Vivo S1

Hp Vivo S1
Vivo S1 adalah smartphone mide-range dengan desain menarik dan kaya fitur

Vivo S1 atau Vivo Y7s (nama untuk pasaran Cina) merupakan smartphone mid-range yang akhirnya pada bulan Juli 2019 secara resmi masuk ke pasaran Tanah Air. Pihak Vivo Mobile Indonesia mengatakan bahwa dipilihnya pasar Tanah Air ini karena banyaknya para muda yang menyukai perangkat mobile dengan gaya sporty, elegan dan juga stylish.

Walaupun masuk dalam kategori smartphone mid-range, akan tetapi spesifikasi yang dipunyai Vivo S1 tidak dapat dianggap enteng. Layar yang dimiliki cukup besar dengan tingkat kerapatan antar-pixelnya juga tak kalah besarnya. Oleh karena itu, maka semua yang tertampil di layarnya sangat jernih, terang dan detail.

Fasilitas kamera yang terletak di bagian depan memiliki resolusi tinggi yang memang didedikasikan untuk pengguna yang suka melakukan swafoto. Sedangkan di bagian belakangnya terdapat 3 lensa kamera yang mempunyai resolusi dan fungsi berbeda-beda. Dan satu hal yang menjadi keunggulan dari smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang tergolong besar di antara semua smartphone di kelas mid-range.

Harga Vivo S1

Vivo S1 memang sempat terlambat datang ke pasar Indonesia, namun akhirnya pada pertengahan bulan Juli 2019, perangkat mobile kelas menengah yang dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas canggih tersebut diluncurkan di Tanah Air.

Dengan spesifikasi canggih yang dipunyai, pastinya banyak orang yang akan mengira bahwa perangkat mobile satu ini dijual dengan harga relatif mahal. Namun Vivo ternyata justru memasarkan produknya tersebut dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp3.599.000 saja.

Untuk pembeliannya, Anda dapat langsung mengunjungi toko resmi Vivo yang tersebar di banyak kota di Indonesia ataupun membelinya secara online melalui laman resminya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat membelinya melalui toko online atau e-commerce di Tanah Air.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo S1

Nama model Vivo S1
Kode produksi V1907
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi Juli 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ LTE/ WCDMA
Internal
Dimensi 159,5 x 75,2 x 8,1 mm
Berat 179 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis Super AMOLED
Ukuran 6,38 inci
Resolusi 1080 x 2340 pixel (~404 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless dengan waterdrop notch dan always-on display
Eksternal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch 9 OS
Chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
Prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
Kartu grafis Mali-G52 MC2
ROM 128GB (dapat ditambah sampai 256GB via microSD)
RAM 4GB/ 6GB
Kamera
Depan 32MP (notch)
Fitur HDR, Panorama, Live Photos, Gender detection, Face Beauty+ Bokeh, AI Filter, AR Stickers, Video Face Beauty, Selfie Lighting, AI Face Beauty, Super Wide-Angle Camera, Fun Video
Belakang 16MP (wide) + 8MP (ultrawide) + 2MP (depth sensor)
Fitur HDR, LED Flash, Panorama, PPT, Professional, PDAF, Time-Lapse, Slow, Live Photos, Portrait Mode, AR Stickers, Video Face Beauty, Selfie Lighting, AI Filter, AI Face Beauty, AI Portrait Framing, Super Wide-Angle Camera, Fun Video
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama accelerometer, compass, proximity, Gyroscope, Ambient light sensor
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, 2.4G+5G
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh TYP (support fast charging)
Warna Diamond Black, Cosmic Green, Skyline Blue
Harga Rp3,6 juta

Fitur Unggulan Vivo S1

Spesifikasi Vivo S1 Layar 6,3 inci Super AMOLED
Layar lebar berukuran 6,3 inci Super AMOLED (Full HD +)

Layar Super AMOLED dengan Always-On Display

Vivo S1 ini dilengkapi dengan layar berjenis Super AMOLED (Full HD +) berukuran 6,38 inci. Semua yang tertampil di layarnya akan semakin terlihat kontras dan berwarna-warni ketika berpadu dengan casingnya yang juga tak kalah menariknya. Tidak hanya itu saja, tingkat kecerahan pada layarnya juga sangat bagus. Bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung pun, tidak akan menimbulkan flackering atau terlihat pucat.

Selain itu, salah satu hal yang menarik terkait dengan layar yang dimiliki Vivo S1 adalah terdapatnya fitur Alway-On di dalamnya. Fitur ini akan membuat layarnya secara otomatis menyala ketika sedang berada di tempat yang kurang cahaya dan tidak mengonsumsi daya berlebih.

Sistem pengaman yang ada di Vivo S1 ini bernama Screen Touch ID
Sistem pengaman yang ada di Vivo S1 ini bernama Screen Touch ID

Sistem Pengamanan Terkini, Screen Touch ID

Untuk sistem pengamanannya, Vivo melengkapi Vivo S1 ini dengan fitur yang dapat dikatakan terkini, yaitu fingerprint sensor atau Screen Touch ID (nama versi Vivo). Dengan sistem pengaman ini, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan sistem pengaman lain, seperti pattern, password atau bahkan face unlock, walaupun Anda masih dapat menambahkannya jika merasa kurang.

Untuk sensitivitasnya, Screen Touch ID ini sangat peka dan dapat cepat membuka jika sidik jari yang dipindai sesuai dengan yang sudah terekam sebelumnya. Tingkat akurasinya pun tidak perlu diragukan. Ditambah lagi, apabila Anda bosan dengan visual standar untuk Screen Touch ID ini, maka Anda dapat menggunakan tampilan animasi yang sudah disediakan Vivo di dalamnya.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Gaya Sleek Nan Rupawan

Tidak salah jika pihak Vivo Mobile Indonesia di waktu perilisan mengatakan bahwa salah satu keunggulan dari Vivo S1 tersebut terletak pada desain yang dimiliki. Desain dari Vivo S1 bergaya muda dengan warna casing menarik serta terkesan terbuat dari material logam karena digunakannya desain 2.5D yang bakal menyala ketika terkena pantulan cahaya. Bahkan dengan tagline, “Unlock Your Style,” membuat semakin tepat dengan apa yang terlihat pada Vivo S1 itu. Jika dibandingkan dengan Vivo Z1 Pro, Vivo S1 memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dan ringan.

Lensa kamera depannya cocok untuk dipakai selfie
Lensa kamera depannya cocok untuk dipakai selfie

Kamera Depan 32MP dengan Hasil Tajam

Secara keseluruhan, terdapat 4 lensa kamera yang dimiliki Vivo S1, 1 di depan dan 3 di belakang. Khusus untuk kamera yang terletak di bagian depan, besaran resolusinya adalah 32MP Ultra HD yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, tajam dan juga jernih serta terang.

Bagi yang doyan selfie, maka akan semakin suka melakukannya dengan menggunakan produk mobile satu ini karena terdapatnya beberapa mode khusus, seperti AI Selfie Lighting, AI Face Beauty, AI Filter, AR Sticker dan banyak lagi lainnya.

Sensor utama nya menggunakan produk milik Sony, Sony IMX499
Sensor utama nya menggunakan produk milik Sony, Sony IMX499

Kamera Belakang dengan Sokongan Teknologi AI

Sedangkan pada bagian belakang terdapat lensa kamera utama dengan sensor dari Sony IMX499 beresolusi sebesar 16MP. Kamera utamanya ini juga masih didukung oleh fitur AI di dalamnya, seperti AI Portrait Framing. Lensa lainnya memiliki resolusi 8MP yang dapat Anda gunakan untuk memotret secara lebar. Satu lensa lagi memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi untuk mendapatkan hasil lebih tajam dan detail.

Performa Dapur Pacu Kuat dan Cepat

Chipset yang dimiliki Vivo S1 ini adalah Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm) dengan prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 MC2 membuat performa perangkat mobile ini sangat jempolan. Ditambah lagi dengan RAM sebesar 4GB atau 6GB, maka kinerja mesin di dalam smartphone satu ini juga menjadi lancar tanpa hambatan berarti.

Dengan RAM besar dan dapur pacu hebat, terdapat pula mode khusus untuk para gamer, yaitu Ultra Game Mode. Dalam mode ini, pengguna dapat bermain dengan tenang karena game ‘berat’ pun dapat dimainkan secara lancar dan mengurangi tingkat frame-drop sampai dengan 300 persen. Hal itu dikarenakan terdapat fitur Multi-Turbo di dalam Ultra Game Mode ini.

Baterai Lithium Polymer 4500 mAh yang dimiliki mampu bertahan sampai dengan 1,5 hari
Baterai Lithium Polymer 4500 mAh yang dimiliki mampu bertahan sampai dengan 1,5 hari

Baterai Jumbo dan Tahan Lama

Sedikit berbeda dengan perangkat mobile kelas mid-range lain pada umumnya yang rata-rata menggunakan baterai berkapasitas 3500 sampai dengan 4000 mAh, Vivo S1 justru dilengkapi dengan baterai berjenis Lithium Polymer yang memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Dengan daya besar ini maka akan membuat penggunanya merasa nyaman dan tenang ketika menggunakan perangkat untuk bermain game atau menonton video dalam durasi lama.

Untuk mengisi ulang baterainya, Anda tidak perlu khawatir karena sudah disematkannya teknologi Dual-Engine Fast Charging 18W. Dibutuhkan waktu hanya 1 jam saja untuk mengisi dari posisi 0 persen ke 100 persen. Bahkan pihak Vivo mengklaim bahwa dengan baterai 100 persen dan kemudian digunakan untuk aktivitas sehari-hari, baterainya mampu bertahan sampai dengan 1,5 hari hanya dalam satu kali pengisian saja.

Jovi Image Recognizer adalah fitur menarik yang dapat terhubung dengan e-commerce
Jovi Image Recognizer adalah fitur menarik yang dapat terhubung dengan e-commerce

Perpaduan Google Assistant, Smart Button dan Jovi Image Recognizer

Dikarenakan menggunakan Android, maka tentu saja Vivo S1 ini juga disokong dengan Google Assistant yang berfungsi seperti Siri pada perangkat berbasis iOS. Dengan menggunakan Google Assistant ini, maka pengguna Vivo S1 dapat mengakses semua fitur di dalamnya melalui perintah suara saja.

Jovi Image Recognizer sendiri merupakan sebuah fasilitas yang berfungsi untuk mengakses banyak platform e-commerce ketika Anda ingin mencari produk tertentu. Sesaat Anda mengaktifkannya dan menuliskan apa yang sedang Anda cari, maka secara otomatis Jovi Image Recognizer akan melakukan pencarian mendalam melalui database toko. Dengan begitu maka Anda akan lebih mudah menemukan produk yang diinginkan.

Sedangkan fitur Smart Button yang dipunyai Vivo S1 berfungsi untuk mengaktifkan 2 fitur tersebut. Caranya adalah ketika Anda menekan tombolnya sekali, maka fitur Google Assistant yang akan aktif dan ketika menekannya 2 kali, maka akan mengaktifkan fitur Jovi Image Recognizer.

Perbandingan Vivo S1 dengan Realme 3 Pro, Xiaomi Pocophone F1 dan Samsung Galaxy A50

Realme 3 Pro © realme.com
Realme 3 Pro © realme.com

Vivo S1 vs Realme 3 Pro

Memang kedua smartphone ini dilengkapi dengan 3 kamera yang mana lensa utamanya sama-sama memiliki resolusi 16MP. Hanya saja ketika diadu secara head-to-head, ternyata hasil yang didapat adalah lebih bagus kamera pada Realme 3 Pro. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya fitur Chromaboost pada Realme 3 Pro yang mampu menyeimbangkan semua hal terkait dengan kamera.

Salah satu keunggulan Vivo S1 atas Realme 3 Pro terletak pada fitur fingerprint sensornya. Kepekaan dan kecepatan fitur tersebut membuat Vivo S1 lebih layak untuk menjadi pemenangnya dibandingkan dengan apa yang dipunyai Realme 3 Pro.

Xiaomi Pocophone F1 © mi.com
Xiaomi Pocophone F1 © mi.com

Vivo S1 vs Xiaomi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1 merupakan salah satu smartphone unggulan dari Xiaomi untuk kelas menengah. Hanya saja ketika bertarung langsung dengan Vivo S1, perangkat mobile besutan Xiaomi itu masih belum mampu menjadi pemenangnya. Hal itu dibuktikan dengan berbagai fasilitas yang dimiliki mempunyai kualitas di bawah Vivo S1.

Mulai dari besaran layar, RAM, desain sampai dengan baterainya, Vivo S1 lebih unggul dibandingkan dengan Pocophone F1 tersebut. Hanya saja bukan berarti produk Xiaomi itu tidak memiliki keunggulan. Kelebihan Xiaomi Pocophone F1 dari Vivo S1 terletak pada dapur pacunya yang tergolong kelas atas, yaitu chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Samsung Galaxy A50 © samsung.com
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Vivo S1 vs Samsung Galaxy A50

Melihat dari tampilan dan besaran body serta layarnya saja, kedua perangkat ini memiliki kemiripan. Hanya saja, dari bagian fitur dan dapur pacunya, nampaknya produk dari Samsung lebih unggul dibandingkan Vivo S1 tersebut. Perbandingan berikut ini dapat menjadi bukti bahwa Samsung Galaxy A50 lebih baik dibandingkan Vivo S1.

Dapur pacu yang dipunyai Galaxy A50 15 persen lebih cepat dan lebih bagus dibandingkan dengan yang dimiliki Vivo S1. Selain itu, resolusi kamera belakang pada Galaxy A50 juga lebih tinggi dibandingkan produk milik Vivo itu. Hanya saja jangan berbicara masalah baterai karena Vivo S1 ini memiliki baterai dengan kapasitas lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy A50.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo S1

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki Vivo S1 terletak pada layarnya yang berjenis Super AMOLED. Layarnya ini dapat menampilkan segala sesuatunya dengan terang, jernih dan juga detail. Hal itu dikarenakan layarnya yang berukuran 6,38 inci dengan 1080 x 2340 pixel memiliki tingkat kerapatan antar-pixelnya mencapai 404 ppi. Cukup besar untuk ukuran smartphone kelas menengah.

Selain itu, keunggulan lain dari smartphone ini adalah terletak pada fitur Screen Touch ID-nya yang sangat cepat ketika dioperasikan. Tidak hanya cepat, tingkat akurasinya pun sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, dengan dapur pacu yang jempolan dan RAM besar, maka performa dari perangkat ini juga bagus, kuat juga cepat.

Dan satu keunggulan lain dari Vivo S1 ini adalah terletak pada besaran kapasitas baterai yang dimilikinya. Vivo S1 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 mAh yang sudah support dengan teknologi fast charging. Jadi dapat dikatakan bahwa selain besar, baterainya juga cepat untuk diisi ulang.

Kekurangan

Walaupun hadir dengan segudang fitur menarik di dalamnya, sayangnya Vivo tidak melengkapi produknya satu ini dengan kemampuan untuk melakukan streaming video atau apapun dalam format HD atau di atasnya. Selain itu, tidak terdapatnya port Type-C dan lebih menggunakan microUSB 2.0 yang dapat dikatakan sudah ketinggalan zaman menambah catatan kekurangan dari Vivo S1 ini.

Smartphone satu ini juga tidak support dengan NFC yang sudah menjadi satu hal yang wajib dimiliki perangkat mobile sekelasnya. Terlebih lagi, dikarenakan mulai dari layar sampai dengan casing bagian belakangnya sama-sama glossy, maka mudah sekali kotor dan ketika dipegang, bahkan bekas tangan atau sidik jari sangat mudah menempel dan akhirnya membuatnya menjadi terkesan jorok.

Satu hal yang dirasa cukup mengecewakan adalah speaker yang dimiliki Vivo S1 hanyalah mono speaker saja. Dengan mono speaker maka suara yang dikeluarkan (tidak menggunakan headset atau earphone) akan terasa kurang begitu keras dan kualitasnya tidak sebagus stereo speaker.

Hp Vivo S1
Vivo S1 adalah smartphone mide-range dengan desain menarik dan kaya fitur

Review Akhir Vivo S1

Secara umum Vivo S1 sangat recommended untuk dibeli dan dimiliki oleh para muda yang suka bergaya dan gemar melakukan aktivitas fotografi. Terlebih lagi berbagai fitur unik yang dimiliki, seperti fingerprint sensor yang sangat peka dan cepat sampai dengan Jovi Image Recognizer membuat perangkat mobile satu ini seperti produk kelas atas. Dapur pacunya juga sangat bertenaga juga cepat digunakan dalam pemrosesan data.

Fitur artificial intelligence-nya pun berfungsi maksimal dan mendukung banyak fasilitas lain yang dimiliki. Layar super jernih sampai dengan baterai berkapasitas besar juga menjadi keunggulan smartphone ini. Saat ini, Vivo S1 sudah hadir di pasaran Indonesia dengan harga Rp3.599.000.

Artikel: Vivo S1 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com, mi.com, samsung.com, realme.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here