Vivo V17 Neo

Hp Vivo V17 Neo
Vivo V17 Neo ini merupakan kembaran dari Vivo S1 atau Vivo Y7S

Vivo V17 Neo – Di tahun 2019, sudah ada banyak produk smartphone yang dirilis oleh Vivo ke pasaran, salah satu contohnya adalah Vivo V17 Neo. Bagi yang memiliki Vivo Y7S atau Vivo S1 pasti akan bingung kenapa Vivo V17 Neo memiliki kemiripan dari segi bentuk, kualitas layar sampai dapur pacu dan fitur-fitur di dalamnya. Jawabannya adalah Vivo V17 Neo merupakan nama lain dari Vivo Y7S atau Vivo S1, hanya berbeda pasaran saja.

Jika Vivo S1 dirilis untuk pasaran Indonesia dan sekitarnya dan Vivo Y7S untuk pasaran Cina, sedangkan Vivo V17 Neo adalah smartphone untuk pasaran Rusia. Oleh karena itu 98 persen memiliki kemiripan di segala bidang. Dikatakan 98 persen karena ada beberapa hal yang dimiliki Vivo V17 Neo akan tetapi tidak terdapat di Vivo S1 ataupun Vivo Y7S.

Salah satu fitur yang tidak dimiliki 2 saudara kembarnya itu adalah terdapatnya NFC pada diri V17 Neo dan juga perbedaan dari ragam warnanya. Walaupun dibuat untuk pasaran Rusia, namun sekarang ini Vivo V17 Neo sudah dapat ditemui di pasaran Tanah Air dengan harga Rp4,3 jutaan.

Harga Vivo V17 Neo

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pembuka, Vivo V17 Neo merupakan smartphone kembaran Vivo V7S atau Vivo S1 untuk pasaran Rusia dan sekitarnya. Namun setelah dirilis pada bulan Agustus 2019, Vivo V17 Neo kemudian diperluas daerah pemasarannya sampai ke beberapa negara lain, salah satunya adalah ke pasaran Indonesia.

Di pasaran Tanah Air sendiri, Anda sudah dapat menemuinya di berbagai gerai smartphone, di toko online atau juga di beberapa e-commerce. Bagi yang tertarik untuk membeli perangkat mobile satu ini, harganya memang cukup beragam dari satu toko dengan lainnya, namun sebagai rata-rata, smartphone tersebut dibanderol dengan harga Rp4,399,000.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo V17 Neo

Nama model Vivo V17 Neo
Kode produksi
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Agustus 2019
Dirilis resmi Agustus 2019
Jaringan GSM/ WCDMA/ HSPA/ HSDPA/ LTE
Eksternal
Dimensi 159,53 × 75,23 × 8,13 mm
Berat 179 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (capacitive touch screen)
Ukuran 6,38 inci (screen-to-body ratio 90%)
Resolusi 2340 × 1080 pixel (FHD +) (~404 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless dengan waterdrop notch, always-on display
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9
Chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
Prosesor Octa core (2 GHz, Dual core, Cortex A75 + 2 GHz, Hexa Core, Cortex A55)
Kartu grafis Mali-G52 MC2
ROM 128GB (dapat ditambah sampai 256GB menggunakan microSD)
RAM 6GB
Kamera
Depan 32MP
Fitur Panorama, Live photos, Face Beauty + bokeh, Photo Filters, Augmented reality stickers, Selfie light, AI Face Beauty
Belakang 16MP + 8MP + 2MP
Fitur PPT, PDAF, Time Lapse, Slow Motion, HDR, Portrait Mode, Panorama, Augmented Reality Stickers, Face Beauty for Video, Photo Filters, Face Beauty AI, Ultra-wide-angle camera, Digital Zoom, Face detection, Touch to focus
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Light sensor, Proximity, Electronic compass, Virtual Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Ya
GPS GLONASS, BeiDou, Galileo
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh (support fast charging 18W)
Warna Blue mother of pearl, Black brilliant
Harga Rp4,399,000

Fitur Unggulan Vivo V17 Neo

Spesifikasi Vivo V17 Neo Layar Super AMOLED Halo FullView
Layarnya menggunakan jenis Super AMOLED dengan Halo FullView

Layar besar dan berkualitas

Seperti halnya 2 saudaranya, Vivo V17 Neo juga dilengkapi dengan layar berjenis Super AMOLED (Full HD +) berukuran 6,38 inci yang mana memiliki rasio screen-to-body mencapai 90 persen. Hal tersebut dikarenakan Vivo menggunakan teknologi Halo FullView yang mana dapat membuat layarnya menjadi simetris dan juga mampu menampilkan warna dengan sangat bagus.

Jadi dengan layar dan screen-to-body ratio yang besar, maka Anda akan merasa seperti menggunakan perangkat yang tidak memiliki batasan samping. Bahkan ketika digunakan untuk menonton video ataupun bermain game, akan terasa sangat melegakan. Selain itu, tingkat kecerahan layarnya juga bagus karena tidak akan memucat atau buram ketika digunakan di bawah sinar matahari secara langsung.

Always-On display

Selain mampu menampilkan warna-warna secara tajam, layar berjenis Super AMOLED yang digunakan Vivo V17 Neo ini juga tidak mengonsumsi banyak energi baterainya. Hal tersebut sangat bagus karena smartphone ini dilengkapi dengan fitur Always-On pada layarnya. Fitur tersebut berfungsi untuk menampilkan notifikasi dan penunjuk penting, seperti tanggal, waktu sampai dengan persentase daya baterai yang tersisa saat itu.

Anda dapat mengganti-ganti sendiri apa saja yang dapat tertampil pada layar ketika dalam mode Always-On tersebut sampai dengan mengubah desain dari model icon yang muncul.

Sensor pemindai sidik jarinya sangat cepat dan akurat
Sensor pemindai sidik jarinya sangat cepat dan akurat

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Fingerprint Unlock

Smartphone satu ini juga telah dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor atau Fingerprint Unlock sebagai sistem pengamanan utamanya. Sensor pemindai sidik jari tersebut terletak di bawah layar yang hanya akan aktif ketika Anda baru saja mengaktifkan perangkat. Dengan kata lain, akan secara otomatis tersembunyi ketika perangkat sudah dalam keadaan aktif agar tidak mengganggu aktivitas.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menempelkan salah satu jari yang telah terekam alur sidik jarinya sebelumnya. Anda pun tak perlu khawatir karena tingkat keakuratan dari sensor pemindai ini sangat tinggi, jadi tidak mungkin salah dalam pemindaiannya. Anda juga dapat mengganti-ganti model desainnya dengan efek animasi yang telah tersedia.

Kamera depan 32MP

Pada bagian depan, tepatnya di layar sebelah atas terdapat notch yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan lensa kamera yang memiliki resolusi 32MP. Dengan resolusi Ultra HD yang dimilikinya, maka ketika digunakan untuk berswafoto, hasilnya akan sangat bagus, berkualitas dan tajam. Sebagai tambahan bagi yang gemar melakukan selfie, terdapat beberapa mode khusus, seperti AI Selfie Lighting, AI Face Beauty, AI Filter, AR Sticker dan banyak lagi lain di dalamnya.

3 lensa kamera di belakang sudah support dengan teknologi AI
3 lensa kamera di belakang sudah support dengan teknologi AI

3 Lensa kamera belakang

Di bagian belakang dari Vivo V17 Neo ini terdapat 3 lensa kamera yang sudah support dengan teknologi artificial intelligence (AI) di dalamnya. Salah satu alasan kenapa terdapat teknologi AI untuk menyokong fitur kamera belakangnya adalah agar pengguna smartphone ini akan semakin terbantu kala melakukan aktivitas fotografi.

Lensa utama yang dimiliki Vivo V17 Neo memiliki resolusi sebesar 16MP yang mana sensornya menggunakan Sony IMX499 matrix. Dengan sensor buatan Sony tersebut, maka hasil foto yang didapatkan sangat tajam, detail dan berkualitas. Lensa keduanya yang berfungsi sebagai lensa ultrawide angle mampu menangkap tempat dengan lebar mencapai 120 derajat.

Dengan menggunakannya, maka Anda dapat memotret banyak orang yang berjajar dalam jumlah banyak secara sekaligus ataupun mengabadikan sebuah tempat dengan mode landscape. Sedangkan lensa ketiganya yang memiliki resolusi sebesar 2MP berfungsi sebagai depth sensor atau untuk mendapatkan hasil lebih tajam dan detail.

Dapur pacu impresif

Dalam penjelasan kasarnya, Vivo V17 Neo dilengkapi dengan chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm) Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm), prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 MC2 atau dengan kata lain memiliki basis prosesor 8-core yang dibuat berdasarkan standarisasi teknologi prosesor 12nm dan mampu beroperasi pada frekuensi 2.0GHz.

Untuk urusan game, Vivo telah melengkapi produk mobilenya ini dengan Ultra Game Mode yang mampu membantu Anda dalam bermain secara lancar dan nyaman. Ada banyak fitur di dalam Ultra Game Mode tersebut, seperti Game Countdown yang berfungsi untuk mengingatkan Anda berapa lama bermain atau juga Multi Turbo yang berfungsi sebagai akselerator agar dapat membuat permainan berjalan dengan halus karena mampu mereduksi missing frame sebesar 300 persen.

Baterai Vivo V17 Neo ini tergolong besar dibandingkan kompetitornya
Baterai Vivo V17 Neo ini tergolong besar dibandingkan kompetitornya

Baterai tahan lama

Baterai yang dipunyai Vivo V17 Neo ini tergolong besar di antara semua smartphone kelas mid-range buatan vendor lain. Baterainya berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer tersebut memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh. Dengan daya sebesar itu, maka Anda dapat merasa tenang dan nyaman saat memakai perangkat untuk menonton video atau bermain game dalam durasi lama.

Selain itu, perangkat mobile satu ini sudah support dengan teknologi Dual-Engine Fast Charging 18W yang berfungsi sebagai pereduksi time charge. Untuk mengisi ulang baterainya dari posisi 0 ke 100 persen, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja. Pihak Vivo mengklaim bahwa baterai yang dimiliki Vivo V17 Neo ini mampu bertahan sampai 1,5 hari hanya dalam sekali pengisian untuk pemakaian sehari-hari secara penuh.

Fitur pendukung lain

Fitur-fitur menarik lain yang dimiliki Vivo V17 Neo ini antara lain, asisten digital bernama Jovi yang dirancang dengan memasukkan teknologi AI di dalamnya. Jovi juga akan bekerja secara optimal dengan Google Assistant. Selain itu terdapat pula Jovi Image Recognition yang berfungsi untuk mengakses banyak platform e-commerce ketika Anda ingin mencari produk tertentu melalui database toko.

Terdapat juga tombol pintar atau Smart Button yang berfungsi untuk mengakses Google Assistant, Jovi atau juga Jovi Image Recognition secara mudah dan cepat. Dan satu-satunya fitur yang hanya terdapat di Vivo V17 Neo dan tidak ada di Vivo S1 ataupun Vivo Y7S adalah fasilitas NFC. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan pembayaran atau sejenisnya dengan menggunakan perangkat tanpa harus membawa uang tunai.

Vivo V17 Neo VS Xiaomi Mi 9T/Oppo F11 Pro/Huawey Honor Play

Xiaomi Mi 9T © mi.com
Xiaomi Mi 9T © mi.com

Vivo V17 Neo vs Xiaomi Mi 9T

Secara umum jika membandingkan kamera depan dan kamera utama di belakang, keduanya dapat dikatakan seri karena Xiaomi Mi 9T unggul di besaran resolusi kamera utamanya, sedangkan Vivo V17 Neo menang di besaran resolusi kamera depannya. Namun dari sisi layarnya, Vivo V17 Neo memiliki jenis layar yang lebih bagus dari yang dimiliki Xiaomi Mi 9T.

Hanya saja dapur pacu yang dimiliki Xiaomi Mi 9T lebih besar dan cepat dibandingkan yang dipunyai Vivo V17 Neo. Namun produk dari Vivo tersebut lebih unggul di sisi besaran kapasitas baterainya dibandingkan Xiaomi Mi 9T.

Oppo F11 Pro © oppo.com
Oppo F11 Pro © oppo.com

Vivo V17 Neo vs Oppo F11 Pro

Melihat dari sisi jenis layar dan kerapatan antar-pixelnya saja, sudah dapat dipastikan bahwa Vivo V17 Neo lebih unggul dibandingkan Oppo F11 Pro. Hal itu dikarenakan Vivo V17 Neo menggunakan layar Super AMOLED dengan tingkat kerapatan antar-pixel sebesar 404 ppi, sedangkan Oppo F11 Pro hanya memakai lajar berjenis LTPS IPS LCD dengan 397 ppi tingkat kerapatan antar-pixelnya.

Dari sisi dapur pacunya, F11 Pro memiliki chipset yang lebih baru dibandingkan yang dipakai V17 Neo, akan tetapi jika membandingkan dari banyaknya lensa belakang, produk dari Vivo tersebutlah yang lebih unggul. Ditambah lagi, Vivo V17 Neo memiliki kapasitas baterai lebih besar dibandingkan Oppo F11 Pro.

Huawei Honor Play © hihonor.com
Huawei Honor Play © hihonor.com

Vivo V17 Neo vs Huawei Honor Play

Secara sekilas dilihat dari depan, desain dari kedua perangkat sama-sama menarik, namun ketika melihatnya dari arah belakang, pemilihan warna dan gradasi serta efek hologram yang dipunyai Vivo V17 Neo lebih bagus dibandingkan Honor Play. Akan tetapi, jika dilihat dari ketebalannya, Honor Play lebih tipis 7 persen dari V17 Neo.

Dari sisi dapur pacunya, apa yang dipunyai Honor Neo juga lebih cepat dibandingkan Vivo 17 Neo. Namun jika membandingkan dari sisi fasilitas kameranya dan kapasitas baterainya, Honor Play nampaknya harus mengakui keunggulan Vivo V17 Neo.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Neo

Kelebihan

Jika dibuatkan daftar mengenai kelebihan yang dimiliki Vivo V17 Neo ini, maka akan ada banyak yang harus dituliskan. Kelebihan pertama yang dimiliki adalah terletak pada layarnya. Perangkat mobile satu ini menggunakan layar berjenis Super AMOLED yang sudah terbukti kualitasnya berukuran 6,38 inci. Selain itu, screen-to-body rationya pun cukup tinggi, 90 persen, yang akan terasa lega ketika digunakan untuk menonton video ataupun bermain game.

Kelebihan kedua terletak pada chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm) dan prosesor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55) yang sangat bertenaga di mana disokong oleh RAM sebesar 6GB. Kelebihan lainnya adalah terletak pada fasilitas kamera depannya yang memiliki resolusi cukup besar, bahkan lebih besar dari kamera utama yang terletak di belakang, yaitu sebesar 32MP. Dengan resolusi sebesar itu ditambah dengan berbagai mode dan fitur untuk kameranya, maka acara berswafoto pun akan semakin mengasyikkan.

Baterai yang dimiliki Vivo V17 Neo ini juga dapat dihitung sebagai salah satu kelebihan. Hal itu dikarenakan di antara banyaknya smartphone kelas mid-range yang sekarang ini beredar di pasaran, baterai dari Vivo V17 Neo ini memiliki kapasitas 4500 mAh, sedangkan rata-rata perangkat mobile selevel lainnya maksimal hanya memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Ditambah lagi dengan terdapatnya asisten AI bernama Jovi serta fitur NFC yang mampu mempermudah aktivitas penggunanya juga menjadi kelebihan tersendiri untuk Vivo V17 Neo ini.

Kekurangan

Tentu saja, walaupun memiliki banyak kelebihan atau fitur menarik di dalamnya, Vivo V17 Neo ini masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah masih belum supportnya produknya satu ini untuk memutar video-video streaming berkualitas HD atau di atasnya. Selain itu, masih digunakannya port microUSB juga menjadi satu kekurangan tersendiri. Hal itu dikarenakan banyak perangkat mobile sekarang yang sudah telah meninggalkan port microUSB dan menggantinya dengan port type-C yang lebih modern. Kekurangan lain adalah terletak pada resolusi kamera utamanya yang hanya sebesar 16MP.

Hp Vivo V17 Neo
Vivo V17 Neo ini merupakan kembaran dari Vivo S1 atau Vivo Y7S

Review Akhir Vivo V17 Neo

Secara umum, Vivo V17 Neo ini merupakan smartphone mid-range yang dilengkapi dengan berbagai fitur hebat di dalamnya. Layarnya yang tajam dan mampu menampilkan semua hal menjadi satu nilai tambah khusus untuk smartphone ini. Tidak hanya itu saja, fitur kameranya juga sangat bagus untuk membantu hobi fotografi penggunanya. Terlebih lensa kamera depannya yang memiliki resolusi besar juga sangat bermanfaat bagi siapa saja yang gemar melakukan swafoto.

Untuk masalah performanya, Vivo V17 Neo dilengkapi dengan dengan dapur pacu bertenaga yang juga cepat. Jadi Anda tidak akan mengalami kendala atau time lags ketika memakainya untuk berbagai hal, terutama saat bermain game. Jadi, smartphone ini sangat layak untuk dimiliki.

Vivo V17 Neo – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com, mi.com hihonor.com, oppo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here