Vivo V15

hp vivo v15
Vivo V15 merupakan salah satu smartphone andalan Vivo yang menyasar kaum milenial

Vivo V15 adalah andalan baru dari Vivo yang diharapkan mampu bersaing di deretan smartphone papan atas. Salah satu fitur yang paling dijagokan oleh perusahaan Tiongkok pada perangkat ini adalah hadirnya inovasi kamera. Bukan perihal besarnya sensor dalam mega piksel, namun pada bentuk kamera yang diusungnya.

Vivo V15 mengusung konsep Pop Up Camera dengan 32MP. Tidak hanya itu, Vivo juga membawa setidaknya lima inovasi terbaru di perangkat anyarnya. Mulai dari pop up camera, ultimate all screen, AI triple camera di bagian belakang, Funtouch OS 9.0, dan juga dual-engine fast charging + 4000 mAh. Untuk masalah dapur pacunya, jangan ditanya lagi. Dapur pacunya cukup ngebut jika dibandingkan smartphone lain di kelasnya.

Harga Vivo V15 di Indonesia

Toko Online Harga Vivo V15
Lazada Rp 3.499.000
Shopee Rp 3.499.000
Tokopedia Rp 3.499.000
Bukalapak Rp 3.599.000
JD.ID Rp 3.499.000
Blibli Rp 3.499.000

Dirilis kali pertama untuk pasaran mobile Tanah Air, Vivo membandrol Vivo V15 ini dengan harga sebesar Rp 4.399.000. Namun uniknya, dirilis di Indonesia pada bulan Maret 2019, di bulan Desember 2019, harga dari produk mobile satu ini turun kurang lebih Rp 1 jutaan. Banyak seller di beberapa e-commerce yang menjualnya dengan harga Rp3.499.000, walaupun ada di Bukalapak contohnya yang menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi, Rp 3.599.000. Semua yang tertera pada tabel di atas adalah toko online yang memiliki review baik dari para pembeli.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo V15

Nama model Vivo V15
Kode produksi 1819
Segmen pasar Mid-range premium
Diperkenalkan Maret 2019
Dirilis resmi Maret 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 161.2 x 75.9 x 8.5 mm
Berat 189.5 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 653 inci (screen-to-body ratio 85.6%)
Resolusi 1080 x 2340 pixels FHD+ (~395 ppi density)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, 2.5D
Model Bezelless Full-screen dengan motorized pop-up camera
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch 9
Chipset Mediatek Helio P70 (12nm)
Prosesor Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis Mali-G72 MP3
ROM 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai dengan 256GB menggunakan microSD)
RAM 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur HDR, AI Face Beauty
Belakang 24MP + 8MP (ultrawide) + 5MP (depth sensor)
Fitur PDAF, LED flash, HDR, Panorama, AI Super Wide-Angle Camera, AI Body Shaping
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4GHz/5GHz, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4000 mAh (support Dual-Engine Fast Charging)
Warna Topaz Blue, Glamour Red, Frozen Black, Royal Blue
Harga Rp 4.399.000 (harga resmi waktu kali pertama dirilis untuk pasaran Tanah Air)

Fitur Unggulan Vivo V15

spesifikasi vivo v15 dengan pop up camera pertama di Indonesia
Pop Up Camera Vivo V15 Jadi yang Pertama di Indonesia

Jadi Smartphone dengan Desain Motorized Pop Up Camera Pertama di Indonesia

Dapat dikatakan bahwa Vivo V15 merupakan smartphone pertama yang mengusung konsep motorized pop-up camera di Indonesia. Dengan 32 MP sebagai sensor selfie camera, perangkat ini mampu menangkap detail wajah Anda dengan jernih dan juga tajam.

Belum lagi dengan adanya dukungan fitur AI Face Beauty yang makin membuat Anda tampak sempurna di depan kamera. Hasilnya memukau dengan beberapa efek menarik namun tetap natural. Sederet efek pencahayaan studio dapat menambah sentuhan artistik yang keren.

Pop up camera sudah sangat canggih dengan sentuhan otomatisnya. Saat Anda membuka menu selfie, kamera akan muncul di bagian atas layar. Ketika Anda memindahkan ke mode kamera belakang, maka pop up camera akan turun dengan sendirinya dan tersembunyi di belakang layar.

Untuk mengoperasikan kamera pop-up nya, cukup dibutuhkan waktu 0,46 detik saja. Begitu juga saat turun. Canggihnya, masa pakai kamera pop-up V15 bisa digunakan sampai 50.000 kali. Misalnya pengguna selfie sebanyak 30 kali dalam satu hari, maka Vivo V15 bisa dipakai hingga 5 tahun. Untuk kekuatan, kamera pop-up V15 bisa tahan benturan sampai dengan 15KG.

hadir dengan 3 kamera jempolan
Vivo V15 Hadir dengan Tiga Kamera Berkualitas Jempolan

AI Triple Camera Juga Jadi Nilai Jual

Tidak hanya untuk kamera depan saja. Kamera belakang Vivo V15 juga cukup keren dengan bekal AI Triple Camera. Sesuai dengan namanya, kamera belakang Vivo V15 memiliki tiga sensor. Yang pertama adalah 12 MP dengan 24 Million Photosensitive, kemudian sensor sudut lebar (AI Super Wide-Angle) 8 MP dan yang terakhir adalah sensor Depth Camera dengan 5 MP. Pengambilan gambar dengan kamera belakang makin indah dengan hadirnya fitur Artificial Intelligent yang saat ini sudah marak digunakan oleh sejumlah vendor smartphone.

ultimate all screen 6,35 inch
Vivo V15 Menggunakan Ultimate All Screen dengan 6,53 inci

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Desain Futuristik dengan Ultimate All Screen

Desain futuristik dari Vivo V15 juga menjadi nilai jual yang sulit ditepis. Mengusung konsep Ultimate All Screen dengan ukuran 6,53 inci membuat smartphone ini sangat lega saat digunakan. Anda tidak perlu terganggu dengan adanya notch seperti pada kebanyakan smartphone yang beredar setelah lahirnya iPhone X. Dengan rasio layar-ke-bodi hingga 90,95% makin memanjakan mata penggunanya.

Tidak hanya cantik dari depan saja, Vivo V15 juga menawan dari belakang. Kombinasi antara gradasi warna uni dan lengkungan 3D menghasilkan V15 smartphone yang futuristik. Letak fingerprint dari ponsel pintar ini juga mudah dijangkau, yakni berdekatan dengan tiga kamera belakangnya. Untuk mangakomodir kebutuan pengguna dual SIM card, Vivo V15 memiliki tiga baki dalam satu slot. Anda dapat menyematkan dua SIM card sekaligus bersamaan dengan kartu microSD.

game mode 5.0
Game Mode 5.0 Memaksimalkan Kinerja Smartphone untuk Gaming

Performa Tangguh dengan Game Mode 5.0

Untuk urusan performa, Vivo V15 masih OK. Perangkat ini dibekali dengan chipset MediaTek Helio P70 yang dikolaborasi dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB mampu menghasilkan kinerja yang mumpuni. Jangan lupakan juga dukungan prosesor octa-core 2.1GHz yang berkontribusi besarĀ  terhadap kinerja Vivo V15 yang ngebut bahkan untuk bermain game berat. Hadirnya Android 9.0 Pie dan Funtouch OS 9 terbaru juga mengoptimalkan manajemen daya serta memberikan jangka penggunaan yang lebih lama.

Tidak hanya itu saja, Vivo juga cermat dalam mengamati pasar yang berkembang di industri ini yang penggunanya haus akan gadget tahan banting untuk gaming. Untuk itu, Vivo menghadirkan Game Mode 5.0 untuk pengalaman gaming yang lebih seru. Dengan begitu, V15 dapat memainkan E-Sport layaknya profesional dengan Competition Mode, mengalokasikan sumber daya dan memprioritaskan performa game Anda. Untuk performa yang lebih cepat, Dual-Turbo merupakan fitur yang menarik untuk hal itu. Gabungan kedua fitur ini akan membuat pengalaman gaming Anda sangat lancar dan mengurangi frekuensi lagging hingga 300%.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V15

Kelebihan

Yang menjadi kelebihan dari smartphone satu ini adalah kamera. Dengan Pop Up Camera pertama di Indonesia sudah cukup membuat Vivo V15 menarik. Bahkan untuk kamera belakangnya juga masih memiliki pesona yang luar biasa. Belum cukup di situ, layar tanpa notch ternyata juga menjadi daya tarik yang kuat, mengingat banyak sekali smartphone saat ini yang memasang notch alih-alih membuat inovasi malah meniru gaya iPhone X.

Selain itu, dari sisi kinerja, smartphone Vivo V15 ini cukup tangguh. Dibekali fitur Game Mode 5.0, Anda akan merasakan pengalaman gaming tanpa lagging. Di sisi lain, baterai yang terpasang di tubuh V15 pun berkapasitas besar dan sudah dilengkapi dengan fast charging.

Kekurangan

Kelemahan dari smartphone ini adalah masih menggunakan USB type micro. Kemudian di balik desainnya yang cantik dengan gradasi indah, bagian punggung dari Vivo V15 mudah tergores. Sepertinya terlapisi oleh kaca, namun sebenarnya body belakangnya berbahan polikarbonat alias plastik. Sehingga mudah tergores dan terkotori oleh bekas sidik jari.

Review Akhir Vivo V15

hp vivo v15
Vivo V15 merupakan salah satu smartphone andalan Vivo yang menyasar kaum milenial

Smartphone ini sudah memiliki kecanggihan yang memadai untuk menyandang status sebagai perangkat flagship. Kamera yang apik, sensor besar, inovasi yang canggih, fitur terbaru yang keren, serta performa yang OK. Untuk Anda yang ingin memiliki smartphone flagship dengan harga yang relatif terjangkau, Vivo V15 ini sangat recomended, mengingat saat ini banderol harganya berada di kisaran Rp 3.500.000. Padahal untuk ukuran flagship seharusnya harganya tinggi dan berada di atas Rp 5.000.000

Dari sederet kelemahan dari Vivo V15 yang disebutkan di atas, rasanya bukan perkara serius yang harus dipertimbangkan matang-matang. Jika mengingat kinerja yang ditawarkan serta kecanggihan yang sudah terpasang di tubuh Vivo V15, rasanya sangat layak membeli smartphone ini.

Artikel: Vivo V15 – Harga & Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here