/NSA)
Eksternal
Dimensi 163 × 76,16 × 8,54 mm
Berat 190 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Samsung AMOLED (E4)
Ukuran 6,62 inci (91.45% screen-to-body ratio)
Resolusi 2400 x 1080 pixels FHD+ (397 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hile, SGS Low Blue Light Certification, HDR 10+, refresh rate 120Hz,
Internal
Sistem Operasi Android 12
User Interface (UI) OriginOS Ocean
Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
Kartu grafis Qualcomm Adreno 650
ROM 128GB / 256GB UFS 3.1
RAM 8GB / 12GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 16MP
Fitur Portrait, Photo, Video, Micro Video, Dual-View Video
Belakang 64MP + 8MP + 2MP
Fitur Night Scene, Portrait, Photo, Video, 64 Million High Pixel, Panorama, Slow Motion, Time-Lapse Photography, Professional Mode, Micro Video, Smart Vision, Document Correction, Motion Capture, Time Slowdown, Dual-View Video Recording
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (Type-C)
Sensor utama Acceleration Sensor, Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, Gyroscope, Electronic Compass, Face Wake facial recognition, Fingerprint recognition
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, Dual-band WIFI, WIFI6 (IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax)
Bluetooth 5.2, support SBC/AAC/aptX/aptX HD/aptX Adaptive/LDAC
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS GPS Navigation, GLONASS Navigation, Beidou Navigation, Galileo Navigation, QZSS
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4700 mAh (support fast charging 80w (30 minutes full))
Warna Blazing orange, Interstellar, Neon
Harga iQOO Neo6 SE (8GB+128GB): CNY 1999 atau sekitar Rp4,36 jutaan

iQOO Neo6 SE (8GB+256GB): CNY 2299 atau sekitar Rp5,02 jutaan

iQOO Neo6 SE (12GB+256GB): CNY 2499 atau sekitar Rp5,45 jutaan

Lihat juga:

Fitur Unggulan Vivo iQOO Neo6 SE

Untuk menuju 100% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja
Untuk menuju 100% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja

1. Baterai Besar dan Support Flash Charge 80W

Keunggulan pertama yang dimiliki iQOO Neo6 SE adalah kemampuannya untuk menggunakan teknologi pengisian cepat atau flash charge 80W. Dan mungkin di kelas smartphone mid-range keluarga berbagai vendor, baru iQOO Neo6 SE saja yang support dengan flash charge 80W seperti ini. Dengan menggunakan teknologi tersebut, maka Anda dapat mengisi ulang baterainya dari 0-100% dalam waktu kurang dari 30 menit. Fast charge 80W ini menggunakan dual-cell solution dan FFC technology. Sedangkan untuk baterai yang digunakannya sendiri berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 4700 mAh. Dengan baterai sebesar itu, maka dayanya dapat digunakan untuk mendengarkan musik streaming selama 28 jam.

Chipsetnya berada satu tingkat di bawah kelas flagship
Chipsetnya berada satu tingkat di bawah kelas flagship

2. Chipset Bertenaga, Qualcomm Snapdragon 870

Snapdragon adalah salah satu chipset mobile yang sangat terkenal dan diunggulkan sampai sekarang ini. Terlebih yang seri 8 atau Qualcomm Snapdragon 8-series ini memiliki kekuatan yang berlebih dibandingkan dengan model sebelumnya atau saingannya. Qualcomm Snapdragon 870 5G SoC ini memiliki dapat menyeimbangkan antara pengonsumsian daya dan kinerja.

Sedangkan prosesornya sendiri memiliki core frequency besar sampai dengan 3.2GHz dan GPU-nya meningkat sebesar 110% dibandingkan dengan model sebelumnya. Kemudian, fabrikasinya adalah 7 nanometer yang dikombinasikan dengan chip memori berkecepatan tinggi UFS3.1 yang sudah di-overclock. Ketika diujicobakan, iQOO Neo6 SE mendapatkan nilai 752,382 points di AnTuTu atau 4,263 points di 3Dmark.

Sistem pendingin yang menggunakan 5 lapisan granit berbeda
Sistem pendingin yang menggunakan 5 lapisan granit berbeda

3. Sistem Pendingin yang Hebat

iQOO Neo6 SE juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang hebat. Terdapat 5 lapisan granit laminasi tiga dimensi yang memiliki ketebalan berbeda-beda. Dengan lapisan-lapisan ini, maka sumber panas dapat menurun drastis secara cepat. Total area pendinginan adalah sebesar 36.907 mm² dan area pembuangan panas meningkat sekitar 48,2% dibanding model sebelumnya.

Sistem audionya sangat nyaring dengan speaker ganda
Sistem audionya sangat nyaring dengan speaker ganda

4. Sistem Audio Menggelegar tapi Tidak Bikin Telinga Sakit

Untuk masalah audio, iQOO Neo6 SE menggunakan teknologi yang hebat. Suara yang dihasilkan sangat empuk dan timbrenya sangat murni serta amplitudonya besar. Selain itu, sistem audio iQOO Neo6 SE ini juga dilengkapi dengan speaker ganda yang dapat memberikan pengalaman terbaru kepada para penggunanya.

Layar besar dengan refresh rate 120Hz
Layar besar dengan refresh rate 120Hz

5. Layar Besar, Berkualitas dan Refresh Ratenya adalah 120Hz

Pada umumnya, smartphone mid-range dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD atau juga OLED, tapi untuk iQOO Neo6 SE justru menggunakan layar buatan Samsung yaitu AMOLED E4. Dengan layar ini, warna yang ditampilkan sangat vibrant, cerah dan tidak berlebihan. Kualitas gambarnya pun sangat halus dan detail. Layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi HDR10+ dan SGS Low Blue Light Certification yang dapat mereduksi emisi cahaya biru dan dapat mereduksi pengonsumsian daya sebesar 6,5%.

Layar iQOO Neo6 SE berukuran 6,62 inci dengan resolusi 2400 × 1080 pixels. Sedangkan untuk refresh ratenya, Anda dapat cepat switching secara manual atau auto dari 60Hz, 90Hz dan 120Hz dengan touch sampling rate sebesar 360Hz yang paling rendah atau 1200Hz yang tertinggi.

X-axis Linear Motor membuat getaran perangkat menjadi lebih nyata
X-axis Linear Motor membuat getaran perangkat menjadi lebih nyata

6. Dilengkapi X-axis Linear Motor

iQOO Neo6 SE dilengkapi dengan X-axis Linear Motor yang dapat memberikan pengalaman bermain game dengan nyaman dan menarik. Anda akan merasakan vibrasi nyata ketika sedang bermain game-game yang memiliki banyak gerakan dan sentuhan. Smartphone ini juga dilengkapi dengan 4D Game Vibration 3.0 yang dapat memaksimalkan X-axis Linear Motor.

Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP
Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 64MP

7. 3 Lensa Kamera Belakang dan 1 Lensa untuk yang di Belakang

Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat di body iQOO Neo6 SE. Untuk yang terletak di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi 64MP. Lensanya ini dilengkapi dengan fitur stabilisasi gambar optik atau OIS serta dapat menyesuaikan cahaya secara otomatis. Ditambah lagi, terdapat berbagai mode, filter dan fasilitas tambahan lain yang membuat penggunanya dapat merekam atau memotret dengan hasil yang baik. Seperti, Coldplay Video Zone Inspiration Opening, Retro-futurism sampai dengan Pixel feelings.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya mempunyai resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai ultra-wide-angle lens dengan rentang terluar adalah 116° dan lensa ketiganya adalah sebesar 2MP yang berfungsi sebagai lensa makro. Untuk lensa depannya sendiri, resolusinya adalah 16MP yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya.

Terdapat 3 varian warna yang berbeda dan sangat menawan
Terdapat 3 varian warna yang berbeda dan sangat menawan

8. Desain Retro dengan Warna Menarik

iQOO Neo6 SE mengadopsi retro design language yang sangat unik dan menghadirkan tampilan visual baru. Menurut Vivo, desain iQOO Neo6 SE mengadopsi desain “film cloud level” yang image module-nya sangat mirip- dengan lembaran kertas film Polaroid. Total terdapat 3 varian, yaitu Interstellar, Neon, dan Blazer orange yang menyala ketika terkena cahaya. Bodinya terbuat dari plastik keras polycarbonate yang cukup tebal, tapi tidak membuat tampilan perangkat menggembung.

Lihat juga:

 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo iQOO Neo6 SE

Kelebihan yang dimiliki iQOO Neo6 SE, pertama adalah baterainya yang berkapasitas besar dan support dengan teknologi fast charging 80W. Untuk menuju 100% dari posisi baterai kosong, Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Kelebihan kedua adalah layarnya yang besar dan sangat berkualitas karena memakai produk dari Samsung yang terbaik, yaitu AMOLED E4. Kemudian chipset yang digunakan juga merupakan kelebihan yang dimiliki iQOO Neo6 SE ini dan selanjutnya adalah lensa kamera utamanya yang mempunyai resolusi besar.

Kekurangan Vivo iQOO Neo6 SE

Sedangkan kekurangan iQOO Neo6 SE adalah walaupun dilengkapi dengan port 3.5mm jack type-C yang tidak semua orang memiliki kepala jack seperti itu. Kemudian density layarnya kurang begitu tinggi yang membuat gambar tidak terlalu bagus saat digunakan untuk menampilkan gambar dengan kualitas di atas HD. Selanjutnya, iQOO Neo6 SE ini juga tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal yang masih cukup dibutuhkan oleh banyak pengguna smartphone. Dan pastinya, untuk ukuran smartphone kelas mid-range seperti ini, harga yang ditawarkan cukup tinggi.

hp Vivo iQOO Neo6 SE
Vivo iQOO Neo6 SE adalah smartphone mid-range yang dijejali fitur kelas flagship

Review Akhir

Vivo iQOO Neo6 SE adalah smartphone kelas mid-range yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang ada di smartphone kelas flagship. Tidak hanya untuk digunakan sebagai media pembantu keperluan sehari-hari, tapi juga dapat menjadi alat nge-game yang mumpuni. Dari segi kinerja, smartphone ini menempati urutan terdepan dari produk pesaing di level yang sama. Untuk urusan fotografi, iQOO Neo6 SE juga sangat membantu para pencinta fotografi atau videografi karena lensa-lensanya memang sangat hebat dan tinggi pikselnya. Baterainya pun tidak kalah besar kapasitasnya dan smartphone satu ini support dengan teknologi fast charging 80W. iQOO Neo6 SE tersedia dalam 3 harga pilihan berbeda yang didasarkan pada besaran RAM dan ROM di dalamnya. Hanya saja, iQOO Neo6 SE kemungkinan tidak akan dipasarkan di pasaran Tanah Air.

Artikel: Spesifikasi Vivo iQOO Neo6 SE by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.vivo.com.cn/vivo/iqooneo6se/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here