Vivo Z5

hp vivo z5
Vivo Z5 merupakan smartphone kelas menengah yang memiliki spesifikasi hebat

Vivo Z5 merupakan salah satu produk yang dirilis Vivo di penghujung bulan Juli 2019. Smartphone kelas menengah satu ini dilengkapi dengan layar yang cukup besar, 6,38 inci dengan resolusi 2340 x 1080 pixel Full HD+ yang mampu menampilkan sampai 16 juta warna. Jenis layar yang digunakannya adalah Super AMOLED yang kerap digunakan oleh salah satu kompetitornya, Samsung.

Fasilitas kamera yang dimilikinya secara total berjumlah 4 buah yang mana 1 terdapat di bagian depan dan 3 di sisi belakang. Untuk lensa kamera depannya memiliki resolusi sebesar 32MP yang sangat cocok digunakan berswafoto. Terlebih sudah ada teknologi artificial intelligence (AI) yang membuat hasil foto bertambah bagus lagi. Untuk kamera utamanya yang terletak di belakang memiliki resolusi sebesar 48MP.

Dapur pacu yang dimiliki pun tidak main-main dan bahkan merupakan idola dari para gamer karena terkenal cepat dan memiliki performa bagus. RAM dan ROM yang tersemat di dalamnya pun cukup besar, ditambah dengan kolaborasi Android 9.0 Pie dan Funtouch OS 9.1 UI membuat tampilan dari perangkat mobile satu ini menjadi menarik.

Harga Vivo Z5

Dikarenakan masih tergolong produk baru, maka dari itu pemasaran Vivo Z5 ini masih sangat terbatas. Smartphone satu ini tercatat baru dapat ditemui di pasaran Cina dan India saja untuk sekarang ini. Untuk masalah harganya, Vivo menyediakan 4 varian yang dibedakan dari besaran RAM dan ROM di dalamnya. Untuk setiap varian memiliki harga yang berbeda.

Untuk yang termurah dihargai sebesar Rp3,1 jutaan, sedangkan yang termahal dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dijual dengan harga Rp4,5 jutaan. Bagi yang tertarik untuk membelinya, maka dapat memesan langsung melalui website resmi Vivo ataupun mengikuti pre-order yang digelar oleh beberapa toko online atau e-commerce di Tanah Air.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Vivo Z5

Nama model Vivo Z5
Kode produksi V1921A, V1921T
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi Agustus 2019
Jaringan GSM/ WCDMA/ CDMA/ TD-SCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)
Internal
Dimensi 159.53 x 75.23 x 8.13 mm
Berat 187 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis Super AMOLED (Capacitive multi-touch)
Ukuran 6,38 inci (screen-to-body ratio 83,23%)
Resolusi 2340 × 1080 pixel Full HD+ (~404 ppi)
Perlindungan
Model Bezelless dengan waterdrop notch, Always-On display
Eksternal
Sistem Operasi Android 9.0 Pir
User Interface (UI) Funtouch OS 9.1
Chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB/ 128GB (dapat ditambah sampai 256GB dengan microSD)
RAM 6GB/ 8GB
Kamera
Depan 32MP
Fitur Panorama, Night Scene, AI Beauty
Belakang 48MP + 8MP + 2MP
Fitur Panorama, Night Scene, AI Beauty, Short Video, AR Shoot, Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus, Continuos Shooting, HDR
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Accelerometer, Gravity sensor, Photosensitive sensor, Proximity, Gyro, Electronic compass
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN 802.11 a/ac/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
NFC Tidak
GPS A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Radio FM radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4500 mAh
Warna Aurora illusion, Holographic illusion, Bamboo Forest Night
Harga
  • RAM 6GB/ROM 64GB = CNY1598 (Rp3,1 jutaan)
  • RAM 6GB/ROM 128GB = CNY1898 (Rp3,7 jutaan)
  • RAM 6GB/ROM 256GB = CNY1998 (Rp3,9 jutaan)
  • RAM 8GB/ROM 128GB = CNY2298 (Rp4,5 jutaan)

Fitur Unggulan Vivo Z5

Layar lebar dan imersif

Vivo Z5 hadir dengan layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,38 inci. Seperti yang banyak orang ketahui, layar berjenis Super AMOLED memiliki kualitas sangat bagus, terang, jernih dan mampu menampilkan warna yang cerah. Dan memang pada tingkat kecerahan rata-rata, cahaya yang terpancar dari layarnya cukup terang. Walaupun begitu, dikarenakan terdapatnya mode eye protection yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dan membuat pandangan lebih nyaman.

spesifikasi vivo z5 dengan resolusi kamera 48 mp
Kamera utama dari Vivo Z5 memiliki resolusi sebesar 48MP yang telah disokong teknologi AI

3 Lensa kamera berkualitas

Seperti yang disinggung di paragraf atas, terdapat 3 lensa kamera pada bagian belakang perangkat mobile satu ini. Untuk lensa kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP yang telah disokong oleh teknologi AI di dalamnya. Tidak hanya teknologi AI saja, terdapat juga teknologi Remosaic ultra-clear yang mampu membuat hasil foto menjadi sangat jernih.

Sedangkan untuk lensa kamera keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP dan berfungsi sebagai pengambil gambar melebar atau super wide-angle dalam mode panorama atau landscape. Lensa super wide-angle yang dimiliki Vivo Z5 ini mampu mengambil gambar sangat lebar sampai dengan 120 derajat. Dan untuk lensa kamera ketiganya yang memiliki resolusi sebesar 2MP berfungsi untuk menyelami kedalaman gambar yang mampu membuat hasil foto nampak sangat tajam (depth sensor).

Ketika digunakan untuk memotret di tempat yang kurang pencahayaan atau juga saat malam hari, hasilnya pun tidak mengecewakan karena terdapat fasilitas Super Night View 2.0 dan Super Backlight di dalamnya. Keduanya mampu mengatasi masalah pencahayaan secara mudah. Dan satu hal yang menarik adalah terdapatnya teknologi Super HDR yang dapat mereduksi tingkat noise yang muncul.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Lensa kamera depan 32MP Ultra clear self-timer

Lensa kamera depan dari Vivo Z5 ini memiliki resolusi sebesar 32MP ultra clear self-timer. Tidak hanya berkualitas saja, fasilitas kameranya ini juga mampu mendeteksi 103 mimik wajah. Selain mendapatkan sokongan dari teknologi artificial intelligence, fitur kamera depannya ini juga dilengkapi dengan teknologi Huanyan Camera yang dapat mempertegas garis wajah dan sedikit mirip dengan mode AI beauty.

dapur pacu yang cocok untuk bermain game
Dapur pacu Vivo Z5 sangat bertenaga dan memiliki performa bagus untuk bermain game

Dapur pacu jempolan

Seperti halnya mayoritas smartphone kelas menengah lainnya, Vivo Z5 ini sudah menggunakan operating system Android 9.0 Pie. Tentunya banyak fitur-fitur menarik yang dimiliki sistem operasi milik Google tersebut. Tidak hanya itu saja, Vivo masih menambahkan user interface (UI) atau sistem antarmuka Funtouch OS 9.1 yang menawarkan tampilan minimalis nan indah.

Sedangkan untuk dapur pacunya, Vivo telah menyematkan chipset Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) yang mana menjadi idola para gamer. Dikatakan begitu karena chipset satu ini memiliki performa tinggi dan kecepatan yang sangat baik yang mana bagus ketika digunakan untuk bermain game-game mobile.

Untuk prosesornya sendiri, Vivo Z5 menggunakan Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616. Agar sistem dapat berjalan lebih smooth, terdapat RAM sebesar 6GB atau 8GB. Sedangkan internal storage untuk penyimpanan data dan tempat sistemnya berkapasitas 64GB atau 128GB.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa dapur pacu, terutama chipset dari Vivo Z5 ini merupakan kesukaan pada gamer, maka Vivo menambahkan Multi-Turbo di dalamnya agar lebih membuat performa mesin cepat dan anti-lelet saat dipakai untuk bermain.

Pihak Vivo sendiri mengklaim bahwa dengan Multi-Turbo terbaru ini, maka kecepatan APP meningkat sebanyak 20 persen dibandingkan model sebelumnya. Bahkan saat kualitas jaringan Wi-Fi menurun, maka secara cepat sistem akan berpindah secara perlahan ke jaringan 4G agar game online mobile tetap dapat dimainkan.

Penyokong lain untuk urusan gamingnya adalah terdapatnya 4D Game Shock 2.0 yang mampu menghasilkan suara menggelegar 3D. Bahkan dengan teknologi tersebut, efek suara yang dihasilkan sangat bagus.

fitur fingerprint vivo yang cepat dan akurat
Fitur fingerprint sensor di Vivo Z5 ini sangat cepat dan akurat

Fingerprint sensor

Untuk urusan pengamanannya, Vivo telah menambahkan sensor pemindai sidik jari atau fingerprint sensor yang akan ‘tenggelam’ ketika digunakan atau saat perangkat dalam keadaan aktif. Tingkat keakuratannya sangat tinggi dan juga peka. Hanya membutuhkan waktu 0,33 detik saja untuk proses pemindaiannya.

Ketika Vivo Z5 ini dari posisi non-aktif dan ingin diaktifkan, maka Anda hanya perlu menggeser di layarnya saja, lantas akan muncul lingkaran kecil di bawah layar. Lingkaran tersebut adalah fitur fingerprint sensor. Saat alur sidik jari yang membuka perangkat tidak sesuai dengan yang sudah terekam di memori sistem, maka Vivo Z5 akan secara otomatis terkunci.

Bagi Anda yang masih ingin memberikan pengamanan berlebih maka dapat menggunakan fitur face unlock atau juga memakai sistem pengamanan bawaan Android, yaitu pattern atau keyword.

Jovi AI

Satu hal yang menarik yang dipunyai Vivo Z5 adalah terdapatnya asisten digital bernama Jovi AI. Dengan menggunakan Jovi, maka Anda dapat mengoperasikan perangkat melalui perintah suara saja, seperti membuat catatan, mengaktifkan aplikasi tertentu sampai dengan mengaktifkan GPS dan lain sebagainya secara mudah dan cepat.

Untuk mengaktifkan Jovi, Anda tidak perlu repot-repot membukanya melalui menu di perangkat, melainkan Vivo sudah menambahkan tombol khusus untuknya yang terletak di sisi sebelah kanan berdekatan dengan tombol power atau tombol volume.

kapasitas baterai di atas rata-rata
Kapasitas baterai Vivo Z5 di atas rata-rata smartphone kelas menengah pada umumnya

Baterai berkapasitas besar

Salah satu keunggulan yang dimiliki Vivo Z5 adalah baterainya yang memiliki kapasitas besar. Baterainya yang berjenis non-removable dan terbuat dari Lithium Polymer tersebut memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh yang mana telah support dengan teknologi fast charging 22,5W. Dengan menggunakan teknologi pengisian cepat ini, maka Anda dapat mengisi ulang baterainya dari posisi 0 ke 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Bahkan sembari mengisi ulang baterainya, Anda masih dapat menggunakan Vivo Z5 ini untuk mengoperasikan aplikasi, bermain game atau juga menelepon tanpa harus takut terjadi masalah atau konsleting pada internal perangkat.

Perbandingan Vivo Z5 dengan Oppo K3, Realme X dan Xiaomi Mi 9 SE

vivo z5 vs oppo k3
Oppo K3 © oppo.com

Vivo Z5 vs Oppo K3

Memang jika melihat dari sisi besaran layarnya, layar Oppo K3 lebih besar (6,5 inci) dibandingkan dengan yang dimiliki Vivo Z5 (6,38 inci), hanya saja jenis layar yang digunakan oleh produk Vivo tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan K3, Super AMOLED vs AMOLED. Ditambah lagi kerapatan antar-pixel Vivo Z5 juga lebih tinggi dibandingkan dengan Oppo K3.

Sama-sama menggunakan GPU Adreno 616 dengan RAM 6dan 8GB, chipset serta prosesor Z5 lebih cepat dibandingkan K3. Chipset dan prosesor yang digunakan Oppo K3 adalah satu tingkat di bawah chipset dan prosesor yang dimiliki Vivo Z5. Untuk masalah fasilitas kameranya, Vivo Z5 kembali unggul. Bahkan kapasitas baterai dari Vivo Z5 ini lebih besar dari yang dipunyai Oppo K3.

vivo z5 vs realme x
Realme X © realme.com

Vivo Z5 vs Realme X

Mirip seperti halnya Oppo K3, Realme X unggul di sisi besaran layarnya, namun ketika membandingkan dari jenis layar dan kerapatan antar-pixelnya, Vivo Z5 menjadi pemenangnya. Tidak hanya di bagian layarnya saja, di sisi dapur pacunya pun, Realme X masih harus mengakui kemenangan Vivo Z5.

Memang kamera utama dari Realme X memiliki resolusi yang sama besar dengan yang dipunyai Vivo Z5, akan tetapi dari jumlah total lensanya, Vivo Z5 lebih unggul dari produk Realme itu. Kembali Realme X harus kalah dari Vivo Z5 ketika dibandingkan dari sisi besaran kapasitas baterainya, 3765 mAh vs 4500 mAh.

vivo z5 vs xiaomi mi 9 se
Xiaomi Mi 9 SE © mi.com

Vivo Z5 vs Xiaomi Mi 9 SE

Memiliki bobot yang lebih ringan dan juga tubuh lebih tipis dan kecil dibandingkan Vivo Z5, Xiaomi Mi 9 SE nampaknya menjadi lawan yang seimbang untuk produk dari Vivo tersebut. Bahkan ukuran layar Mi 9 SE ini juga lebih kecil akan tetapi tingkat kerapatan antar-pixelnya jauh lebih tinggi.

Untuk masalah dapur pacu sampai dengan besaran RAM serta ROM-nya, kedua perangkat dapat dikatakan seimbang. Namun Vivo Z5 mendapatkan pukulan telak ketika dibandingkan dari sisi kamera belakangnya. Hanya saja, Vivo Z5 kembali unggul saat dibandingkan dari kapasitas baterainya. Mi 9 SE hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3070 saja, jauh di bawah yang dimiliki Vivo Z5.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z5

Kelebihan

Walaupun tidak masuk dalam daftar smartphone kelas premium mid-range atau hanya berada di level mid-range saja, akan tetapi Vivo Z5 ini bukanlah perangkat mobile yang dapat diremehkan. Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki perangkat mobile satu ini, seperti contohnya adalah pada layarnya yang berjenis Super AMOLED yang lebar.

Selain lebar, layarnya juga memiliki kualitas bagus dan sangat imersif. Ketajaman, kejernihan, saturasi sampai dengan tingkat detail gambar yang ditampilkan di layarnya pun sangat menawan. Tidak hanya itu saja, saat digunakan di bawah sinar matahari langsung, layarnya tidak berubah pucat dan semua yang tertampil masih dapat dilihat dengan jelas tanpa harus meningkatkan tingkat brightness-nya.

Kelebihan kedua adalah terletak pada chipsetnya yang memang jagoan. Dikatakan begitu karena kolaborasi antara chipset, prosesor, GPU, RAM dan ROM-nya membuat perangkat berjalan sangat smooth dan bertenaga. Bahkan ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi pun tidak ada masalah berarti.

Kelebihan lain yang sangat menonjol adalah baterainya yang memiliki kapasitas 4500 mAh. Dengan besarnya kapasitas baterai ini, maka Anda tidak perlu khawatir mengalami mati perangkat secara tiba-tiba saat sedang menggunakannya untuk beraktivitas.

Kekurangan

Tentu saja selain kelebihan, Vivo Z5 juga mempunyai kekurangan. Contoh kekurangan yang dimiliki Vivo Z5 ini adalah tidak terdapatnya OIS atau Optical Image Stabilization yang dapat membuat lensa kamera mampu mengunci objek dengan sempurna walaupun sedang dalam mobilitas tinggi. Bahkan tidak ada penjelasan apapun apakah Vivo Z5 ini juga dilengkapi dengan EIS atau Electronic Image Stabilization atau tidak.

Kekurangan kedua adalah tidak terdapatnya fasilitas NFC yang sudah menjadi hal jamak di dunia smartphone kelas menengah. Selain itu, Vivo Z5 juga tidak dilengkapi dengan fitur wireless charger. Dan satu hal yang cukup mengecewakan adalah pengguna dari perangkat mobile satu ini masih harus menambahkan tempered glass di layarnya karena Vivo ternyata tidak menambahkan pelindung layar, seperti Gorilla Glass atau lainnya. Jadi akan sangat berisiko sekali ketika terjadi benturan atau goresan pada layar.

Review Akhir Vivo Z5

hp vivo z5
Vivo Z5 merupakan smartphone kelas menengah yang memiliki spesifikasi hebat

Vivo Z5 merupakan salah satu smartphone terbaru dari Vivo yang mana menggunakan operating system Android 9.0 Pie. Selain itu, di dalamnya juga terdapat prosesor Octa Core serta chipset Qualcomm Snapdragon 712 yang menjadi andalan para gamer. Tidak hanya itu, agar sistem yang terdapat di dalamnya dapat berjalan dengan mulus dan lancar, Vivo telah melengkapi produk mobilenya ini dengan RAM sebesar 6GB dan 8GB.

Untuk layarnya, smartphone ini menggunakan Super AMOLED dengan kerapatan antarpixelnya mencapai 404 ppi. Terdapat 3 kamera di bagian belakang dengan lensa utama yang memiliki resolusi sebesar 48MP dan kamera depannya memiliki resolusi 32MP. Baterainya berkapasitas 4500 mAh. Untuk sementara ini, Vivo Z5 masih belum hadir di pasaran Tanah Air.

Vivo Z5 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: vivo.com & yang tertera pada caption gambar

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here