Vivo Y12s

hp Vivo Y12s
Vivo Y12s sangat cocok untuk digunakan anak-anak sekolah atau remaja yang memiliki aktivitas padat

Vivo Y12s adalah smartphone kelas entry level terbaru yang dirilis oleh Vivo untuk pasar terbatas. Smartphone ini dapat juga dikatakan sebagai penerus atau bahkan penyempurna dari model sebelumnya, Vivo Y12. Di dalamnya, Vivo Y12s ini menggunakan operating system Android 10 dengan prosesor Octa-core 2.3GHz dan chipset MediaTek Helio P35. RAM di dalamnya berkapasitas 3GB dengan ROM sebesar 32GB yang masih dapat ditambah lagi kapasitasnya menggunakan microSD. Layarnya berukuran 6,51 inci dengan resolusi 720 x 1600 pixels serta memiliki densitas sebesar 270 ppi. Pada bagian depan terdapat lensa kamera dengan resolusi 8MP, sedangkan yang berada di bagian belakang memiliki resolusi sebesar 13MP dan 2MP. Yang menjadi unggulan dari smartphone satu ini adalah terdapatnya sensor sidik jari yang diletakkan di samping dan juga kapasitas baterainya yang sangat besar, 5000 mAh.

Harga Vivo Y12s di Indonesia

Produk satu ini memang secara resmi dirilis dan baru diperkenalkan saja di awal bulan November 2020. Vivo merencanakan merilis Vivo Y12s ini pada pertengahan bulan November 2020. Untuk perilisannya, Vivo memilih Vietnam sebagai negara pertama yang bakal mencicipi segala hal yang dimiliki smartphone baru itu. Belum diketahui apakah nantinya Vivo Y12s bakal dirilis secara global atau pasar tertentu saja. Namun ada rumor bahwa nantinya setelah dari Vietnam, smartphone ini akan dijual juga di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia nantinya. Untuk harganya sendiri, mengutip dari situs resmi Vivo Vietnam, Vivo Y12s ini dijual dengan harga VND 3,290,000 atau sekitar Rp2,074 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo Y12s

Nama model Vivo Y12s
Kode produksi V2026
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan November 2020
Dirilis resmi November 2020
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 164,41 × 76,32 × 8,41 mm
Berat 191 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD multi-point capacitive touch
Ukuran 6,51 inci (85% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 x 720 pixels HD+ (~270 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 10 multi-point capacitive touch
User Interface (UI) Funtouch OS 11
Chipset MediaTek MT6765 Helio P35
Prosesor Octa-core 2.3GHz Cortex-A53
Kartu grafis PowerVR GE8320
ROM 32GB (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 256GB dengan menggunakan microSD)
RAM 3GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Portrait, Photography, Panorama, HDR
Belakang 13MP + 2MP
Fitur Flash, Portrait, Photography, Movie, Panorama, Live Photo, Slow Motion, Time Lapse, Professional, DOC, HDR
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Fingerprint Sensor, Gravity sensor, Light Sensor, Proximity sensor, Electronic compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN WiFi 2.4GHz / 5GHz, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS GPS, BeiDou, GLONASS, Galileo
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh
Warna Glacier Blue, Phantom Black
Harga VND 3,290,000 atau sekitar Rp2,074 jutaan

Fitur Unggulan Vivo Y12s

Spesifikasi Vivo Y12s Layarnya menggunakan model bezel-less
Layarnya menggunakan model bezel-less dengan waterdrop notch tersemat pada bagian atasnya

1. Layar Lebar dengan Model ‘Halo FullView’

Pada bagian depan dari Vivo Y12s ini terdapat layar berjenis IPS LCD berukuran 6,51 inci yang cukup besar untuk digunakan berbagai aktivitas, terutama bermain game dan menonton video. Layarnya ini memiliki aspek rasio 20: 9 dengan bentuk 2.5 D curved agar dapat menampilkan segalanya dengan jelas dan nyaman di mata.

Gambar ataupun video yang ditampilkan di layar sangat layak dinikmati dengan tingkat kecerahan dan kejernihan tinggi. Hal itu membantu pengguna untuk tetap memakai perangkat di bawah sinar matahari langsung tanpa takut layarnya menjadi buram atau tampilan tidak jelas.

Layar Vivo Y12s ini juga memiliki filter penangkal emisi cahaya biru yang dapat membuat mata lelah dan sakit. Dengan begitu, pengguna dapat menatap layar perangkat dalam jangka waktu yang lama tanpa khawatir lagi.

Terdapat 2 warna pilihan untuk Vivo Y12s ini, yaitu Phantom Black  dan Glacier Blue
Terdapat 2 warna pilihan untuk Vivo Y12s ini, yaitu Phantom Black  dan Glacier Blue

2. Desain Menarik, Penampilan Sleek dan Eye-Catching adalah Penggambaran dari Vivo Y12s

Jika melihat dari sisi desainnya, maka kesan mahal akan menyeruak dari tampilan Vivo Y12s itu. Jika dibandingkan dengan model terdahulunya, Vivo Y12, Vivo Y12s ini memiliki desain yang kekinian. Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan Vivo Y12 dan juga memiliki modul tempat kamera yang banyak dipakai oleh hampir semua vendor mobile dunia sekarang ini.

Terdapat 2 warna pilihan untuk Vivo Y12s ini, yaitu Phantom Black dan Glacier Blue. Memang ketika terkena cahaya tidak ada pendaran yang berlebihan seperti yang ada pada model sebelumnya, tapi 2 warna dari Vivo Y12s lebih mengesankan kemisteriusan dan keeleganan. Hal itu dikarenakan finishingnya yang didapat lebih condong glossy dengan sedikit gradasi di sekitarnya. Hal tersebut juga membuat perangkat menjadi semakin terlihat mewah dan atraktif juga eye-catching.

Mungkin Vivo Y12s adalah satu dari sedikit smartphone kelas entry-level dengan tombol fingerprint samping
Mungkin Vivo Y12s adalah satu dari sedikit smartphone kelas entry-level dengan tombol fingerprint samping

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Fitur Fingerprint Unlock di Samping Seperti Smartphone Kelas Atas

Vivo Y12s ini dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang sudah terintegrasi dengan tombol powernya untuk dapat membuka dan menutup perangkat secara cepat. Dan uniknya adalah penempatan tombol fingerprint unlocknya ini tidak terletak di bawah layar ataupun di bagian belakang, melainkan di samping. Padahal, cukup sedikit ada smartphone kelas low-end yang menggunakan model seperti ini.

Dalam pengujicobaannya, kecepatan buka dari fasilitas fingerprint unlocknya hanya selama 0,23 detik saja dan kecepatan layar mati selama 0,32 detik.

Baterai besar dan tahan lama untuk digunakan dalam berbagai aktivitas seharian penuh
Baterai besar dan tahan lama untuk digunakan dalam berbagai aktivitas seharian penuh

4. Baterai Berkapasitas 5000 mAh yang Lebih dari Cukup untuk Beraktivitas Seharian

Smartphone satu ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Dengan baterai berkapasitas besar ini, maka akan dapat memberikan waktu lebih lama kepada pengguna dalam pemakaian seharian penuh hanya dalam sekali pengisian baterai saja.

Walaupun tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging, akan tetapi baterainya masih dapat diisi dengan cepat dan juga memiliki mode AI battery-saving yang sangat bermanfaat untuk menghemat daya.

Dari posisi 100 persen, ketika digunakan untuk menonton film berkualitas HD, baterainya mampu bertahan sampai dengan 16,3 jam lamanya. Sedangkan untuk dipakai bermain game terus menerus, baterainya kuat bertahan sampai dengan 8,9 am. Dipakai untuk menonton video-video di YouTube secara nonstop, maka baterainya dari posisi 100 % kuat bertahan sampai 16,3 jam lamanya.

Resolusi lensa kamera utama Vivo Y12s sama dengan yang ada di model sebelumnya, Vivo Y12
Resolusi lensa kamera utama Vivo Y12s sama dengan yang ada di model sebelumnya, Vivo Y12

5. 2 Kamera Berteknologi AI yang dapat Hadirkan Gambar Berkualitas Tinggi

Vivo Y12s terintegrasi dengan 2 kamera sistem pada bagian belakang yang mana lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP, sedangkan lensa satunya mempunyai resolusi sebesar 2MP. Walaupun dirasa cukup rendah resolusinya, akan tetapi fasilitas kamera belakang pada Vivo Y12s tetap dapat memberikan hasil foto atau video dengan kualitas tinggi.

Dengan menggunakan lensa kamera 2MP yang terletak di bawah lensa kamera utamanya itu, maka pengguna dapat secara akurat memotret objek utama dengan efek bokeh halus. Bahkan detail dari objek utama juga tidak berubah atau semakin bagus dengan memakai lensa ini.

Pada bagian depan, terdapat satu lensa kamera dengan resolusi sebesar 8MP yang masih cukup layak untuk digunakan memotret atau membantu penggunanya melakukan aktivitas fotografi. Tidak hanya itu saja, lensa kamera depannya juga berfungsi sebagai media untuk mengaktifkan fitur AI Face Detection sekaligus dapat dipakai untuk merekam momen-momen penting dengan pasangan, teman atau keluarga.

Fasilitas Face Unlock sangat akurat dan cepat dalam penggunaannya
Fasilitas Face Unlock sangat akurat dan cepat dalam penggunaannya

6. Face Unlock untuk Mengamankan Perangkat Lebih Aman

Seperti yang sempat disinggung di paragraf atas, Vivo Y12s dilengkapi dengan teknologi Face Unlock yang mana dalam penggunaannya dapat memakai lensa kamera depannya. Ketika fitur Face Unlock aktif, maka secara cepat teknologi AI di dalamnya akan memindai kontur wajah secara cepat dan akurat.

Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna dapat membuka perangkat dengan sangat cepat dan aman. Cara pemakaiannya adalah Anda hanya perlu menatap bagian depan perangkat agar lensa kamera depan dapat melakukan pemindaian. Setelah dirasa cocok, maka smartphone dapat terbuka. Simple dan aman, bukan?

Dipakai untuk nge-game seharian tidak menjadi masalah

7. Mesin Tangguh dan Dilengkapi Fitur Multi-Turbo 3.0 untuk Para Pencinta Game

Pada bagian dalam dari Vivo Y12s, terdapat chipset Helio P35 dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed mencapai 2.3GHz serta memakai kartu grafis PowerVR GE8320. Mesin di dalam perangkat ini dapat semakin berjalan mulus karena terdapat RAM sebesar 3GB dengan ROM 32GB yang mana masih dapat ditambah lagi kapasitasnya sampai dengan 256GB menggunakan microSD.

Dengan RAM dan ROM besar tersebut, maka Anda tidak perlu takut perangkat akan lemot ketika dipakai untuk nge-game dengan grafis bagus atau juga khawatir internal dari smartphone ini akan terlalu penuh ketika dijejali terus dengan berbagai macam data.

Untuk operating system yang digunakannya, Vivo Y12s memakai Android 10 atau Android Q. Sedangkan user interfacenya adalah Funtouch OS 11 yang berfiturkan banyak hal untuk membantu sistem bekerja secara optimal. Fitur-fitur tersebut antara lain ada yang berfungsi untuk meningkatkan performa layar ketika dipakai bermain game, split screen, call recording dan banyak lagi lainnya. Tidak hanya itu saja, dalam Funtouch OS 11 ini juga terdapat beberapa fitur menarik seperti Album AI dan iManager.

Selain itu, bagi para pencinta game, Vivo Y12s juga telah dilengkapi dengan teknologi Multi Turbo 3.0 yang dapat mengoptimalkan sistem dan membantu mesin untuk menjalankan aplikasi atau game secara mulus dan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12s

Kelebihan

Kelebihan utama yang dimiliki Vivo Y12s adalah terletak pada baterainya yang berkapasitas super besar, yaitu 5000 mAh. Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, maka Anda hanya perlu sekali mengisi baterai secara penuh dan kemudian dapat memakainya untuk beraktivitas seharian tanpa takut akan kehabisan daya baterai lagi. Selain itu, kelebihan yang dimiliki Vivo Y12s adalah pada fasilitas fingerprint sensornya. Secara umum, masih cukup sedikit vendor mobile dunia yang menggunakan tombol sensor pemindai sidik jari di samping. Adapun adalah di smartphone kelas mid-range ke atas, sedangkan Vivo Y12s sebagai perangkat kelas entry level sudah memilikinya.

Kekurangan

Kekurangan pertama yang ada pada diri Vivo Y12s adalah tidak terdapatnya teknologi fast charging untuk baterainya. Padahal teknologi semacam ini sudah jamak digunakan oleh berbagai vendor mobile dunia pada produknya baik yang kelas entry level, mid-range ataupun flagship. Selain itu, kekurangan selanjutnya ada pada resolusi lensa depannya yang terlalu rendah. Kekurangan selanjutnya terletak pada kekuatan fisik perangkat ini yang tidak begitu bagus. Material casing yang terbuat dari plastik tentunya tidak dapat memberikan pertahanan untuk perangkat dari benturan yang terjadi.

hp Vivo Y12s
Vivo Y12s sangat cocok untuk digunakan anak-anak sekolah atau remaja yang memiliki aktivitas padat

Review Akhir Vivo Y12s

Vivo Y12s adalah smartphone yang menggabungkan sisi estetika dan juga kecanggihan fitur yang dimiliki. Smartphone ini dilengkapi dengan lensa kamera yang bagus dengan performa mesin andal serta baterai yang sangat besar kapasitasnya, 5000 mAh. Memang, smartphone satu ini bukanlah diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki aktivitas padat seperti pebisnis, akan tetapi masih sangat cocok untuk dipakai oleh anak-anak sekolah ataupun remaja yang memiliki aktivitas sibuk sehari-harinya. Untuk saat ini, Vivo Y12s masih berstatus diperkenalkan dan rencananya bakal dirilis untuk pasar terbatas pada tanggal 11 November 2020 nanti dengan harga VND 3,290,000 atau sekitar Rp2,074 jutaan.

Artikel: Vivo Y12s – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here