Vivo X51 5G

hp Vivo X51 5G
Vivo X51 5G adalah perangkat mobile yang tepat untuk para fotografer dan videografer

Vivo X51 5G adalah smartphone mid-range terbaru dari Vivo yang meneruskan popularitas Vivo X50 Pro. Smartphone ini sengaja dirilis untuk pasaran Eropa dengan Inggris sebagai negara pertama yang dijadikan tempat perilisannya. Kabarnya, setelah Inggris, Vivo X51 5G akan langsung dipasarkan di beberapa negara besar Eropa lain, seperti Prancis, Jerman, Itali, Polandia dan Spanyol. Smartphone ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti kamera yang support gimbal salah satu contohnya. Layarnya berukuran besar, 6,56 inci dengan resolusi 1080 x 2376 pixels. Chipset di dalamnya adalah Qualcomm Snapdragon 765G dengan tambahan RAM dan ROM berkapasitas besar. Operating system yang dipakai adalah Android 10 dengan baterai Lithium Polymer berkapasitas 4315 mAh.

Harga Vivo X51 5G di Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Vivo X51 5G adalah smartphone yang diciptakan khusus untuk pasaran Eropa dan sekitarnya. Untuk itu, diperkirakan Vivo X51 5G tidak hadir untuk pasaran Asia. Apabila ada yang ingin memilikinya, maka harus membelinya langsung ke salah satu negara pasar atau secara online. Sayangnya, sampai sekarang ini belum ada seller di berbagai toko online di Tanah Air yang membuka pre-order untuk produk mobile satu ini. Untuk harganya sendiri, Vivo X51 5G dijual dengan harga sebesar EURO780 atau sekitar Rp13,44 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo X51 5G

Nama model Vivo X51 5G
Kode produksi XE710
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Oktober 2020
Dirilis resmi Oktober 2020
Jaringan GSM / EDGE / HSPA / HSDPA / CDMA / WCDMA / TD-SCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD) / 5G NR (NSA, SA) / VoLTE
Eksternal
Dimensi 158,46 × 72,80 × 8,04 mm
Berat 181,5 gram
SIM Card 4G LTE = Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by) / 5G = Single SIM Card
Layar
Jenis AMOLED Capacitive multi-touch
Ukuran 6,56-inch, (92% screen-to-body ratio)
Resolusi 2376 × 1080 pixels FHD+ (~398 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan punch hole, refresh rate 90Hz, HDR10, HDR10 +, scratch resistance
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) Funtouch OS 10 Global
Chipset Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
Prosesor Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver
Kartu grafis Adreno 620
ROM 256GB UFS 2.1
RAM 8GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur Selfie lighting, Portrait (Art Portrait, AI Makeup, Filters), AR Stickers, Panorama
Belakang 48MP + 13MP + 8MP + 8MP
Fitur Rear flash, Super Night Mode, Astro Mode, Pro Sports Mode, Portrait (Art Portrait, AI Makeup, Filters), AR Stickers, Slow Motion, Live Photo, Time-Lapse, Video, Supermoon Mode, DOC, Panorama, Pro Mode
Loudspeaker Ya (AK4377A audio chip)
Port jack 3,5mm Tidak ada
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity sensor, E-compass, Fingerprint sensor, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar, optical)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, 2.4G + 5G Wi-Fi MIMO, Wi-Fi 6, Dual band, WiFi Hotspot, WiFi direct, WiFi display
Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD
USB USB 2.0, Type-C to USB Cable
NFC Ya
GPS A-GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo
Radio Tidak ada
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4315 mAh (support fast charging / vivo FlashCharge 2.0 33W)
Warna Alpha Grey
Harga EURO780 atau sekitar Rp13,44 jutaan

Fitur Unggulan Vivo X51 5G

Spesifikasi Vivo X51 5G Warna Alpha Grey memiliki kesan yang deep dan misterius
Warna Alpha Grey memiliki kesan yang deep dan misterius

1. Desain X-Class yang Sangat Aestetik

Jika melihat dari desain Vivo X51 5G, maka akan mengingatkan pada desain yang dimiliki Vivo X50 Pro. Ya, memang keduanya memiliki desain yang identik 95 persen. Mulai dari dimensinya secara total, ketebalan sampai dengan bobotnya pun sama. Bahkan material yang digunakan juga sama, yaitu untuk bagian depan dan belakang terbuat dari kaca dengan pinggiran frame terbuat dari aluminium.

Hanya saja, pembeda  yang mencolok pada kedua produk tersebut adalah terletak pada warnanya saja. Vivo X51 5G memiliki warna Alpha Grey yang lebih deep dan misterius, sedangkan Vivo X50 Pro lebih cerah walaupun ada yang berwarna Dark Blue. Menurut Vivo sendiri, Alpha Grey tersebut memiliki artian ilusi futuristik yang elegan.

Desain Vivo X51 5G ini dapat dikatakan cukup estetik karena sangat clean dan kontemporer. Dari layar flex tipis sampai dengan lubang punch hole yang lebih kecil dibandingkan punch hole produk lainnya, hanya 2,96 mm) sampai dengan di setiap ujung dan sisinya dibuat sangat tumpul yang presisi agar lebih mudah digenggam.

Lensa kamera dengan fitur gimbalnya itu sangat cocok digunakan untuk merekam video bergerak
Lensa kamera dengan fitur gimbalnya itu sangat cocok digunakan untuk merekam video bergerak

2. Kamera dengan Fitur Gimbal yang Canggih

Total ada 4 buah lensa kamera di bagian belakang dari perangkat mobile satu ini dan lagi-lagi sama persis dengan yang dimiliki Vivo X50 Pro. Lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang mana sensornya adalah buatan Sony terbaru, yaitu Sony IMX598. Berpadunya kekuatan sensor buatan Sony dengan fitur gimbal yang dimiliki Vivo X51 5G maka akan menghasilkan karya yang luar biasa. Bahkan Anda pun dapat menjadi videografer yang andal ketika menggunakannya.

Fitur gimbal yang dimilikinya dapat meredam goncangan keras sekalipun dan dapat diputar sampai 3 derajat. Selain gimbal, Vivo masih memasukkan fitur OIS di dalamnya yang ketika dipadukan antara keduanya, maka goncangan sekeras apapun akan dapat teredam dan hasil video sangat stabil.

Lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP yang berfungsi sebagai periscope telephoto dengan tambahan fitur PDAF, OIS dan dapat dipakai untuk mendekatkan jarak dengan perbesaran sampai 5x. Sedangkan lensa kamera ketiganya mempunyai resolusi sebesar 13MP yang berfungsi sebagai lensa portrait 50mm. Dan lensa yang terakhir memiliki resolusi sebesar 8MP yang memiliki kemampuan ultrawide angle dengan jarak terluar sampai 120˚.

Ada banyak sekali fitur-fitur tambahan untuk fasilitas kamera belakangnya ini, yaitu mulai dari Superb Night Camera, Extreme Night Vision, rama, Slo Mo, Pro Mode, Pro Sports mode, Astro Mode sampai dengan Cinematic mode.

Beranjak ke bagian depan, terdapat satu lensa kamera dengan resolusi sebesar 32MP yang didedikasikan bagi para pencinta selfie. Lensa kamera depannya ini menggunakan sensor buatan Samsung, yaitu Samsung S5KGD1 dengan type ISOCELL.

Selain dapat dipakai untuk memotret atau video call, lensa kamera depannya itu juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi sampai 4K @ 60fps. Dan seperti yang dimiliki lensa-lensa belakang, lensa kamera depannya ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik.

Layarnya besar dan terkesan elegan karena terdapat lengkungan kecil pada bagian samping kanan dan kirinya
Layarnya besar dan terkesan elegan karena terdapat lengkungan kecil pada bagian samping kanan dan kirinya

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Layar Besar untuk Tampilkan Segala Sesuatu dengan Kualitas Terbaik

Vivo X51 5G ini tidak hanya memiliki desain yang cantik, tapi juga sangat bagus ketika dilihat dari depan. Bahkan sekilas layarnya mirip dengan yang digunakan pada Oppo Reno4 Pro, yaitu layar besar yang elegan dengan sisi-sisi melengkung ke dalam. Layar dari Vivo X51 5G ini berjenis AMOLED berukuran 6,56 inci yang sudah diakui kelebihan dan kualitasnya.

Resolusi layarnya adalah 2376 x 1080 pixels yang support dengan HDR10 dan HDR10+. Refresh ratenya sebesar 90Hz dengan sample rate 180Hz. Walaupun refresh ratenya 90Hz, akan tetapi tetap responsif dan cepat ketika dioperasikan. Untuk dipakai bermain game, panas di dalam perangkat yang akan terasa pada layarnya dapat tereduksi dengan adanya VEG atau Vivo Energy Guardian. VEG ini memiliki fungsi seperti cooling system pada umumnya.

Pengguna juga dapat dengan leluasa mengatur tingkat kecerahan dan apapun yang terkait dengan layarnya secara mudah. Ditambah lagi, layar Vivo X51 5G ini sudah mengantongi sertifikat anti-emisi cahaya biru dan dapat mereduksinya sampai dengan 61 persen.

Untuk mengunduh, mengunggah atau bermain game online akan sangat cepat karena support jaringan 5G
Untuk mengunduh, mengunggah atau bermain game online akan sangat cepat karena support jaringan 5G

4. Mesin dengan Performa Hebat, Cepat dan Support Jaringan 5G

Vivo X51 5G ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang banyak dipakai oleh smartphone-smartphone mid-range premium lainnya. Chipsetnya ini dapat meningkatkan performa perangkat sampai mendekati performa kebanyakan smartphone kelas hi-end. Ditambah lagi, chipsetnya sangat rendah dalam pengonsumsian daya. Jadi ketika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi atau game berat, tidak menjadi masalah.

Sedangkan prosesornya sendiri, Vivo menggunakan prosesor Octa-core dengan clock speed 2.4GHz serta GPU Adreno 620. RAM yang dimilikinya berkapasitas 8GB dengan internal storage sebesar 256GB. Tidak terdapat slot untuk microSD di dalamnya karena dengan kapasitas ROM sebegitu besar, maka pengguna tidak akan khawatir datanya tidak tersimpan karena perangkat kehabisan kapasitas.

Smartphone satu ini juga sudah support dengan jaringan 5G yang dapat digunakan untuk mengunduh, mengunggah atau bahkan bermain game online tanpa hambatan dan sangat cepat.

Baterai Vivo X51 5G support dengan teknologi fast charging 33W
Baterai Vivo X51 5G support dengan teknologi fast charging 33W

5. Baterai yang Dapat Diisi Ulang dengan Sangat Cepat

Beralih ke masalah tempat sumber daya yang digunakan, Vivo X51 5G dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 4315 mAh. Walaupun terasa kecil, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena chipset dan teknologi layarnya sudah sangat membantu sekali dalam hal pereduksian konsumsi baterai. Jadi dapat dikatakan kapasitas baterai Vivo X51 5G sudah lebih dari cukup untuk digunakan seharian penuh.

Selain itu, Vivo X51 5G juga dilengkapi dengan teknologi fast charging, yaitu Vivo FlashCharge 2.0 33W. Dengan teknologi ini, maka baterai dapat diisi ulang sampai dengan 57 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Suara audio Vivo X51 5G menggelegar dan dapat terdengar jelas di ruangan luas sekalipun
Suara audio Vivo X51 5G menggelegar dan dapat terdengar jelas di ruangan luas sekalipun

6. Audio Bagus dan Tetap Berkualitas Walaupun Volume Maksimal

Untuk masalah audionya, Vivo X51 5G telah mengantongi Hi-Res Certification Sound yang menandakan bahwa kualitas audionya sangat bagus dan berkualitas. Dengan teknologi audio chip AK4377A, maka suara yang dihasilkan akan sangat menggelegar. Ketika diputar dalam posisi maksimal pun, suaranya tidak pecah atau bahkan menyakitkan telinga saat didengarkan dengan menggunakan earphone.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo X51 5G

Kelebihan

Kelebihan paling utama yang dimiliki Vivo X51 5G adalah terletak pada fasilitas kameranya. Smartphone ini dilengkapi dengan lensa kamera yang berkualitas baik yang ada di bagian depan atau belakang. Ditambah lagi, terdapat fitur gimbal yang dapat membuat hasil video menjadi sangat stabil. Kelebihan kedua adalah pada desainnya yang sangat aestetik dan kekinian. Tidak hanya itu saja, Vivo X51 5G memiliki body yang relatif tipis. Ketebalannya hanya 8 mm saja. Kelebihan selanjutnya ada di layar yang digunakan. Vivo X51 5G dilengkapi layar berjenis AMOLED yang sudah didukung dengan berbagai teknologi menarik lainnya. Satu hal lagi yang menjadi kelebihan adalah RAM Vivo X51 5G ini cukup besar untuk ukuran smartphone kelas mid-range, yaitu 8GB.

Kekurangan

Sayangnya, walaupun dikatakan canggih, Vivo X51 5G masih memiliki kekurangan, yaitu pertama ada pada fitur OIS-nya yang ternyata hanya berfungsi ketika pengguna memakai lensa periscope, bukan lensa kamera utamanya. Kekurangan lainnya adalah pada tidak terdapatnya beberapa fasilitas yang menarik dan banyak dimiliki smartphone besutan vendor lain, seperti wireless charging, cooling system, jack 3,5mm dan slot microSD. Selain itu, Vivo X51 5G juga bukan termasuk smartphone anti-air dan anti-benturan mayor. Tidak hanya itu saja, baterai yang digunakan di Vivo X51 5G juga masuk dalam kategori kekurangan karena kapasitasnya sangat rendah jika dibandingkan smartphone mid-range lainnya. Dan satu hal lagi yang menjadi kekurangan adalah harganya sangat mahal.

hp Vivo X51 5G
Vivo X51 5G adalah perangkat mobile yang tepat untuk para fotografer dan videografer

Review Akhir Vivo X51 5G

Vivo X51 5G adalah smartphone yang dirilis untuk pasar Eropa. Smartphone satu ini diyakini merupakan penerus dari Vivo X50 Pro yang telah dirilis beberapa bulan sebelumnya untuk kawasan Asia pada khususnya. Vivo X51 5G dilengkapi layar AMOLED berukuran 6,56 inci dengan punch hole mini di bagian atas depan. Chipset yang dipakai adalah Qualcomm Snapdragon 765G dengan RAM sebesar 8GB dan ROM sebesar 256GB. Tidak ada slot untuk microSD di dalamnya. Terdapat 5 buah lensa kamera di body smartphone ini dan untuk yang terletak di belakang sudah support dengan fitur gimbal. Baterainya berkapasitas 4315 mAh. Smartphone ini dijual dengan harga Rp13,44 jutaan.

Artikel: Vivo X51 5G – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here