Vivo Y3s

hp Vivo Y3s
Vivo Y3s adalah smartphone kelas mid-range dengan kemampuan bagus dan miliki desain elegan

Vivo Y3s adalah smartphone mid-range terbaru dari Vivo yang dirilis bersamaan dengan produk kelas menengah lainnya, yaitu Vivo Y30. Smartphone ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,35 inci serta menggunakan chipset Helio P35, RAM 4GB LPPDR4x, ROM 128GB dan built in eMMC 5.1 storage serta baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang support dengan teknologi 10W. Pada bagian depan dari Y3s ini terdapat lensa kamera dengan resolusi sebesar 8MP dan untuk yang terletak di bagian belakang memiliki resolusi sebesar 13MP dan 2MP. Smartphone ini dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari serta support untuk digunakan di jaringan 4G VoLTE. Vivo Y3s ini juga merupakan pembaharu dari model yang sudah dirilis sebelumnya, yaitu Vivo Y3.

Harga Vivo Y3s di Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas, Vivo Y3s ini adalah model pembaharu dari Vivo Y3 yang telah dirilis sebelumnya. Vivo Y3s ini dirilis mendekati akhir bulan Oktober 2020 dan negara pasarnya untuk sementara ini hanya terbatas di daerah Cina daratan saja. Untuk itu, belum banyak seller di Tanah Air yang menjual atau setidaknya membuka pre-order untuk produk mobile satu ini. Untuk harganya sendiri, Vivo Y3s dibandrol dengan harga sebesar CNY 1198 atau sekitar Rp2,62 jutaan.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo Y3s

Nama model Vivo Y3s
Kode produksi V1901A, V1901T
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Oktober 2020
Dirilis resmi Oktober 2020
Jaringan GSM / HSPA / HSDPA / CDMA / WCDMA / CDMA2000 / TD-SCDMA / 4G LTE (TDD-LTE, FDD-LTE), VoLTE
Eksternal
Dimensi 159,43 x 76,77 x 8,92 mm
Berat 190,5 gram
SIM Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD Capacitive multi-touch
Ukuran 6,35 inci (89,04% screen to body ratio)
Resolusi 1544 × 720 pixels (~268 ppi)
Perlindungan 2.5D tempered glass
Model Bezel-less dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) Funtouch OS 9
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
Prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
Kartu grafis PowerVR IMG GE8320
ROM 128GB (kapasitas internal storagenya masih dapat ditambah sampai dengan 256GB dengan menggunakan microSD)
RAM 4GB LPDDR4X
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur Panorama, beauty, photo, video, portrait background blur, dynamic
Belakang 13MP + 2MP
Fitur PDAF, 10x digital zoom, panorama, beauty, photo, video, portrait background blur, slow motion video up to 720p
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Face Wake facial recognition, Gravity sensor, Light sensor, Proximity sensor, Gyro, Electronic compass
Sensor sidik jari Ya (di belakang)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, WLAN 2.4G, WLAN 5.1G, WLAN 5.8G, WLAN hotspot
Bluetooth 5.0, SBC, AAC, aptX HD, LDAC, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
NFC Tidak ada
GPS Beidou, GPS, GLONASS, Galileo
Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 10W)
Warna Sea Breeze, Dark Night Blue, Crimson Jade
Harga CNY 1198 atau sekitar Rp2,62 jutaan

Fitur Unggulan Vivo Y3s

Spesifikasi Vivo Y3s dengan sekali pengisian baterai sampai 100 persen, perangkat dapat digunakan seharian penuh
Hanya dengan sekali pengisian baterai sampai 100 persen, perangkat dapat digunakan seharian penuh

1. Baterai Besar untuk Para Pengguna yang Doyan Beraktivitas Mobile Sehari-hari

Kelebihan utama yang dimiliki Vivo Y3s ini adalah terletak pada baterainya. Smartphone ini dilengkapi dengan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas cukup besar, 5000 mAh. Dengan baterai berkapasitas sebesar ini, maka penggunanya tidak akan khawatir perangkatnya akan kehabisan daya di tengah pemakaian atau juga tidak perlu lagi membawa-bawa powerbank ke mana-mana.

Selain itu, smartphone ini juga telah support dengan teknologi pengisian cepat atau fast charging 10W. Tidak hanya itu saja, Vivo telah memanfaatkan teknologi AI di dalamnya untuk membantu fasilitas baterai pada Vivo Y3s ini agar lebih hemat ketika digunakan. Dengan teknologi AI tersebut, maka penyaluran dan pembagian daya baterai akan lebih efisien.

Dalam pengujicobaan, slot untuk chargingnya kuat untuk dimasuki ujung kabel charger sebanyak lebih dari 6500 kali. Sedangkan baterainya ketika digunakan di jaringan 4G dari posisi 100 persen dapat bertahan sampai dengan 736,8 jam atau juga sampai 18,9 jam untuk dipakai dalam mode bicara di jaringan 4G VoLTE.

Chipset, prosesor sampai dengan GPU di dalamnya dapat membuat perangkat berjalan mulus
Chipset, prosesor sampai dengan GPU di dalamnya dapat membuat perangkat berjalan mulus

2. Mesin Canggih dengan Prosesor Octa-core untuk Berikan Pengalaman Terbaik

Beralih ke bagian dalam, secara umum tidak ada yang berubah dari internal perangkat satu ini jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Baik Vivo Y3s ataupun Vivo Y3 sama-sama menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) dengan prosesor Octa-core yang memiliki clock speed 2.3 GHz serta kartu grafis PowerVR IMG GE8320.

User interface yang dipakai adalah Funtouch OS 9.0 yang mana desain dan sistemnya berbasis pada Android 9.0 Pie di dalamnya. Dengan UI Funtouch OS 9.0 dan Android 9.0 Pie ini, maka dapat memberikan pengalaman bermobile secara menyenangkan dan lebih memudahkan dalam penggunaan.

Selain itu, Vivo Y3s ini juga dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor sebagai pengaman dan pembuka perangkat. Tidak hanya itu saja, terdapat juga fasilitas pengaman lain yaitu Face Wake Up yang mana dapat secara mudah dan cepat mendeteksi sampai dengan 1.024 dimensi dan ekspresi wajah penggunanya. Bahkan ditambah dengan teknologi AI di dalamnya, maka presisi serta akurasinya sangat tepat sehingga keamanan lebih terjaga.

Dan seperti kebanyakan smartphone-smartphone kelas menengah dan atas besutan Vivo, Vivo Y3s ini juga dilengkapi dengan artificial intelligence assistant bernama Jovi. Fungsi dari Jovi sendiri mirip seperti Siri pada produk milik Apple atau juga Google Voice (Assistant) pada perangkat mobile berbasis Android pada umumnya.

Dengan menggunakan Jovi, maka Anda dapat terbantu saat ingin mengatur waktu untuk bisnis atau pribadi, dapat mengingatkan tugas yang belum dikerjakan sampai dengan memberitahukan secara cepat apa yang ada dalam pikiran Anda.

Kapasitas ROM di dalamnya masih dapat ditambah sampai 256GB
Kapasitas ROM di dalamnya masih dapat ditambah sampai 256GB

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

3. Kapasitas RAM dan ROM Besar yang Melegakan

Bagi yang doyan menyimpan data-data hasil pengunduhan atau menyimpan foto hasil jepretan atau juga menyimpan video yang direkam dengan menggunakan perangkat mobile, maka tidak perlu khawatir lagi ketika memakai Vivo Y3s ini. Hal itu disebabkan smartphone ini dilengkapi dengan internal storage yang sangat besar untuk ukuran produk mid-range, yaitu sebesar 128GB. Bahkan apabila masih kurang, selain dapat dikirimkan ke fasilitas cloud, Anda juga dapat menambah kapasitas ROM-nya sampai dengan 256GB dengan memakai microSD.

Slot untuk microSD-nya sendiri juga sudah didesain secara mudah untuk digunakan atau tidak perlu lagi mencopot casing untuk dapat meletakkannya. Vivo telah mendesain slot microSD tersebut menyatu bersama dengan slot SIM Card-nya yang dapat diakses dari sisi samping perangkat.

Tidak hanya ROM-nya saja yang berkapasitas besar, RAM Vivo Y3s ini juga cukup besar yaitu 4GB. Dengan RAM yang besar ini, maka ketika perangkat digunakan untuk beraktivitas atau membuka banyak aplikasi, maka tidak akan terlalu memberatkan dan membuat macet atau lag.

3 warna Vivo Y3s semuanya terinspirasi dari alam
3 warna Vivo Y3s semuanya terinspirasi dari alam

4. Desain Cantik dengan 3 Warna Pilihan yang Menarik

Beranjak ke masalah desainnya, Vivo Y3s masih menggunakan desain dari Vi Y3. Desainnya terkesan sleek dan elegan. Setiap ujung-ujung dan sisi-sisinya didesain tumpul agar tidak membuat penggunanya merasa tidak nyaman ketika menggenggamnya dalam waktu lama.

Casingnya sampai dengan frame samping perangkat terbuat dari plastik keras polycarbonate yang cukup kuat ketika menerima benturan secara minor. Terdapat 3 warna pilihan untuk Vivo Y3s ini, yaitu Sea Breeze yang terinspirasi dari kemisteriusan warna laut dalam. Warna kedua adalah Dark Night Blue yang terinspirasi dari biru langit malam serta warna ketiga adalah Crimson Jade yang menggunakan pendaran dari giok berwarna merah marun.

Layarnya sangat kuat dan tahan terhadap tetesan air selama 30 menit non-stop
Layarnya sangat kuat dan tahan terhadap tetesan air selama 30 menit non-stop

5. Layar Lebar yang Melegakan Saat Dipakai Bermain Game

Layar yang dimiliki Vivo Y3s ini berjenis IPS LCD dengan ukuran 6,35 inci. Rasio untuk screen-to-body nya mencapai 89,04 persen dan pada layar hanya terdapat lengkungan waterdrop notch di bagian atas. Dan secara keseluruhan, layar dari Vivo Y3s ini akan sangat melegakan ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game karena terkesan tidak ada batas yang mengganggu saat penggunaan.

Resolusi dari layarnya sendiri adalah 720 x 1544 pixel dengan tingkat densitas sebesar 268 ppi. Dan yang membuat menarik dari layar Vivo Y3s ini adalah terdapatnya teknologi smart water drop yang dapat menerima tetesan air selama 30 menit tanpa henti dan layarnya tetap dapat digunakan secara normal.

Fasilitas kamera pada Vivo Y3s baik yang di depan atau belakang sudah disupport oleh teknologi AI di dalamnya
Fasilitas kamera pada Vivo Y3s baik yang di depan atau belakang sudah disupport oleh teknologi AI di dalamnya

6. Kamera dengan Dukungan Teknologi AI untuk Abadikan Kecantikan Dunia

Seperti halnya yang dimiliki Vivo Y3, Vivo Y3s ini juga dilengkapi dengan 3 buah lensa kamera yang terdapat di depan dan belakang. Untuk yang terletak di bagian belakang, terdapat lensa kamera utama dengan resolusi sebesar 13MP. Lensa kamera utamanya ini sudah support dengan PDAF yang akan sangat berguna ketika dipakai memotret untuk menangkap detail objek utama. Sedangkan lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 2MP yang berfungsi sebagai lensa depth-of-field.

Beralih ke bagian depan, terdapat satu lensa dengan resolusi sebesar 8MP yang didedikasikan sebagai media untuk selfie, video call atau juga untuk mengakses fitur Face Wake Up. Lensa kamera depannya ini sudah didukung dengan teknologi AI di dalamnya agar hasil yang didapat lebih bagus serta terdapat tambahan banyak fitur lain yang dapat digunakan untuk mengedit warna kulit, kecerahan sampai dengan karakter wajah sesuai dengan yang diinginkan.

Fasilitas Game Box di dalamnya dapat membantu pengguna untuk mengontrol segala hal sekaligus
Fasilitas Game Box di dalamnya dapat membantu pengguna untuk mengontrol segala hal sekaligus

7. Game Box untuk Berikan Pengalaman Nge-game Sebenar-benarnya

Ya, Vivo Y3s ini memang bukan merupakan smartphone gaming, tapi bukan berarti tidak dapat dipakai untuk memainkan game-game mobile pada umumnya. Dengan chipset, GPU, prosesor, teknologi AI, RAM dan ROM di dalamnya, maka pengguna akan mendapatkan pengalaman menarik ketika bermain game mobile memakai smartphone ini.

Ditambah lagi Vivo telah menyematkan Game Box di dalamnya yang berfungsi sebagai pengatur sistem agar smartphone dan juga game dapat berjalan mulus. Dalam artian bahwa Game Box ini tidak hanya dapat meningkatkan performa mesin ketika digunakan untuk bermain game, juga dapat mengatur temperatur di dalam smartphone serta mengawasi aplikasi lain yang bekerja di balik layar dan mengonsumsi daya baterai secara berlebih.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y3s

Kelebihan

Kelebihan utama yang dimiliki Vivo Y3s tentu saja terletak pada baterainya yang berkapasitas besar. Vivo Y3s ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang sangat aman ketika digunakan di luar ruangan tanpa harus repot membawa powerbank atau sejenisnya. Selain baterai, kelebihan lain yang dimiliki Vivo Y3s adalah pada kapasitas RAM dan ROM-nya yang relatif besar untuk ukuran smartphone kelas mid-range. Dengan kapasitas besar itu, maka selain sistem akan berjalan dengan lancar, pengguna juga tidak harus repot memindahkan data ketika internal sudah kepenuhan.

Kekurangan

Kekurangan Vivo Y3s yang pertama terletak pada bobot perangkat yang cukup berat, yaitu 190,5 gram di mana banyak produk smartphone lain yang lebih ringan di pasaran. Selain itu, smartphone satu ini menggunakan layar berjenis IPS LCD yang kualitasnya masih di bawah AMOLED. Kekurangan ketiganya adalah smartphone ini bukan tergolong produk yang tahan banting walaupun pada layarnya sendiri memiliki kekuatan untuk ditetesi air selama 30 menit secara terus menerus. Dan kekurangan selanjutnya adalah resolusi lensa kamera utamanya tergolong kecil untuk ukuran smartphone kelas menengah.

hp Vivo Y3s
Vivo Y3s adalah smartphone kelas mid-range dengan kemampuan bagus dan miliki desain elegan

Review Akhir Vivo Y3s

Vivo Y3s dirilis Vivo mendekati akhir bulan Oktober 2020. Dengan pasar utama di Cina daratan, Vivo berharap dapat mendulang keuntungan karena segmen yang disasar adalah pengguna mobile kelas menengah. Untuk spesifikasinya sendiri, Vivo Y3s ini menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,35 inci yang kuat terhadap tetesan air secara terus menerus selama 30 menit. Bagian dapur pacunya juga cukup bagus untuk digunakan multi-tasking ataupun bermain game mobile pada umumnya. Smartphone ini dilengkapi dengan 2 lensa kamera di belakang dan 1 lensa di bagian depan. Yang diunggulkan dari smartphone ini adalah baterainya yang berkapasitas besar, 5000 mAh yang dapat dipakai selama seharian penuh hanya dengan sekali pengisian saja.

Artikel: Vivo Y3s – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com.cn

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here