Vivo Y11s

hp Vivo Y11s
Vivo Y11s, smartphone kelas entry level dengan desain kelas mid-range

Vivo Y11s sebenarnya bukan produk yang benar-benar baru diketahui publik karena smartphone satu ini sudah sempat diperkenalkan oleh Vivo pada pertengahan bulan Oktober 2020 bersamaan dengan beberapa produk mobile lainnya, seperti Vivo X51, Vivo Y70 dan Vivo Y20s. Vivo Y11s ini merupakan penerus dari model Vivo Y11 yang sudah dirilis pada bulan Oktober 2019. Smartphone ini memiliki ketebalan hanya 8,4 yang sama seperti halnya Vivo Y12s. Layarnya berukuran 6,51 inci dengan tingkat density 270 ppi. Fitur fingerprint sensornya diletakkan di sebelah agar lebih mudah menjangkaunya. Smartphone yang masuk kelas entry level ini menggunakan chipset Snapdragon 460 dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Harga Vivo Y11s

Vivo Y11s merupakan satu dari 4 smartphone yang diciptakan Vivo untuk pasar Eropa dan sekitarnya. Smartphone entry level ini untuk sekarang sudah muncul di halaman web resmi Vivo. Hanya saja, terkait dengan harga dan penjualannya, Vivo sendiri sepertinya masih belum membuka pre-order atau semacamnya. Terbukti bahwa tidak ada tombol pembelian produk satu ini di web resminya. Bahkan tidak ada harga resmi yang tercantum di laman web Vivo Eropa. Dikarenakan hal itu, maka diperkirakan smartphone satu ini akan dijual dengan harga sekitar Rp2 jutaan dan mulai diedarkan secara resmi antara akhir tahun 2020 atau setidaknya di awal tahun 2021.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo Y11s Lengkap

Nama model Vivo Y11s
Kode produksi
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan Oktober 2020
Dirilis resmi Desember 2020
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD,LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 164,41 × 76,32 × 8,41 mm
Berat 191 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD Capacitive multi-touch
Ukuran 6,51 inci (~81.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 x 720 pixels HD+ (~270 ppi)
Perlindungan 2.5D curved screen scratch resistant
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 10
User Interface (UI) Funtouch OS 11
Chipset Qualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
Prosesor Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
Kartu grafis Adreno 610
ROM 32GB
RAM 3GB LPDDR3
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Selfie
Belakang 13MP + 2MP
Fitur LED Flash, Portrait, Photo, Video, Pano, Live Photo, Slo-Mo, Time-Lapse, Pro, DOC
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity sensor, E-compass, Virtual Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 2.4GHz /5GHz, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (TYP) (support fast charging 10W)
Warna Phantom Black, Glacier Blue
Harga Sekitar Rp2 jutaan

Fitur Unggulan Vivo Y11s

Spesifikasi Vivo Y11s Layarnya cukup besar
Layarnya cukup besar untuk digunakan bermain game dan melegakan saat dipakai menonton video

1. Layar dengan Desain Halo FullView Berukuran Besar

Layar yang digunakan pada Vivo Y11s ini berjenis IPS LCD yang masih sama seperti yang dipakai pada Vivo Y11 ataupun Vivo Y12s. Layarnya ini berukuran 6,51 inci dengan rasio screen-to-body mencapai 81,6 persen. Ditambah dengan desain bezel-less, membuat penggunanya sangat lega dan leluasa ketika memakai perangkat untuk bermain game ataupun menonton video.

Resolusi layarnya adalah 720 x 1600 pixels yang sudah support teknologi HD+. Selain itu, layarnya juga sudah dilengkapi dengan mode Eye Protection agar tidak membuat mata sakit ketika memakainya dalam waktu lama serta dapat mengurangi emisi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar.

Warnanya sangat menarik dan terlihat elegan
Warnanya sangat menarik dan terlihat elegan

2. Desain Menarik dengan Paduan 2.5D Dazzling Colors

Secara umum, apabila dibandingkan dengan desain Vivo Y11, Vivo Y11s ini lebih menarik karena terlihat lebih modern. Desain Y11s ini juga mirip dengan yang digunakan Vivo Y12s. Bentuknya compact dan sleek dan menjadikannya terlihat semakin elegan. Ditambah lagi, Vivo menggunakan 2.5D Dazzling Colors yang dapat membuat bagian belakang perangkat terlihat mengkilap bagus saat terkena cahaya.

Terdapat 2 varian warna untuk Vivo Y11s ini, yaitu Glacier Blue yang memiliki arti romantisme di tengah hujan, serta Phantom Black yang berarti kemisteriusan batu agate berwarna hitam.

Tombolnya sangat ramping dan tidak terlihat menonjol ke permukaan
Tombolnya sangat ramping dan tidak terlihat menonjol ke permukaan

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Sensor Pemindai Sidik Jari di Samping untuk Keleluasan Pengaksesan

Apabila banyak perangkat mobile lain yang fitur fingerprint sensornya terletak di layar (optical) ataupun di bagian belakang, untuk Vivo Y11s ini, Vivo lebih memilih untuk meletakkan fitur tersebut di sisi samping sebelah kanannya. Fitur fingerprint sensor ini berfungsi ganda yaitu juga sebagai tombol Power. Jadi Anda dapat mengaktifkan dan membuka perangkat dengan menggunakan satu tombol.

Pengoperasian tombol tersebut pun sangat mudah dan cepat. Dalam pengujicobaan, fitur fingerprint sensornya itu dapat memindai alur sidik jari dalam waktu 0,33 detik saja dalam keadaan layar aktif atau 0,37 detik dalam keadaan layar mati.

Performa mesinnya sangat mengagumkan walaupun digunakan untuk berbagai aktivitas
Performa mesinnya sangat mengagumkan walaupun digunakan untuk berbagai aktivitas

4. Dengan Chip Qualcomm Snapdragon 460, Segala Tugas dapat Dikerjakan Secepatnya

Beranjak ke sisi internalnya, Vivo Y11s ini menggunakan operating system Android 10 serta user interface Funtouch OS 11. Terdapat juga beragam fitur seperti AI Albums Instant Vlog untuk menciptakan daftar video dan dapat dengan mudah membagikannya di sosial media, AI Albums Memories yang berfungsi untuk mengelompokkan semua foto atau video berdasarkan waktu, lokasi sampai dengan momennya dan iManager yang berfungsi sebagai ‘petugas kebersihan’ untuk perangkat tersebut.

Chipset yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 460 dengan kalibrasi 11nm yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang dimiliki Vivo Y11, Qualcomm Snapdragon 439, atau seimbang dengan yang dipunyai Vivo Y12s, Mediatek Helio P35. Untuk prosesornya sendiri, Vivo Y11s dilengkapi dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 1.8GHz serta mempunyai GPU Adreno 610. Di dalamnya, Vivo juga menyematkan RAM sebesar 3GB serta ROM yang memiliki kapasitas 32GB.

Untuk pemakaian berjam-jam seperti menonton video atau bermain game, baterainya mampu bertahan lama
Untuk pemakaian berjam-jam seperti menonton video atau bermain game, baterainya mampu bertahan lama

5. Baterai Berkapasitas Besar dan Tahan Lama

Vivo Y11s ini menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas 5000 mAh (TYP). Dengan kapasitas yang besar tersebut, maka pemakaian dengan durasi seberapapun tidak menjadi masalah. Terlebih lagi, di dalamnya terdapat teknologi AI yang dapat membantu perangkat untuk mengontrol dan menghemat penggunaan daya baterainya.

Smartphone satu ini juga sudah support dengan teknologi fast charging 10W yang sedikit dapat memangkas durasi pengisian ulang baterainya. Satu hal yang menarik adalah Vivo Y11s ini dilengkapi dengan teknologi 5V/1A Reverse Charging yang mana Anda dapat memakainya untuk mengisi ulang baterai perangkat lainnya selayaknya powerbank.

Dalam kondisi baterai terisi penuh 100 persen, Anda dapat menonton video streaming dengan format HD secara nonstop selama 16 jam jam lamanya atau juga selama 11 jam untuk bermain game secara intens.

Dalam pengujicobaan di laboratorium Vivo, Y11s ini dapat bertahan sampai dengan 11 jam ketika digunakan untuk memainkan PUBG yang menggunakan jaringan 4G serta di tingkat kecerahan layar 150cd dan volume di posisi 63dB (A). Sedangkan di pengujian dengan pengaturan yang sama, baterai Y11s ini mampu bertahan sampai dengan 16 jam lamanya untuk dipakai menonton video di YouTube.

Lensa kamera belakangnya dilengkapi dengan beragam fitur serta disupport teknologi AI
Lensa kamera belakangnya dilengkapi dengan beragam fitur serta disupport teknologi AI

6. Kamera dengan Teknologi AI untuk Abadikan Segala Momen Penting

Total ada 3 buah lensa kamera yang tersemat di body Vivo Y11s ini. Satu lensa terletak di depan dan dua lainnya ada di belakang. Khususnya untuk yang terdapat di belakang, satu lensa berfungsi sebagai lensa utama dengan resolusi sebesar 13MP, sedangkan lensa sisanya memiliki resolusi 2MP sebagai depth lens.

Terdapat banyak fasilitas pendukung untuk lensa kameranya ini, mulai dari Panorama, HDR, Portrait, sampai dengan time lapse dan slo-mo yang dapat digunakan untuk bereksperimen saat memotret objek atau mengabadikan momen tertentu. Lensanya juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p @ 30frame per second.

Hasil dari foto atau videonya pun tidak kalah dengan hasil jepretan atau rekaman memakai lensa yang tersemat pada smartphone-smartphone entry level lainnya. Bahkan dapat dikatakan lebih bagus karena terdapatnya teknologi AI yang dapat memaksimalkan hasil dari foto atau videonya.

Sedangkan pada bagian depan terdapat lensa dengan resolusi 8MP. Lensanya ini tidak hanya berfungsi sebagai media swafoto saja, melainkan dapat digunakan sebagai media pembantu videocall atau juga untuk mengaktifkan fitur Face Wake Up.

Fasilitas Face Wake Up-nya dapat beroperasi secara cepat dan mudah
Fasilitas Face Wake Up-nya dapat beroperasi secara cepat dan mudah

7. Fitur Face Wake Up untuk Pengamanan yang Lebih Canggih

Memang sudah ada fitur fingerprint sensor atau pemindai sidik jari sebagai sarana pengamanan perangkat di Vivo Y11s ini, akan tetapi Vivo tetap menyematkan sistem pengaman kedua yaitu yang dinamakan Face Wake Up. Dengan memakai fitur ini, maka perangkat baru dapat terbuka apabila sistem sensor yang menggunakan fasilitas kamera depannya selesai memindai dan mengenali wajah Anda. Ketika fitur Face Wake Up dan fingerprint sensor dipadukan, maka dapat dibayangkan betapa aman perangkat dari gangguan tangan-tangan jahil.

Multi Turbo 3.0 yang dapat membantu perangkat berjalan tanpa lelet atau lag
Multi Turbo 3.0 yang dapat membantu perangkat berjalan tanpa lelet atau lag

8. Multi Turbo 3.0 untuk Bermain Game Tanpa Gangguan

Walaupun berdiri sebagai smartphone kelas entry level, akan tetapi Vivo Y11s ini sudah dilengkapi dengan Multi-Turbo 3.0 yang dapat membantu penggunanya saat memakai perangkat sebagai media bermain game mobile. Dengan Multi Turbo 3.0, maka sistem tidak akan terbebani dan membuat alur permainan menjadi lancar tanpa lag. Bahkan ketika Anda tidak sengaja mengaktifkan banyak aplikasi di belakang layar, dan saat memakai Y11s ini untuk bermain game, perangkat tidak serta merta menjadi lelet.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y11s

Kelebihan

Kelebihan pertama yang dimiliki Vivo Y11s ini tentu saja pada kapasitas baterainya yang sangat besar. Y11s ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat digunakan untuk beraktivitas seharian penuh hanya dalam sekali pengisian saja. Selain itu, kelebihan kedua adalah smartphone ini sangat tipis dengan ketebalan hanya mencapai 8,4 mm saja. Kelebihan selanjutnya adalah OS dan UI yang digunakan adalah yang terbaru, walaupun bukan yang paling baru. Chipset dan prosesor yang dimilikinya juga masuk dalam daftar kelebihan karena memiliki performa bagus untuk ukuran entry level phone.

Kekurangan

Kekurangan dari Vivo Y11s ini adalah tingkat density layarnya sangat rendah, yaitu hanya 270 ppi. Dengan begitu, maka layar tidak dapat menampilkan secara maksimal gambar atau film yang memiliki resolusi setinggi 4K atau lebih. Selain itu, smartphone ini bukan termasuk produk tahan banting. Bahkan tidak ada penyematan waterproof untuknya. Ditambah lagi, untuk pengaman fisiknya atau layarnya, Vivo hanya mengandalkan material standar saja, bukan yang biasa digunakan kebanyakan smartphone keluaran terbaru pada umumnya.

hp Vivo Y11s
Vivo Y11s, smartphone kelas entry level dengan desain kelas mid-range

Review Akhir Vivo Y11s

Vivo Y11s adalah smartphone kelas entry level yang diciptakan untuk orang-orang yang hanya ingin memakai perangkat sebagai media bermain game standar atau browsing dan shopping online serta media berkomunikasi saja. Smartphone ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6,51 inci yang mengadopsi desain bezel-less. RAM dan ROM di dalamnya cukup besar untuk membantu sistem yang bekerja. Baterainya berkapasitas besar, 5000 mAh, yang dapat dipakai untuk beraktivitas seharian tanpa pengisian berulang-ulang. Sayangnya, smartphone ini belum tersedia secara resmi walaupun informasinya sudah terpampang di website Vivo Eropa. Harganya diperkirakan sekitar Rp2 jutaan.

Artikel: Vivo Y11s – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here