Vivo Y02s

hp Vivo Y02s
Berbalut keindahan desain dan kecanggihan di dalamnya, Vivo Y02s adalah pilihan tepat untuk dimiliki

Vivo Y02s adalah smartphone entry level paling baru yang sudah diperkenalkan oleh Vivo ke publik. Dan sebenarnya, spesifikasi dari Vivo Y02s ini lumayan mirip dengan model sebelumnya, yaitu Vivo Y02s. Adapun upgrade hanya sedikit saja, seperti salah satu contohnya adalah Vivo Y02s ini support teknologi fast charging 10W, sedangkan Vivo Y02s hanya 5W saja. Smartphone satu ini memiliki desain yang sangat cantik untuk ukuran smartphone kelas bawah. Ketebalannya hanya 8,19 mm saja dengan balitan desain 2.5D serta Flat Frame. Layarnya berukuran 6,51 inci HD+ FullView yang sangat menyenangkan untuk dipakai menonton video atau bermain game. Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35.

Harga Vivo Y02s

Secara umum, Vivo Y02s ini sudah diperkenalkan ke publik pada bulan Juli 2022, akan tetapi untuk perilisannya, Vivo masih belum memberikan jawaban yang pasti. Namun begitu, secara mengejutkan, Vivo Y02s ini terpampang di salah satu website resmi Vivo Global beserta daftar spesifikasinya. Hanya saja, dari informasi yang ada di website tersebut, tidak dijelaskan secara pasti berapa harga smartphone satu ini ketika sudah dilepaskan ke pasaran. Spekulasi harga yang sekarang ini beredar adalah Vivo Y02s ini diperkirakan akan dijual dengan harga USD113 atau sekitar Rp1,68 jutaan untuk model yang dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 64GB.

Spesifikasi Vivo Y02s

Nama model Vivo Y02s
Kode produksi
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Juli 2022
Dirilis resmi
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 163,95 × 75,55 × 8,19 mm
Berat 182 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD Capacitive multi-touch
Ukuran 6,51 inci
Resolusi 1600 × 720 pixels (HD+) (~270 ppi density)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 12
User Interface (UI) Funtouch OS 12
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
Prosesor Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis PowerVR GE8320
ROM 3GB
RAM 32GB / 64GB (kapasitas penyimpanan internalnya masih dapat ditambah menggunakan microSD)
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 5MP
Fitur Portrait, Photo
Belakang 8MP
Fitur Face Beauty, Photo, Video, Time-Lapse, Rear flash
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope sensor
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS GPS, BEIDOU, GLONASS, GALILEO
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 10W)
Warna Vibrant Blue, Flourite Black
Harga

Lihat juga:

Fitur Unggulan Vivo Y02s

Spesifikasi Vivo Y02s warna
Warnanya tersedia dalam 2 varian, yaitu Vibrant Blue dan Fluorite Black

1. Desain Cantik, Kekinian dan Nyaman di Genggaman

Dari tampilan, tidak ada yang mengira bahwa Vivo Y02s adalah smartphone kelas entry level. Hal itu dikarenakan desainnya sangat bagus dengan menggunakan model 2.5D serta Flat Frame. Pada bagian depan, permukaannya cukup flat dengan waterdrop notch sebagai tempat untuk menyematkan lensa kamera depan.

Sedangkan untuk bagian belakangnya, berbeda dengan Vivo Y15s yang memiliki tekstur bergaris, sedangkan Vivo Y02s lebih plain dan rata. Warna casingnya dapat meredam cahaya yang menerpa permukaannya. Untuk warnanya sendiri, terdapat 2 varian yang berbeda, yaitu Fluorite Black dan Vibrant Blue.

Fluorite Black adalah permukaan yang memiliki warna lebih gelap yang mampu memancarkan keanggunan, sedangkan Vibrant Blue yang berwarna biru cerah ini mencerminkan semangat dan keceriaan. Selain itu, Vivo Y02s juga telah lulus serangkaian uji ketahanan fisiknya.

Permukaannya terkesan licin tapi tidak membuat licin ketika dalam genggaman
Permukaannya terkesan licin tapi tidak membuat licin ketika dalam genggaman

2. Tekstur Casing Belakang Menarik dan Anti-gores

Seperti yang disebutkan di atas, tekstur casing belakang dari Vivo Y02s berbeda dengan Vivo Y15s. Sekilas, permukaannya terkesan licin dengan taburan pasir halus di permukaannya. Walaupun terkesan licin, akan tetapi smartphone satu ini tidak mudah tergelincir dari genggaman. Selain itu, permukaan casingnya tidak membuat sidik jari menempel dan juga memiliki lapisan anti-gores yang kuat.

Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35
Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35

3. Performa Bagus dengan Chipset yang Mumpuni

Untuk urusan jerohannya, Vivo Y02s dan Vivo Y15s dilengkapi dengan chipset yang sama, yaitu MediaTek Helio P35 dengan fabrikasi 12 nanometer. Performa dari chipsetnya sangat bagus, kecepatannya kencang dan memiliki kekuatan yang mengesankan. Chipsetnya ini sangat mumpuni dan bagus untuk ukuran smartphone kelas entry level.

Ketika digunakan untuk beraktivitas umum sehari-hari, Vivo Y02s masih cukup tangguh, seperti mengoperasikan aplikasi tertentu, melihat video YouTube atau Netflix dan juga bermain game mobile.

RAM dan ROM besar yang mendukung kinerja perangkat
RAM dan ROM besar yang mendukung kinerja perangkat

4. Dilengkapi RAM dan ROM Besar dan Menguntungkan Pengguna

Sama seperti dengan Vivo Y15s, Vivo Y02s juga dilengkapi dengan RAM dan ROM berkapasitas besar. RAM yang dimilikinya adalah 3GB, sedangkan ROM-nya sendiri tersedia dalam 2 varian, yaitu 32GB dan 64GB. Dengan ROM besar, maka Anda dapat dengan bebas mengunduh aplikasi atau data apapun yang diinginkan. Sedangkan RAM yang dipunyai dapat membuat aplikasi atau game berjalan lancar dan bebas lag.

Baterainya mampu bertahan 18 jam untuk digunakan menonton video streaming
Baterainya mampu bertahan 18 jam untuk digunakan menonton video streaming

5. Baterai Besar dengan Kapasitas 5000 mAh

Untuk urusan dayanya, Vivo Y02s dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 5000 mAh. Baterainya ini mampu bertahan lama untuk penggunaan seharian penuh hanya dalam sekali pengisian. Vivo Y02s juga support dengan teknologi fast charging 10W yang mampu digunakan untuk mengisi baterainya dari 0-100% dengan waktu pengisian selama 3 jam. Ketika dalam kondisi penuh 100%, baterainya kuat digunakan untuk menonton video streaming beresolusi HD selama 18 jam, 7 jam untuk gameplay atau 22 jam untuk memutar musik online.

Layarnya sangat jernih, terang dan mampu menampilkan segala sesuatu secara detail
Layarnya sangat jernih, terang dan mampu menampilkan segala sesuatu secara detail

6. Layarnya Besar dengan Panel HD+

Vivo Y02s dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 6.51 inci. Panelnya adalah HD+ Full View yang sangat bagus untuk digunakan menonton video beresolusi tinggi. Selain detail, jernih dan terang, layarnya juga dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan ketika berada di area yang kondisi cahayanya berbeda. Kemudian, layar Vivo Y02s juga dilengkapi dengan teknologi yang mampu menyaring cahaya biru.

Sudah support USB Type-C yang dipakai oleh kebanyakan smartphone kelas mid-range ke atas
Sudah support USB Type-C yang dipakai oleh kebanyakan smartphone kelas mid-range ke atas

7. Tersedia USB Type-C Terkini

Pada umumnya, smartphone-smartphone kelas entry level hanya dilengkapi dengan port USB 2.0, tapi tidak dengan Vivo Y02s. Produk mobile satu ini telah dilengkapi dengan USB Type-C yang sudah digunakan di hampir semua smartphone kelas mid-range ke atas. USB 2.0 dan USB Type-C memiliki bentuk atau ujung yang berbeda.

Lensa kamera depannya sangat bagus ketika dipakai di area low light
Lensa kamera depannya sangat bagus ketika dipakai di area low light

8. Lensa Kamera Depan 5MP dengan Aura Screen Light

Seperti halnya kebanyakan smartphone pada umumnya, Vivo Y02s juga dilengkapi dengan fitur kamera di bagian depan dan belakang. Khususnya untuk yang terletak di bagian depan, Vivo Y02s ini memiliki lensa kamera dengan resolusi 5MP yang dilengkapi dengan Aura Screen Light. Fungsi dari Aura Screen Light adalah untuk membantu penggunanya ketika perangkat dipakai untuk selfie, terutama saat gelap.

Sedangkan untuk lensa kamera belakang adalah mempunyai resolusi 8MP. Walaupun dirasa resolusinya kecil, tapi hasil gambar sangat jelas dan detail. Ditambah lagi, smartphone satu ini juga dilengkapi dengan teknologi AI dan camera software yang sangat menarik. Ketika digunakan untuk urusan perekaman video, Anda dapat merekam dalam 1080p @ 30 fps.

Ultra Game Mode membuat penggunanya lebih nyaman dalam bermain mobile game
Ultra Game Mode membuat penggunanya lebih nyaman dalam bermain mobile game

9. Ultra Game Mode dengan 2 Mode Tambahan yang Menarik

Ultra Game Mode juga telah disematkan oleh Vivo dalam Vivo Y02s. dengan Ultra Game Mode ini maka Anda akan mendapatkan pengalaman bermain game lebih menyenangkan. Sebagai bagian dari Ultra Game Mode ini, terdapat juga 2 mode tambahan, yaitu Do Not Disturb Mode dan eSport Mode. Do Not Disturb Mode ini berfungsi sebagai penghalang gangguan seperti panggilan atau pesan masuk, sedangkan eSport Mode dapat membuat pengguna terasa seperti sedang memakai perangkat kelas atas yang support dengan model game eSport pada umumnya.

Lihat juga:

 

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo Y02s

Untuk kelebihannya sendiri, Vivo Y02s memiliki desain yang sangat menarik dibandingkan semua model entry level besutan Vivo. Kelebihan selanjutnya adalah fitur kameranya. Kamera depannya mampu digunakan di area yang rendah tingkat pencahayaannya, sedangkan lensa kamera belakangnya sudah support teknologi AI. Selanjutnya, Vivo Y02s dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, 5000 mAh, yang mampu bertahan selama seharian penuh. Kelebihan lainnya adalah smartphone satu ini memiliki layar besar dan berkualitas serta chipset yang hebat.

Kekurangan Vivo Y02s

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri, walaupun dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, tapi Vivo Y02s hanya support dengan teknologi 10W yang membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi baterai sampai penuh. Kemudian, resolusi kameranya juga mengalami downgrade dibandingkan dengan Vivo Y15s. Selanjutnya, untuk densitas layarnya juga terlalu rendah, yaitu hanya 270 ppi. Ditambah RAM-nya hanya 3GB yang mana kebanyakan smartphone entry level lainnya sudah dilengkapi dengan RAM minimal 4GB. Untuk desainnya memang cukup menarik, tapi smartphone satu ini masih terlalu tebal dan berat.

hp Vivo Y02s
Berbalut keindahan desain dan kecanggihan di dalamnya, Vivo Y02s adalah pilihan tepat untuk dimiliki

Review Akhir

Vivo Y02s adalah smartphone baru yang menawarkan desain menawan dengan layar yang bagus serta fitur kamera menarik. Chipset yang digunakan juga memiliki performa yang sangat bagus, yaitu MediaTek helio P35 dengan fabrikasi 12 nanometer. Baterai yang digunakan memiliki resolusi 5000 mAh, hanya saja Vivo Y02s belum support dengan teknologi fast charging yang besar alias hanya sampai 10W. Dengan teknologi fast charging 10W, maka penggunanya harus membutuhkan 3 jam untuk mengisi ulang baterainya. Tapi untuk ukuran smartphone entry level Rp1 jutaan, Vivo Y02s sudah cukup mumpuni dan menjadi pilihan tepat bagi pengguna yang mempunyai budget terbatas.

Artikel: Spesifikasi Vivo Y02s by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.vivo.com/en/products/y02s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here