Vivo Y30g

hp Vivo Y30g
Vivo Y30g adalah smartphone entry level yang mengadopsi desain dari seri Y30 lainnya

Vivo Y30g adalah dapat dikatakan sebagai smartphone terakhir di penghujung kuartal pertama di tahun 2021 yang dirilis oleh Vivo. Smartphone yang masuk kategori entry level ini memiliki desain yang sama seperti halnya Vivo Y30, Vivo Y30 Standard Edition atau Vivo Y30 (China version). Hanya saja dari sisi spesifikasinya ada sedikit perbedaan di antara kesemuanya. Vivo Y30g ini tersedia dalam 3 warna pilihan, yaitu Aqua Blue, Dawn White, Obsidian Black. Chipset yang dipakainya adalah MediaTek Helio P65 dengan GPU ARM Mali-G52. RAM dan ROM yang dimilikinya juga berkapasitas besar. Baterainya memiliki kapasitas 5000 mAh dan support fast charging 18W. Untuk saat ini, Vivo Y30g ini sudah dipasarkan secara terbatas di pasar Cina dan Hong Kong saja.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Harga Vivo Y30g

Vivo Y30g ini adalah salah satu produk smartphone dari Vivo yang sangat minim pemberitaan. Bahkan dapat dikatakan sangat jarang ada yang mengulasnya di berbagai media. Walaupun begitu, Vivo Y30g ini sudah hadir di pasaran Cina dan Hong Kong. Untuk harga jualnya sendiri, Vivo mematok harga sebesar CNY 1499 atau sekitar Rp3,29 jutaan. Selain dapat dibeli di toko online Vivo Cina, Anda juga dapat membelinya di beberapa toko rekanan Vivo lainnya. Sayangnya, belum diketahui apakah nantinya Vivo Y30g ini bakal dirilis secara global atau setidaknya sampai di pasaran Indonesia atau tidak.

Spesifikasi Vivo Y30g

Nama model Vivo Y30g
Kode produksi V2066BA
Segmen pasar Entry-level
Diperkenalkan Maret 2021
Dirilis resmi Maret 2021
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / CDMA / WCDMA / CDMA2000 / TD-SCDMA / 4G (LTE-TDD, LTE-FDD) / VoLTE
Eksternal
Dimensi 164,41 x 76,32 x 8,41 mm
Berat 191,4 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD Capacitive multi-touch
Ukuran 6,51 inci (89% screen-to-body ratio)
Resolusi 1600 x 720 pixels (270 ppi)
Perlindungan
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 11
User Interface (UI) OriginOS 1.0
Chipset MediaTek Helio P65 MT6768 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2.0GHz×2+1.7GHz×6, Cortex-A75 + Cortex-A55)
Kartu grafis ARM Mali-G52 MP2 @ 820 MHz
ROM 128GB eMMC 5.1 (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 1TB menggunakan microSD)
RAM 8GB LPDDR4X dual channel
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Portrait, photo, video, dynamic photo
Belakang 13MP + 2M+
Fitur Camera mode, portrait mode, video mode, dynamic photo, slow motion, time-lapse photography, professional mode, document
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya (American Standard Headphones)
Sensor utama Face Wake facial recognition, Gravity sensor, Light sensor, Proximity sensor, Gyro, Electronic compass
Sensor sidik jari Ya (samping)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/n 5GHz, dual band, Wi-Fi direct, hotspot, WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, SBC, AAC, aptX HD, LDAC, Apt-X
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS Beidou, GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
Radio Ya
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 18W)
Warna Aqua Blue, Dawn White, Obsidian Black
Harga CNY 1499 atau sekitar Rp3,29 jutaan

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Fitur Unggulan Vivo Y30g

Spesifikasi Vivo Y30g Kapasitas penyimpanan internal storagenya ditambah sampai dengan kapasitas 1TB
Kapasitas penyimpanan internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan kapasitas 1TB

1. Performa Andal, Kapasitas RAM dan ROM Besar

Vivo Y30g merupakan smartphone entry level terbaru dari Vivo yang mana masih menjadi keluarga di deretan Y30 series lainnya. Sebagai informasi, sejauh ini sudah ada 3 smartphone dari Y30 series yang sudah dirilis oleh Vivo, yaitu Vivo Y30, Vivo Y30 Standard Edition dan Vivo Y30 (China version). Vivo Y30g ini dapat dikatakan sebagai generasi keempat dari Y30 series lainnya.

Dari sisi jeroannya, Vivo Y30g ini lebih cenderung ke arah Y30 Standard Edition daripada Y30 dan Y30 (China version). Hal itu disebabkan Vivo Y30g dan Y30 Standard Edition sama-sama menggunakan chipset MediaTek Helio. Hanya saja perbedaannya adalah seri yang digunakan pada Y30g lebih tinggi dan terbaru, yaitu MediaTek Helio P65 dengan fabrikasi 12nm, sedangkan Y30 Standard Edition dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 dengan fabrikasi 12nm.

Untuk masalah prosesor dan kartu grafisnya, antara Y30g dan Y30 Standard Edition kurang lebih masih sama. Hanya saja ada peningkatan dari sisi kapasitas RAM dan ROM yang dimiliki Y30g. Vivo menyematkan ROM sebesar 128GB dengan RAM 8GB. Untuk kapasitas internalnya sendiri, Anda masih dapat menambahkannya lagi sampai dengan 1TB menggunakan microSD. Sedangkan untuk operating system yang digunakan adalah Android 11 dengan user interface OriginOS 1.0 yang dapat dikustomisasi lagi.

Hanya dalam sekali pengisian, baterainya kuat digunakan seharian
Hanya dalam sekali pengisian, baterainya kuat digunakan seharian

2. Baterai Besar dengan 18W Twin-Engine Flash Charge Technology

Vivo Y30g ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer yang memiliki kapasitas cukup besar, yaitu 5000 mAh. Hanya dalam sekali pengisian saja, Anda dapat memakai seharian penuh tanpa takut kehabisan baterai di tengah pemakaian. Selain itu, perangkat mobile satu ini juga sudah support dengan teknologi fast charging 18W yang mana dapat mencapai 68% dari 0% dalam waktu 60 menit.

Selain itu, untuk dapat menghemat tenaga baterainya, Vivo Y30g ini dilengkapi dengan AI Power Saving. Dalam kondisi baterai penuh 100%, Anda dapat menggunakan perangkat untuk menonton video dengan kualitas HD secara non-stop sampai 14,96 jam lamanya atau juga bermain game online tingkat tinggi selama 10,48 menit. Perangkat ini juga support dengan reverse charging yang menggunakan kabel OTG. Hanya saja, Anda harus membeli sendiri kabel OTG tersebut karena memang dijual secara terpisah.

Terdapat 3 pilihan warna menarik yang berbeda
Terdapat 3 pilihan warna menarik yang berbeda

3. Desain Cantik, Tipis dan Ergonomis

Seperti yang dikatakan di atas bahwa desain dari Vivo Y30g ini sangat mirip dengan 3 seri Y30 lainnya. Perbedaan dari sisi desain antara Y30g ini dengan 3 seri Y30 lainnya adalah hanya terletak pada varian warnanya saja. Ada 3 buah pilihan warna untuk Y30g ini, yaitu Aqua Blue, Dawn White dan Obsidian Black.

Untuk menghasilkan warna Aqua Blue in, Vivo menggunakan proses inovatif dengan mengolah warna biru muda dan frosted silver yang mana ketika terkena cahaya, maka akan ada efek pantulan pada permukaannya. Jadi warna ini memiliki kesan seperti menenangkan, sederhana namun tetap elegan.

Sedangkan untuk warna Dawn White, Vivo menggunakan proses pelapisan ion dengan tekstur transparan yang sedikit lebih tebal dibandingkan yang dimiliki seri Y30 lainnya. Ketika terkena cahaya, maka permukaan perangkat akan terlihat seperti cahaya fajar sedang menyeruak di ufuk timur.

Untuk menghasilkan warna Obsidian Black sendiri, prosesnya juga tidak mudah. Ada proses pelapisan yang rumit dengan gradasi tipis beraturan pada permukaannya yang mana akan dapat menghasilkan warna obsidian atau seperti cahaya malam bening di angkasa.

Secara total, dimensi dari Y30g ini adalah 164,41 x 76,32 x 8,41 mm dan bobotnya hanya mencapai 191,4 gram. Desainnya menggunakan model 2.5D yang ergonomis agar membuat perangkat terasa ringan juga nyaman dalam genggaman.

Layarnya tetap mengusung desain bezel-less dengan waterdrop notch pada bagian atasnya
Layarnya tetap mengusung desain bezel-less dengan waterdrop notch pada bagian atasnya

4. Layar Besar dengan Pembagian Proporsi yang Tepat

Beralih ke layarnya, layar yang dimiliki Vivo Y30g ini berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,51 inci. Rasio layarnya adalah sebesar 20:9 dengan rasio screen-to-body mencapai 89%. Ditambah lagi model desiannya yang masih mengusung bezel-less, maka akan sangat nyaman ketika digunakan untuk menonton film karena terasa sangat lebar. Selain itu, layarnya juga telah dilengkapi dengan teknologi yang dapat menurunkan tingkat emisi cahaya biru yang dapat mengganggu mata penggunanya dalam jangka waktu lama.

Untuk masalah resolusi dan lainnya, layar Y30g ini masih tetap sama seperti yang digunakan pada seri Y30 lainnya, yaitu 700 x 1600 pixels dengan tingkat density mencapai 270 ppi. Sayangnya, tidak diketahui apakah layar dari Y30g ini dilapisi oleh pelindung atau layar anti-gores atau tidak.

Total ada 3 buah lensa kamera tersemat di body smartphone ini
Total ada 3 buah lensa kamera tersemat di body smartphone ini

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

5. Tiga Lensa Kamera untuk Hasil Foto Terbaik

Seperti halnya kebanyakan smartphone terbSaru yang dijual di pasaran, Vivo Y30g juga dilengkapi dengan multi-lens di bodynya. Total terdapat 3 buah lensa yang mana 1 buah terletak di depan dan 2 lainnya ada di belakang. Khusus untuk yang terletak di belakang, lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 13MP dan lensa kedua memiliki resolusi sebesar 2MP. Sedangkan untuk yang terletak di depan, lensa kameranya mempunyai resolusi sebesar 8MP.

Lensa kamera utamanya juga sudah mendapatkan support dari teknologi AI di dalamnya agar hasil foto atau video yang dihasilkan akan sangat bagus nantinya. Selain itu, terdapat banyak fasilitas tambahan untuk fitur kamera pada Y30g ini, mulai dari portrait beautification, portrait light effects, professional mode dan lain sebagainya.

Ada banyak tambahan fitur khusus untuk game
Ada banyak tambahan fitur khusus untuk game

6. Nyaman Digunakan untuk Bermain Game-game dengan Grafis Bagus

Walaupun ada di level low-end, akan tetapi Vivo Y30g ini tetap dapat digunakan untuk bermain game-game bagus dan populer sekarang ini. Untuk membantu urusan gaming tersebut, Vivo telah menambahkan fasilitas Multi-Turbo 5.0 di dalamnya. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, maka ada banyak hal yang dapat diatasi dengan cepat dan secara real-time, seperti mengurangi tingkat panas di dalam perangkat, mengatur masalah jaringan ketika smartphone ini terhubung dengan internet sampai dengan mengatasi masalah penggunaan daya baterainya.

Selain Multi-Turbo 5.0, terdapat juga Game Box 9.0 di Y30g ini. Game Box 9.0 ini mengusung mode e-sports terbaru yang dapat menciptakan pengalaman kompetitif dan profesional kepada pengguna Y30g tersebut. Selain itu, Game Box 9.0 ini juga dapat mengatasi semua gangguan yang tiba-tiba muncul seperti notifikasi telepon atau panggilan masuk. Terdapat juga fasilitas album dan perekaman layar yang dapat dipakai untuk mengabadikan momen saat bermain.

Untuk mengaktifkan  perangkat dengan 2 pilihan sistem pengaman
Untuk mengaktifkan perangkat dengan 2 pilihan sistem pengaman

7. Fitur Pengamanan yang Lengkap dan Canggih

Untuk masalah pengamanan, selain sudah disediakan oleh Android seperti pattern atau juga kata sandi, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disematkan oleh Vivo, yaitu fingerprint sensor dan Face Wake facial recognition. Dengan menggunakan salah satu atau semua sistem pengaman ini, maka perangkat akan semakin aman dari gangguan orang yang ingin mencuri data atau ketika dibuka secara sembunyi-sembunyi oleh pihak lain.

Tombol fingerprint sensornya masih sama letaknya seperti yang terdapat di jajaran Y30 series lainnya, yaitu di samping kanan. Sedangkan untuk Face Wake facial recognition sangat cepat memindai kontur wajah penggunanya kurang dari 1 detik.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30g

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki Vivo Y30g adalah terletak pada chipset yang berbeda dan lebih bagus dibandingkan yang dipunyai Vivo Y30 Standard Edition. Dengan chipset tersebut, maka Anda dapat mengoperasikan aplikasi berat atau juga memainkan game dengan grafis tinggi secara mudah dan lancar. Selanjutnya adalah kapasitas RAM dan ROM yang besar juga merupakan kelebihan yang dimiliki Vivo Y30g ini. Kelebihan selanjutnya adalah pada kapasitas baterainya yang jumbo dan dapat digunakan seharian penuh dalam sekali pengisian saja.

Kekurangan

Tentu saja selain kelebihan, terdapat juga kekurangan yang dipunyai Vivo Y30g ini. Kekurangan pertama adalah terletak pada layarnya. Alih-alih menggunakan jenis OLED, justru Vivo menggunakan jenis IPS LCD untuk Y30g ini. Selain itu, fasilitas kameranya juga tergolong rendah yang mana akan menjadi kurang bagus saat digunakan untuk memotret di kondisi-kondisi tertentu, seperti saat malam hari atau sejenisnya. Kekurangan lainnya adalah dengan spesifikasi yang standar seperti itu, harga yang dibandrolkan relatif tinggi, yaitu masih di atas Rp3 jutaan.

hp Vivo Y30g
Vivo Y30g adalah smartphone entry level yang mengadopsi desain dari seri Y30 lainnya

Review Akhir Vivo Y30g

Vivo Y30g adalah produk entry level terbaru dari Vivo di penghujung Q1 2021 ini. Spesifikasi utamanya relatif sama seperti Vivo Y30 Standard Edition walaupun ada sedikit perubahan di beberapa sisi. Hanya saja memang ada kemiripan lebih dari 70% dari Y30 Standard Edition tersebut. Seperti halnya kebanyakan smartphone entry level lainnya, Y30g ini dilengkapi dengan layar berukuran besar berjenis IPS LCD. Chipset yang digunakan cukup bagus dibandingkan yang dipunyai Y30 Standard Edition, yaitu MediaTek Helio P65. RAM dan ROM-nya juga berkapasitas besar yang mana internal storagenya masih dapat ditambah lagi. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat digunakan seharian penuh tanpa takut kehabisan di tengah pemakaian. Untuk saat ini, Vivo Y30g ini baru dijual secara terbatas di pasaran Hong Kong dan Cina saja dengan harga sekitar Rp3,29 jutaan.

Artikel: Vivo Y30g – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com.cn

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here