Xiaomi Mi 9 Lite

hp xiaomi mi 9 lite
Xiaomi Mi 9 Lite merupakan smartphone kelas menengah yang memiliki banyak fasilitas hebat di dalamnya

Xiaomi Mi 9 Lite merupakan produk lanjutan setelah vendor asal Negeri Tirai Bambu, Cina, itu merilis Xiaomi Mi 9T dan Redmi Note 7, pada bulan September 2019. Produk ini menyasar para pengguna yang haus akan teknologi dengan gadget kekinian, namun harga yang terjangkau.

Smartphone satu ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 710, prosesor Octa-core dan GPU Adreno 640. RAM dan ROM yang dimilikinya pun cukup besar. Mi 9 Lite tersebut juga memiliki layar berukuran 6,39 inci berjenis AMOLED FHD+ yang sangat jernih. Pada bagian bawah layarnya, terdapat sensor pemindai sidik jari yang peka, cepat dan akurat.

Total ada 4 lensa kamera yang tersemat di tubuh Xiaomi Mi 9 Lite ini yang mana 3 terletak di belakang dan 1 tersemat di depannya. Fasilitas kamera belakang dan depannya memiliki resolusi yang cukup besar dan sangat bagus ketika digunakan untuk memotret atau merekam sesuatu obyek atau momen. Baterai yang dipunyai memiliki kapasitas sebesar 4030 mAh dan perangkat mobile ini telah support dengan teknologi fast charging 18W.

Harga Xiaomi Mi 9 Lite di Indonesia

Sejak diperkenalkan sekaligus dirilis di awal bulan September 2019, Xiaomi Mi 9 Lite sudah banyak diluncurkan di banyak negara, terutama di Eropa dan beberapa negara di Asia. Sayangnya, smartphone mid-range ini belum juga datang ke pasaran Indonesia yang mana membuat siapa saja yang ingin membelinya harus memesannya secara online dan tentu saja menjadi harganya bertambah tinggi karena terkena pajak dan ongkos kirim.

Dan sekadar informasi mengenai harganya, Xiaomi Mi 9 Lite ini dijual dengan harga USD385 di pasaran Eropa atau jika dikurskan ke dalam Rupiah menjadi sekitar Rp5,45 jutaan. Belum ada informasi kapan perangkat mobile tersebut hadir ke pasaran Tanah Air.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

Nama model Xiaomi Mi 9 Lite
Kode produksi MI9LITE
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ WCDMA/ TD-SCDMA / LTE (LTE-FDD/ LTE-TDD)
Eksternal
Dimensi 74,5 x 156,8 x 8,67 mm
Berat 179 gram
SIM Card Hybrid Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis AMOLED (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,39 inci (screen-to-body ratio 91%)
Resolusi 1080 x 2340 FHD+ Pixel (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan waterdrop notch
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI V10.2
Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 640
ROM UFS Storage 2.1 128GB
RAM LPDDR4x 6GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 32MP
Fitur AI portrait, Panorama selfie, Palm shutter, HDR, Selfie timer, Facial Recognition, Eye light, AI Beautify, AI makeup, AI scene detection, AI studio lighting
Belakang 48MP + 8MP + 2MP
Fitur Autofocus, Continuous shooting, Optical image stabilization, Geotagging, Panorama, HDR, Touch focus, Face detection (face unlock)
Loundspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Proximity, Light, Accelerometer, Compass, Gyroscope
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LELow, EDR, HID
USB Type-C USB v2.0
NFC Ya
GPS A-GPS, Beidou, Galileo, GLONAS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non-removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4030 mAh (support fast charging 18W)
Warna Pearl White, Onyx Grey, Aurora Blue
Harga USD385 (Rp5,45 jutaan)

Fitur Unggulan Xiaomi Mi 9 Lite

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite Dilengkapi Reading Mode
Terdapat banyak mode untuk fasilitas layarnya ini, seperti salah satunya adalah Reading Mode

Layar berkualitas seperti yang digunakan Xiaomi Mi 9

Walaupun duduk di kelas mid-range, namun ternyata Xiaomi tidak sekenanya saja memproduksi produk mobilenya satu ini. Hal tersebut terbukti dengan dilengkapinya Xiaomi Mi 9 Lite dengan layar yang sangat berkualitas seperti yang digunakan di Xiaomi Mi 9. Layar AMOLED yang digunakan Mi 9 Lite ini memiliki ukuran 6,39 dengan resolusi sebesar 1080 x 2340 pixel dan memiliki kerapatan antar-pixel sampai dengan 403 ppi.

Layarnya ini selain memiliki kualitas yang bagus juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilias lain, seperti HDR Display, Always-On Display, Reading mode, Standard mode sampai dengan Night mode. Untuk perlindungannya, Xiaomi menggunakan produk buatan Corning, yaitu Corning Gorilla Glass 5. Selain memiliki Night mode, layarnya juga dilengkapi dengan teknologi yang mana dapat membuat semua yang tertampil di layarnya akan tetap dapat terlihat jelas atau terbaca secara sempurna saat digunakan di bawah sinar matahari.

Kuat dan berkualitas, layarnya juga masih dilengkapi dengan fasilitas anti-fingerprint yang dapat membuat permukaannya menjadi kotor. Tidak hanya anti-fingerprint atau sidik jari, layarnya juga dilengkapi dengan fasilitas khusus yang dapat membuatnya tahan terhadap minyak. Layarnya pun telah mengantongi sertifikat VDE Blue-Light dari Jerman yang mana menandakan bahwa produk tersebut telah lolos uji dan tidak akan membuat mata penggunanya menjadi terkendala atau bahkan sakit.

Hasil foto menggunakan lensa kamera utamanya sangat bagus dan juga tajam
Hasil foto menggunakan lensa kamera utamanya sangat bagus dan juga tajam

3 Lensa kamera AI yang mampu menghasilkan foto dengan jelas dan detail

Terdapat 3 lensa pada bagian belakang dari perangkat mobile satu ini. 3 lensa tersebut memiliki resolusi dan fungsi sendiri-sendiri. Lensa kamera utamanya menggunakan sensor buatan Sony, yaitu Sony IMX586 Exmor RS berjenis CMOS BSI dengan aperture f/1.79. Dengan lensa yang memiliki resolusi sebesar itu, maka hasil foto yang diambil sangat detail dan jernih.

Sedangkan untuk lensa keduanya memiliki resolusi sebesar 8MP yang mana berfungsi sebagai ultra wide-angle lens. Dengan menggunakan lensa ini, maka Anda dapat mengambil foto sebuah tempat atau juga memotret banyak orang secara bersamaan dengan maksimal sudut sebesar 118 derajat. Dan untuk lensa ketiganya memiliki resolusi sebesar 2MP yang bertugas untuk mengeluarkan sisi detail dari sebuah foto.

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

Fasilitas kamera depan sekelas flagship

Fasilitas lensa kamera depan dari Xiaomi Mi 9 Lite ini memiliki resolusi sebesar 32MP yang merupakan standar flagship. Tentunya dengan resolusi sebesar itu maka dapat membuat para pencinta selfie menjadi semakin ketagihan dalam berswafoto. Hasil fotonya pun dapat mencapai resolusi ultra, yaitu sebesar 6560 × 4928 pixel.

Selain mode standar pada umumnya saja, terdapat pula mode AI atau artificial inteligence di dalam perangkat mobile ini. Dengan AI Portrait Mode tersebut maka Anda dapat melakukan swafoto dengan focus pada diri Anda, sedangkan bagian belakang menjadi kabur. Tidak hanya itu saja, terdapat juga filter-filter yang dapat Anda gunakan secara mudah dan cepat dengan hanya satu kali pemencetan tombol saja.

Yang paling menarik adalah terdapatnya AI Skyscaping yang dapat membuat gulungan awan di langat yang mana dapat membuat dramatis sebuah foto dapat dimunculkan dengan mudah.

Selain cukup andal digunakan untuk melakukan tugas umum, dapur pacunya juga hebat saat dipakai nge-game
Selain cukup andal digunakan untuk melakukan tugas umum, dapur pacunya juga hebat saat dipakai nge-game

Prosesor Octa-core dan chipset Snapdragon 710 dengan Dual Turbo Boost

Beranjak ke sisi internalnya, Xiaomi Mi 9 Lite ini dilengkapi dengan dapur pacu yang andal. Bahkan chipset yang digunakan merupakan idola para gamer karena memiliki performa bagus serta cepat. Chipset yang disematkan di dalam Mi 9 Lite ini adalah Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm) dengan prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) serta GPU atau kartu grafis Adreno 640.

Dan agar dapat menyimpan data-data yang terkait dengan sistem, maka Mi 9 Lite ini juga dilengkapi dengan ROM sebesar 128GB dengan RAM 6GB. Tentunya dengan RAM sebesar itu, maka sistem akan berjalan sangat lembut dan terhindari dari time lags, terutama ketika perangkat digunakan untuk bermain game. Dan agar baterai yang digunakan tidak lekas habis, Xiaomi mengatakan bahwa dapur pacunya mampu mereduksi kebutuhan akan daya listrik sampai dengan 10 persen.

Berbicara masalah game, chipset dari Mi 9 Lite ini juga sangat andal dan sangat cepat yang mana masih ditambah lagi dengan keberadaan Game Turbo 2.0 dan Mi Turbo di dalamnya. Mi Turbo sendiri diklaim mampu meningkatkan performa sampai batas maksimal. Sedangkan Game Turbo 2.0 tersebut berfungsi untuk meningkatkan perfroma mesin.

Perangkat mobile ini sudah support dengan teknologi pengisian cepat 18W
Perangkat mobile ini sudah support dengan teknologi pengisian cepat 18W

Baterai berkapasitas besar dan tahan seharian

Dengan spesifikasi yang bagus seperti itu, maka tak heran jika nantinya akan ada pengguna dari Xiaomi Mi 9 Lite tersebut akan menggunakan perangkat dalam berbagai hal dan selama berjam-jam. Dan dikarenakan dipakai seharian, maka secara logika baterai yang dimiliki akan habis, namun uniknya, hal tersebut tidak terjadi di Mi 9 Lite ini. Usut punya usut ternyata alasannya adalah selain dapur pacunya yang hemat baterai, terdapat juga teknologi khusus yang telah dipersiapkan untuk mengelola besaran daya baterai yang dialirkan ke sistem-sistem yang membutuhkan secara merata.

Baterai yang digunakan Mi 9 Lite berjenis non-removable yang terbuat dari Lithium Polymer dengan kapasitas sebesar 4030 mAh. Diklaim bahwa ketika diujicobakan, baterainya mampu bertahan sampai dengan 2 hari lamanya dalam posisi 100 persen untuk pemakaian yang normal saja. Selain itu, Mi 9 Lite juga support dengan teknologi pengisian baterai secara cepat.

Xiaomi Mi 9 Lite VS Oppo Reno Z/Nokia X71/ASUS ZenFone 5Z ZS620KL

Xiaomi Mi 9 Lite vs Oppo Reno Z (Rp 5.065.700)

Oppo Reno Z © oppo.com
Oppo Reno Z © oppo.com

Dari sisi eksternalnya, seperti dimensi total, ketebalan, bobot, jenis layar, resolusi sampai dengan kerapatan antar-pixelnya kurang lebih sama, namun ketika membandingkan keduanya dari sisi dapur pacu, nampaknya chipset yang dimiliki Xiaomi Mi 9 Lite harus bersusah payah untuk dapat mengejar kecepatan chipset Oppo reno Z. Kekurangan Helio P90 yang digunakan Reno Z dari Snapdraon 710 milik Mi 9 Lite adalah saat digunakan untuk mengunduh sesuatu.

Dari sisi fasilitas kameranya, memang Oppo Reno Z juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 32MP dan memiliki lensa kamera utama dengan resolusi sebesar 48MP, akan tetapi dari total lensa yang tersemat, Mi 9 Lite lebih unggul.

Nokia X71 © nokia.com
Nokia X71 © nokia.com

Xiaomi Mi 9 Lite vs Nokia X71 (Rp 4.999.000)

Nokia X71 merupakan smartphone terbaru besutan Nokia yang dirilis pada bulan April 2019. Ketika bertarung melawan Xiaomi Mi 9 Lite, smartphone satu ini nampaknya harus sedikit bersusah payah untuk mengimbangi kehebatan produk dari Xiaomi tersebut.

Dikatakan begitu karena memang dari sisi dimensi sampai besaran layarnya, kedua perangkat memiliki kesamaan, namun jenis layar yang digunakan Mi 9 Lite lebih bagus, AMOLED vs IPS. Dan lagi lensa kamera depan X71 juga masih kalah besar resolusinya dibandingkan yang dimiliki Mi 9 Lite. Terlebih lagi kapasitas baterai yang dipunyai produk dari Nokia itu juga terlalu rendah, di mana baterai Mi 9 lite sudah lebih dari 4000 mAh.

ASUS ZenFone 5Z (ZS620KL) © asus.com
ASUS ZenFone 5Z (ZS620KL) © asus.com

Xiaomi Mi 9 Lite vs ASUS ZenFone 5Z (ZS620KL) (Rp4.848.000)

Terpaut satu tahun lebih dari perilisannya, mungkin itu salah satu sebab ASUS ZenFone 5Z (ZS620KL) kurang dapat mengimbangi kehebatan dari Xiaomi Mi 9 Lite. Contohnya saja dari sisi jenis layar yang digunakan, ZenFone 5Z menggunakan layar IPS LCD, sedangkan Mi 9 Lite sudah AMOLED.

Selain kalah pada perbandingan layar, produk besutan Asus tersebut juga harus tertunduk ketika head-to-head untuk masalah operating system dan sistem antar-muka yang digunakan. Hanya saja yang membuat menarik adalah dapur paci ZenFone 5Z lebih bertenaga dan cepat jika dibandingkan Mi 9 Lite. Namun dari sisi fasilitas damera depan dan belakang, sampai dengan kapasitas baterainya, Mi 9 Lite lebih unggul atas ZenFone 5Z.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 9 Lite

Kelebihan

Desain dari Xiaomi Mi 9 Lite ini sangat elegan dan terkesan sleek karena bodynya cukup tipis. Ditambah lagi pemilihan warna yang menarik membuat smartphone tersebut semakin terlihat anggun. Bagian dan depan yang terbuat dari material kaca dengan frame samping dari aluminium, maka tampilannya terkesan seperti smartphone mahal atau kelas atas.

Selain dari sisi desain, kelebihan lain yang dimiliki Xiaomi Mi 9 Lite adalah pada layarnya. Perangkat mobile satu ini dilenglapi dengan layar AMOLED ang memiliki ukuran 6,39 inci dengan screen-to-body ratio mencapai 91 persen. Dengan besaran screen-to-body ratio tersebut, maka membuat penggunanya akan merasa sangat lega ketika menggunakan perangkat ini untuk menonton video atau bermain game.

Kelebihan lainnya adalah terletak pada dapur pacunya yang merupakan idola para gamer. Dikatakan begitu karena chipset Snapdragon 710, Adreno 616 dan juga prosesor Quad-core yang dimiliki perangkat mobile satu ini sangat bertenaga dan cepat.

Smartphone ini memiliki 4 buah lensa kamera yang tersemat di bodynya. Fasilitas kameranya tersebut juga masuk dalam kategori kelebihan yang dimiliki smartphone ini. Dikatakan begitu karena memang kualitas dan hasil dari setiap lensanya sangat menawan dan memuaskan. Dan salah satu fitur kelas atas yang ada di Mi 9 Lite ini, NFC, juga menjadi salah satu kelebihan perangkat ini.

Kekurangan

Dikarenakan porsi kelebihan yang dimiliki Xiaomi Mi 9 Lite cukup banyak, maka memangkas porsi kekurangan yang dipunyainya. Dan kekurangan pertama yang dimiliki smartphone satu ini adalah terletak pada jenis SIM Cardnya, yaitu hybrid SIM. Dikatakan masuk dalam daftar kekurangan karena SIM Card hybrid tersebut sangat merepotkan pengguna ketika harus bergantian menggunakan slot untuk SIM Card atau untuk microSD. Jadi dapat dikatakan tidak praktis.

Kekurangan kedua terletak pada tidak dimilikinya fitur wireless charging dalam smartphone satu ini. Padahal fasilitas tersebut hampir dipunyai semua smartphone kelas premium mid-range ke atas. Dan kekurangan lainnya adalah pada sisi fisiknya. Mi 9 lite ini memang telah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 5, namun tetap saja risiko yang fatal dapat terjadi kapan pun. Xiaomi Mi 9 Lite juga tidak tahan terhadap air.

Review Akhir Xiaomi Mi 9 Lite

Hp Xiaomi Mi 9 Lite
Xiaomi Mi 9 Lite merupakan smartphone kelas menengah yang memiliki banyak fasilitas hebat di dalamnya

Sebagai keluarga baru di jajaran seri Mi 9, Xiaomi Mi 9 Lite hadir di pasaran Eropa dan beberapa negara Asia untuk menyapa para penggemar mobile di kalangan menengah. Walaupun berada di posisi mid-range, Mi 9 Lite dilengkapi dengan segudang kecanggihan di dalamnya.

Sebagai contohnya saja, layarnya berjenis AMOLED yang sangat berkualitas. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan model waterdrop notch yang sedang ngetren di dunia mobile, maka desainnya semakin membuat produk satu ini menjadi lebih elegan. Tidak hanya di sisi model dan desainnya saja, dapur pacu yang dimiliki sampai dengan RAM dan ROM-nya juga tidak mengecewakan.

Fasilitas kameranya pun juga sangat bagus untuk membantu Anda dalam mengabadikan atau merekam momen-momen penting. Baterainya pun memiliki kapasitas cukup besar. Sayangnya, smartphone ini belum hadir di pasaran Indonesia. Harganya di pasaran luar sebesar Rp5,45 jutaan.

Artikel: Xiaomi Mi 9 Lite – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: mi.com

Lihat juga review HP lainnya di PortalHP.com:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here