Vivo Y20T

hp Vivo Y20T
Vivo Y20T adalah smartphone mid-range dengan RAM dan ROM super besar

Vivo Y20T adalah smartphone paling baru yang sudah dirilis oleh Vivo di pertengahan bulan Oktober 2021. Dan tentu saja, Vivo Y20T ini menjadi penerus dan produk penyegar dari seri Y20 yang pernah dirilis oleh Vivo. Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 6,51 inci yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1,600 pixels. Selain itu, salah satu yang cukup mengejutkan adalah RAM yang dimilikinya cukup besar, 6GB + 1GB, untuk ukuran smartphone kelas menengah. Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Vivo Y20T ini, 3 di belakang dan 1 di depan. Untuk baterainya sendiri berkapasitas 5000 mAh dan sudah support dengan teknologi fast charging.

Harga Vivo Y20T

Tanpa pemberitahuan sebelumnya dan dapat dikatakan secara tiba-tiba Vivo memperkenalkan dan hanya berselang beberapa hari saja, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini merilis Vivo Y20T. Dan seperti banyak produk lainnya, Vivo memilih India sebagai negara pertama dalam merilis Vivo Y20T tersebut. Dan tentu saja, dikarenakan hal itulah, produk satu ini untuk sekarang masih belum dapat ditemui di mana-mana, termasuk Indonesia pada khususnya. Hanya ada satu versi dari smartphone ini yaitu yang dilengkapi dengan RAM 6GB + 1GB serta ROM 64GB yang dapat ditambah sampai 1TB. Untuk harganya sendiri, Vivo Y20T dijual sebesar ₹15,490 atau sekitar Rp2,91 jutaan.

Spesifikasi Vivo Y20T

Nama model Vivo Y20T
Kode produksi PD2093F_EX/V2129
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Oktober 2021
Dirilis resmi Oktober 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / WCDMA / 4G LTE (LTE-TDD, LTE-FDD)
Eksternal
Dimensi 164,41 × 76,32 × 8,41 mm
Berat 192 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD
Ukuran 6,58 inci (~81.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 × 720 pixels HD+ (270 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) Funtouch OS 11.1
Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
Prosesor Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
Kartu grafis Adreno 610
ROM 64GB (kapasitasnya masih dapat ditambah dengan menggunakan microSD sampai dengan 1TB)
RAM 6GB + 1GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Night Mode, Portrait, Photo
Belakang 13MP + 2MP + 2MP
Fitur Portrait, Photo, Video, PANO (Rear Camera), Live Photo, Slo-Mo, Time Lapse, PRO, Doc
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-compass, Gyroscope sensor
Sensor sidik jari Ya (di samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS A-GPS, BEIDOU, GLONASS, GALILEO
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 18W)
Warna Purist Blue, Obsidian Black
Harga ₹15,490 atau sekitar Rp2,91 jutaan

Fitur Unggulan Vivo Y20T

Spesifikasi Vivo Y20T layar besar dan melegakan
Layar Vivo Y20T berukuran besar dan cukup melegakan untuk dipakai menonton video

1. Layar Besar Berdesain Halo FullView dengan Eye Protection

Untuk sisi layarnya, Vivo mengusung desain yang mereka sebut dengan istilah Halo FullView Display. Desain ini pada dasarnya juga banyak digunakan di beberapa model Vivo atau smartphone keluaran pabrikan lainnya, hanya berbeda istilah saja, yaitu menggunakan gaya bezel-less dengan water drop notch pada bagian atasnya.

Dengan desain seperti ini, ditambah lagi ukurannya yang cukup besar, 6,51 inci atau 16,55 cm secara menyeluruh, maka akan sangat menyenangkan dan lega ketika digunakan untuk bermain game atau saat dipakai untuk menonton film via mobile. Tidak hanya itu saja, layarnya cukup tajam dan terang karena ada teknologi in-cell terbaru yang dipakai di dalamnya.

Terlebih lagi, Vivo juga telah menambahkan teknologi khusus (Eye Protection Mode) untuk dapat melindungi mata penggunanya dari emisi cahaya biru dan hal-hal lain yang dapat membuat penglihatan menjadi terganggu saat memakai perangkat dalam jangka waktu lama atau seharian penuh.

Varian warnanya adalah Obsidian Black dan Purist Blue
Varian warnanya adalah Obsidian Black dan Purist Blue

2. Desain Menarik dengan 2 Warna Khas Vivo

Vivo Y20T ini memiliki desain yang cukup ramping dan tipis. Ketebalannya hanya mencapai 8,41 cm saja dengan bobot 192 gram. Selain itu, bodynya juga dilapisi dengan material yang mampu menampilkan sisi 2,5D dan akan memunculkan nuansa mewah dan menawan.

Total hanya ada 2 varian warna saja yang dimiliki oleh Vivo Y20T ini, yaitu Obsidian Black dan Purist Blue. Kedua warna tersebut memiliki arti sendiri-sendiri, seperti Obsidian Black terinspirasi dari kemerlap material kaca vulkanik yang sangat elegan dan mempunyai shading berkilau.

Sedangkan untuk Purist Blue terinspirasi dari keindahan sekaligus kemisteriusan dasar lautan yang mana memunculkan kesan kuat, murni dan tenang. Jadi ada keseimbangan antara cahaya dan kegelapan yang dibalut dengan teknologi modern sekarang ini.

Fitur Face Wake dan fingerprint scannernya sangat ampuh dan sangat sensitif
Fitur Face Wake dan fingerprint scannernya sangat ampuh dan sangat sensitif

3. Dua Fitur Pengaman yang Aman

Tidak hanya melengkapi produknya ini dengan teknologi bagus di dalamnya, Vivo juga tidak lupa menempatkan proteksi pada perangkat tersebut. Selain dapat menggunakan sistem pengaman bawaan Android seperti pattern ataupun kata sandi, pengguna juga dapat memakai 2 fitur keamanan lain, yaitu fingerprint scanner yang tombolnya terletak di samping atau juga Face Wake.

Sensitivitas dari fitur pemindai sidik jarinya sangat cepat dan dapat dengan mudah membuka perangkat ketika patternnya sesuai. Sedangkan untuk Face Wake yang menggunakan kamera depannya ini juga hanya butuh sekejap mata saja untuk dapat membuka perangkat.

RAM Vivo Y20T ini sangat besar dan membuat sistem di dalamnya dapat berjalan lancar
RAM Vivo Y20T ini sangat besar dan membuat sistem di dalamnya dapat berjalan lancar

4. Menggunakan Qualcomm Snapdragon 662 dengan RAM dan ROM Super Besar

Vivo Y20T ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang mempunyai fabrikasi 11 nanometer serta memakai prosesor Octa-core yang mempunyai clock speed 2.0 GHz Kyro. Vivo mengklaim bahwa kecepatan dan performa mesin yang dimiliki Vivo Y20T ini 58% lebih tinggi dibandingkan dengan model sebelumnya, Vivo Y20G.

Selain itu, untuk ukuran smartphone kelas menengah, Vivo Y20T adalah perangkat mobile yang cukup bagus kinerjanya karena dilengkapi dengan RAM sangat besar, 6GB + 1GB. Dengan total RAM yang besar ini, maka semua sistem dapat berjalan dengan bagus, lancar dan anti-lag. Tidak hanya itu saja, Vivo Y20T juga memiliki kapasitas ROM berlebih. Memang untuk ROM standarnya hanya 64GB, akan tetapi pengguna dapat menambah kapasitasnya sampai 1TB dengan menggunakan microSD.

Dengan RAM dan ROM yang besar tersebut, maka sangat nyaman ketika perangkat digunakan untuk bermain game via mobile. Terlebih lagi terdapat fitur Ultra Game Mode yang mana sangat membantu pengguna di kala sedang bermain dan juga Multi-Turbo 5.0 yang berfungsi untuk mengatur koneksi, sistem di prosesor sampai dengan pengalokasian tenaga baterainya.

Baterainya dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seharian penuh hanya dalam sekali pengisian
Baterainya dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seharian penuh hanya dalam sekali pengisian

5. Baterai 5000 mAh + Teknologi 18W Fast Charge

Seperti halnya kebanyakan smartphone kelas menengah lain besutan Vivo, Vivo Y20T ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo, yaitu 5000 mAh. Baterai berjenis non-removable Lithium Polymer ini dapat digunakan selama seharian penuh tanpa perlu melakukan charging berulang-ulang. Jadi, cukup sekali untuk satu hari penuh.

Vivo Y20T ini juga support dengan teknologi fast charging 18W yang dapat membantu mempercepat durasi pengisian baterainya. Satu hal yang menarik adalah smartphone ini support dengan teknologi reverse charging yang mana dapat mengubah perangkat menjadi layaknya power bank untuk mobile.

Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Vivo Y20T ini
Total terdapat 4 buah lensa kamera yang tersemat di body Vivo Y20T ini

6. AI Triple Camera dengan Banyak Fitur Pendukung Lain

Seperti yang disinggung di atas, Vivo Y20T dilengkapi dengan total 4 buah lensa kamera yang tersemat di bodynya. Di bagian depan terdapat satu lensa dengan resolusi 8MP yang mana memang difungsikan untuk media pembantu berswafoto dengan hasil yang bagus ataupun kala digunakan untuk melakukan video calling.

Sedangkan untuk 3 buah lensa lainnya yang masing-masing memiliki resolusi 13MP, 2MP dan 2MP diletakkan di satu modul di belakang. Lensa kamera utamanya yang mempunyai resolusi 13MP juga telah mendapatkan dukungan banyak fitur dan mode lainnya, seperti Face Beauty, Portrait Light Effects dan beragam filter lain.

Untuk kamera kedua yang berfungsi untuk menciptakan efek bokeh dapat memberikan hasil yang sangat akurat karena terdapatnya sistem algoritma bokeh terbaru dari Vivo. Saat digunakan pada mode Portrait, foto akan terlihat sangat bagus dengan background blur yang alami. Sedangkan untuk kamera sisanya, memiliki fungsi sebagai kamera macro untuk dapat dipakai memotret sebuah objek dengan jarak terdekat 4cm.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Vivo Y20T

Kelebihan pertama yang dimiliki Vivo Y20T adalah menjadi perangkat paling hebat dibandingkan dengan semua produk di varian Y20 lainnya. Salah satu yang diunggulkan adalah chipsetnya adalah yang tertinggi dari semua model Y20 lainnya. Kelebihan selanjutnya adalah smartphone ini dilengkapi dengan RAM dan ROM yang sangat besar, bahkan masih dapat ditambah lagi besaran atau kapasitasnya. Setelah itu, kelebihan lainnya adalah baterai yang dimiliki mempunyai kapasitas sangat besar, 5000 mAh, dan support untuk teknologi fast charging 18W serta reverse charging. Vivo Y20T ini juga dilengkapi dengan tombol fingerprint scanner yang diletakkan di samping seperti yang kerap ditemui di kebanyakan smartphone kelas flagship pada umumnya.

Kekurangan Vivo Y20T

Kekurangan dari Vivo Y20T adalah smartphone satu ini menggunakan layar berjenis IPS LCD yang mana kualitasnya masih di bawah jenis AMOLED atau di atasnya. Kemudian densitas layarnya pun cukup rendah, yaitu 270 ppi, jadi akan sangat sulit ketika harus menampilkan gambar atau video dengan format yang tinggi, seperti 4K. Kekurangan lainnya adalah resolusi lensa kamera depan dan belakangnya tidak ada perubahan dari model Y20 yang kali pertama diluncurkan sampai yang sekarang ini. Dari sisi harga, Vivo Y20T dapat dikatakan smartphone dengan spesifikasi standar namun dijual dengan harga yang relatif tinggi.

hp Vivo Y20T
Vivo Y20T adalah smartphone mid-range dengan RAM dan ROM super besar

Review Akhir

Vivo Y20T adalah smartphone terbaru penerus model Y20 yang dimiliki Vivo. Dari sisi performa, memang Vivo Y20T ini cukup unggul dibandingkan dengan model Vivo Y20 series lainnya. Bahkan apabila dibandingkan dengan model yang terbaru sebelumnya, Vivo Y20G, Vivo Y20T ini masih lebih unggul. Hanya saja, untuk beberapa fasilitas yang dimiliki dirasa masih mengadopsi apa yang dimiliki dari seri Y20 lainnya. Seperti contohnya tidak ada perubahan pada fitur lensa kamera yang dimiliki Vivo Y20T ini, yaitu 4 buah lensa kamera dengan resolusi masing-masing 8MP, 13MP, 2MP dan 2MP, serta pada sisi baterainya pun sama. Untuk saat ini Vivo Y20T hanya dipasarkan di India saja dengan harga sekitar Rp2,91 jutaan dan belum diketahui apakah nantinya bakal dijual secara global atau tidak.

Artikel: Spesifikasi Vivo Y20T by PortalHP.com

Sumber gambar: https://www.vivo.com/in/products/y20t

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here