Xiaomi Mi CC9

Hp Xiaomi Mi CC9
Xiaomi Mi CC9 adalah salah satu varian dari Mi CC series yang dirilis oleh Xiaomi di tahun 2019

Xiaomi Mi CC9 dan Xiaomi Mi CC9e adalah 2 smartphone dari keluarga Mi CC Series yang dihadirkan oleh Xiaomi di awal kuartal ketiga di tahun 2019. Mungkin agak aneh dengan nama produk yang disematkan, namun menurut informasi yang beredar, CC sendiri memiliki 2 artian, yaitu Chic & Cool” atau juga dapat diartikan sebagai “Camera & Camera.”

Terlepas dari arti kata CC tersebut dan khusus untuk Xiaomi Mi CC9, produk mobile satu ini merupakan smartphone yang dikhususkan bagi pengguna kelas menengah. Perangkat mobile ini dilengkapi dengan layar berjenis AMOLED buatan Samsung berukuran 6,39 inci yang mempunyai kerapatan antar-pixelnya cukup tinggi.

Selain itu, chipset di dalamnya adalah Snapdragon 710 (10 nm) dengan sokongan RAM dan ROM besar di dalamnya. Terdapat 4 lensa yang terbagi untuk belakang dan depan. Sesuai dengan sematan CC pada namanya yang berarti Camera & Camera, fitur kamera yang dimiliki perangkat mobile satu ini juga tidak main-main. Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP dan kamera depannya beresolusi 32MP. Baterai yang digunakan mempunyai kapasitas sebesar 4030 mAh.

Harga Xiaomi Mi CC9

Xiaomi Mi CC9 merupakan salah satu dari sekian banyak smartphone besutan Xiaomi yang sampai sekarang belum ada kepastian akankah dirilis di Indonesia atau tidak. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat membeli produk yang bersangkutan dengan cara pre-order melalui e-commerce yang ada di Indonesia.

Mengenai harganya, jika merunut para harga Mi CC9 di Cina, maka ada 2 model dengan harga berbeda yang didasarkan pada besaran RAM dan ROM-nya. Contohnya, Xiaomi Mi CC9 dengan ROM 64GB dan RAM 6GB, dijual dengan harga CYN1.799 atau sekitar Rp3,7 jutaan, sedangkan yang memiliki besaran ROM 128GB dengan RAM6GB, dibanderol dengan harga sekitar Rp4,1 jutaan atau CYN1.999.

Lihat juga spesifikasi HP lainnya di PortalHP.com:
Xiaomi Mi MIX alpha – Harga & Spesifikasi
Xiaomi Redmi Note 7 Pro – Harga & Spesifikasi
Harga dan Spesifikasi Realme 5 Pro
Harga dan Spesifikasi Samsung A30

Spesifikasi Xiaomi Mi CC9

Nama model Xiaomi Mi CC9
Kode produksi
Segmen pasar Mid-range
Diperkenalkan Juli 2019
Dirilis resmi Juli 2019
Jaringan GSM/ CDMA/ WCDMA/ TDS-SCDMA/ HSPA/ HSDPA/ FDD-LTE/ TDD-LTE
Eksternal
Dimensi 156,8 x 74,5 x 8,67 mm
Berat 179 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM)
Layar
Jenis Samsung AMOLED (German VDE)
Ukuran 6,39 inci (body ratio 91%)
Resolusi 1080 x 2340 pixel FHD + (~403 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5
Model Bezelless dengan waterdrop notch, Always-On Display
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 10
Chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
Prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
Kartu grafis Adreno 616
ROM 64GB/ 128GB/ 256GB (masih dapat ditambah lagi menggunakan microSD)
RAM 6GB/ 8GB
Kamera
Depan 32MP, f/2.0, 1.6μm
Fitur Ultra HD self timer, 3D Highlights, 3D Shadow, AI Low Light Portrait, HDR, Closed Eye Repair, Shu Shu Style, AI Beautify
Belakang 48MP (Ultra HD AI Triple Shot) + 8MP (Super wide-angle) + 2MP (Depth of field)
Fitur 3D Highlights, 3D Shadow, AI Low Light Portrait, HDR, Closed Eye Repair, Shu Shu Style, AI Beautify, Panorama
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama Distance sensing, gyro, face unlock, acceleration sensor, ambient light sensor, Infrared
Sensor sidik jari Ya (di bawah layar)
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD
USB 2.0, USB Type-C 1.0 reversible connector
NFC Ya
GPS A-GPS, Galileo, GLONASS, Beidou, Electronic compass, BDS
Radio FM Radio
Baterai
Jenis Non removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 4030 mAh (support fast charging 18W)
Warna White Lover, Blue Planet, Dark Prince
Harga Kisaran Rp3,7 jutaan ke atas

Fitur Unggulan Xiaomi Mi CC9

Spesifikasi Xiaomi Mi CC9 Desain menarik dan kekinian
Xiaomi Mi CC9 memiliki desain menarik dan kekinian

Desain Sleek dengan Perpaduan Warna Menarik

Desain pada Xiaomi Mi CC9 ini memang sekilas mirip dengan kebanyakan smartphone keluaran terbaru pada umumnya, namun jika diamati lebih mendalam, ada sedikit perbedaannya. Pada Mi CC9, hampir tidak ditemui sudut kaku yang kesemuanya dibuat tumpul. Mulai dari daerah setiap ujungnya sampai dengan sisi-sisi pembatas atas, bawah dan sampingnya.

Penamaan warna yang digunakan tersebut memiliki artian masing-masing berdasarkan pemaknaan dari Xiaomi. Contohnya saja White lover berarti warna yang terinspirasi dari putihnya salju yang menandakan kemurnian diri serta mampu membawa kesan romantis kepada siapa saja. Warna Dark blue planet sendiri terinspirasi dari riak pada permukaan danau biru yang menandakan gelora dalam hidup dan Dark night prince memiliki artian sebuah pergerakan yang misterius, energik dan muda.

Selain itu, terdapat juga efek bayangan yang akan terkesan bergerak-gerak ketika permukaannya dilihat dari arah yang berbeda. Hal tersebut karena Xiaomi menggunakan teknik hologram dalam penyematan efek bayangan tersebut.

Ringan Walaupun Berbaterai Jumbo

Xiaomi Mi CC9 memiliki dimensi total 156,8 x 74,5 x 8,67 mm yang mana cukup besar ketika dalam genggaman. Walaupun besar, namun bobot dari perangkat tersebut tidak terlalu besar. Tercatat berat Mi CC9 hanyalah 179 gram saja, itupun sudah berisikan baterai di dalamnya. Dengan bobot yang ringan tersebut maka tidak akan membuat penggunanya merasa capek dalam memakainya secara rutin dalam keseharian.

Dan berbicara masalah baterai yang terdapat di dalamnya, Mi CC9 menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer dengan kapasitas daya sebesar 4030 mAh. Terlebih lagi, perangkat ini sudah support dengan teknologi fast charging 18W yang mana dalam dari posisi 0 % menuju 100 % hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja. Dan Mi CC9 ini sudah meninggalkan penggunakan port charger lama dan beralih menggunakan USB Type-C 1.0.

Xiaomi Mi CC9 memiliki layar yang besar dan sangat melegakan
Xiaomi Mi CC9 memiliki layar yang besar dan sangat melegakan

Layar Samsung AMOLED

Smartphone yang disebut-sebut mirip dengan Xiaomi Mi A3 itu menggunakan layar dengan ukuran 6,39 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixel FHD + dan memiliki tingkat kerapatan antar-pixel sebesar 403 ppi. Jenis layar yang digunakan adalah AMOLED buatan Samsung yang sudah terbukti kualitasnya dan memiliki wide color gamut dengan rasio sampai 60,000 : 1.

Selain itu, untuk layarnya, Xiaomi sudah mengantongi sertifikasi German VDE yang memiliki artian lulus tes uji dengan hasil low blue eye. Salah satu hal yang menakjubkan dan dimiliki layar Mi CC9 ini adalah terdapatnya teknologi intelligent environment adaptation yang mana layarnya aka dapat menyesuaikan diri secara otomatis berdasarkan lingkungan dan cuaca sekitar.

Tidak hanya itu saja, layar dari Mi CC9 tersebut juga telah dilengkapi dengan hardware DC yang dapat mereduksi frekuensi tingkat kecerahan yang dapat membuat mata mudah lelah atau sakit. Ketika digunakan di bawah sinar matahari secara langsung pun, layarnya masih dapat menampilkan segala sesuatu dengan jernih dan terang.

Sensor pemindai sidik jarinya sangat peka dan akurat
Sensor pemindai sidik jarinya sangat peka dan akurat

Fingerprint Sensor Generasi ke-7

Fitur pemindai sidik jari yang dipunyai Xiaomi Mi CC9e ini adalah fingerprint sensor generasi ke-7 yang sangat sensitif atau peka terhadap sentuhan. Digunakan dalam berbagai kondisi ataupun di tempat bertemperatur rendah pun bukan menjadi satu masalah. Tidak hanya sensitif, sistem di dalamnya juga cukup cepat dalam memindai alur dari sidik jari pengguna. Tingkat akurasi dari sensor pemindai sidik jarinya pun sangat tinggi.

Kamera Depan untuk Para Pencinta Selfie

Fitur kamera depan yang terletak di dalam notch tersebut memiliki resolusi sebesar 32MP Ultra-HD dan telah disokong teknologi artificial intelligence (AI) di dalamnya. Dengan besaran resolusi lensa yang dimiliki, maka foto yang dihasilkan akan memiliki resolusi sebesar 6560 × 4928 pixel. Kejernihan sampai detail fotopun sangat berkualitas.

Selain itu, walaupun tidak menggunakan lensa khusus dengan depth sensor, namun foto dalam mode portrait yang dihasilkan mampu mengaburkan background belakang (bokeh) dengan bagus dan halus. Bahkan satu hal yang menarik adalah Anda dapat mengubah foto wajah menjadi memoji dalam bentuk kartun (Memoji Meng).

Beragam tambahan teknologi serta mode disematkan Xiaomi untuk menyokong fitur kameranya
Beragam tambahan teknologi serta mode disematkan Xiaomi untuk menyokong fitur kameranya

Kamera Belakang untuk Para Pencinta Fotografi

Terdapat 3 buah lensa kamera yang disematkan ke dalam Mi CC9 ini yang mana kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 48MP ultra-HD dan telah menggunakan sensor milik Sony, Sony IMX586. Karena memang menargetkan pengguna muda, maka Xiaomi sengaja menghilangkan lensa telephotonya dan menggunakan dengan kamera superwide dengan resolusi 8MP sebagai gantinya, serta lensa dengan resolusi 2MP untuk menjelajah tingkat kedalaman gambarnya.

Lensa pada kamera utamanya mampu menghasilkan foto yang berkualitas dan ketika digunakan pada malam hari, hasilnya sangat mengesankan. Terlebih terdapatnya mode Night Scene yang mampu mereduksi tingkat noise. Terlebih sudah terdapatnya teknologi AI di dalamnya yang dapat membantu pengoptimalan fitur.

Untuk lensa keduanya, Anda dapat mengabadikan foto dalam mode landscape dengan rentang sebesar 118 derajat (sebelum koreksi distorsi). Sedangkan lensa ketiganya dapat menciptakan pengaburan background (bokeh) yang halus. Terdapat juga 6 filter bawaan di dalamnya.

Dapur Pacu Ngebut untuk Para Gamer

Memang jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon versi 8xx, chipset yang dimiliki Mi CC9 masih belum dapat menyamai kinerja dan performanya. Akan tetapi sebagai smartphone kelas menengah dipersenjatai chipset Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm), prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dan GPU Adreno 616 adalah suatu keunggulan tersendiri dibandingkan smartphone lain sekelasnya.

Ditambah lagi dengan sokongan ROM dan RAM besar serta Game Turbo 2.0 dan algoritma Mi Turbo dual-engine membuat pengalaman bermain game semakin menyenangkan. Tidak hanya bermain game saja, mengoperasikan beragam aplikasi pun tidak terasa berat atau terkendala sama sekali.

Xiaomi Mi CC9 VS OnePlus 7 Pro/Vivo V15 Pro/Samsung Galaxy A50

OnePlus 7 Pro © oneplus.com
OnePlus 7 Pro © oneplus.com

Xiaomi Mi CC9 vs OnePlus 7 Pro

Memiliki usia perilisan tidak berbeda jauh, nampaknya OnePlus 7 Pro merupakan lawan seimbang untuk Xiaomi Mi CC9. Perangkat mobile dari OnePlus tersebut unggul dalam ukuran dimensi tubuh dan juga layarnya, walaupun kalah dalam tingkat kerapatan antar-pixel yang dimiliki.

Untuk masalah jeroan dalamnya, OnePlus 7 Pro kembali unggul atas Mi CC9. Akan tetapi ketika membandingkannya pada fitur kamera, Mi CC9 lebih unggul dibandingkan dengan yang dimiliki OnePlus 7 Pro. Baik kamera depan atau belakangnya, yang dipunyai Mi CC9 lebih bagus dan besar tingkat resolusinya. Selain itu, OnePlus 7 Pro hanya dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas 3700 mAh yang mana tidak dapat melawan besaran kapasitas baterai yang dipunyai Mi CC9, yaitu sebesar 4030 mAh.

Vivo V15 Pro © vivo.com
Vivo V15 Pro © vivo.com

Xiaomi Mi CC9 vs Vivo V15 Pro

Secara umum besaran tubuh dan beratnya, kedua perangkat ini tidak terlalu jauh berbeda. Bahkan untuk urusan layarnya pun juga kurang lebih sama. Hanya saja yang menjadi sedikit pembeda adalah Vivo V15 Pro tidak menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass, sedangkan produk dari Xiaomi tersebut memakai Gorilla Glass versi 5.

Untuk fasilitas kameranya, kurang lebih kedua perangkat ini juga masih seimbang. Hanya saja untuk masalah dapur pacunya, Vivo V15 Pro menggunakan chipset, prosesor dan kartu grafis versi lawas, sedangkan Mi CC9 memakai yang lebih baru. Ditambah lagi, kapasitas baterai dari Mi CC9 lebih besar dibandingkan dengan Vivo V15 Pro.

Samsung Galaxy A50 © samsung.com
Samsung Galaxy A50 © samsung.com

Xiaomi Mi CC9 vs Samsung Galaxy A50

2 perangkat mobile ini merupakan smartphone kelas menengah, hanya saja dari segi spesifikasi, keduanya bersaing ketat. Hanya saja, dari fasilitas SIM Cardnya menjadi satu kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A50 karena hanya terdapat 1 slot saja, sedangkan di Mi CC9 ada 2 slot. Tingkat pengamanan layar, besaran resolusi lensa kamera sampai dengan kapasitas baterainya pun, Mi CC9 masih lebih unggul dari Galaxy A50.

Hanya saja, ketika membandingkan keduanya dari dapur pacu, nampaknya produk dari Samsung ini yang keluar sebagai juaranya. Chipset Exynos 9610 (10nm) dan prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) yang dipunyai Samsung Galaxy A50 lebih bagus dan lebih cepat dibandingkan yang digunakan Xiaomi Mi CC9.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi CC9

Kelebihan

Xiaomi Mi CC9 ini memiliki layar yang cukup besar dan akan terasa lega ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game. Terlebih lagi jenis layar yang dipakainya adalah AMOLED buatan Samsung yang sudah terbukti kejernihan dan mampu menampilkan segala sesuatu dengan sangat terang juga detail. Tidak hanya itu saja, fasilitas fingerprint di layar depannya juga sangat cepat dalam pendeteksian serta akurat.

Dapur pacunya kuat dan bertenaga yang mana sangat cocok untuk digunakan mengoperasikan aplikasi besar ataupun dipakai bermain game-game dengan grafis tinggi. Terlebih perangkat mobile satu ini dibekali dengan RAM dan juga ROM-nya besar. Mi CC9 ini dilengkapi dengan RAM sebesar 6GB/ 8GB dengan ROM yang juga bervariasi dari 64GB/ 128GB/ 256GB yang mana masih dapat ditambah kapasitasnya menggunakan microSD.

Tentu saja yang menjadi kelebihan serta keunggulan utama pada smartphone ini adalah terletak pada fasilitas kameranya. Mi CC9 dilengkapi dengan 1 lensa kamera di bagian depan dan 3 lensa kamera di bagian belakang. Untuk yang terletak di depan memiliki resolusi 32MP, sedangkan untuk yang bagian belakang terdapat lensa dengan resolusi 48MP + 8MP = 2MP.

Kekurangan

Xiaomi Mi CC9 merupakan smartphone yang menggunakan material kaca untuk bagian depan dan aluminium alloy untuk bagian belakangnya. Ditambah lagi pada kedua sisi tersebut terlihat mengkilap dan terkesan licin. Oleh karenanya, ketika digunakan seharian di berbagai kondisi, casingnya akan mudah kotor karena tidak dapat mentolerir debu, bekas sidik jari atau bahkan minyak-minyak lain yang menempel.

Selain itu, kekurangan selanjutnya adalah smartphone satu ini bukanlah termasuk perangkat yang tahan untuk digunakan agak sedikit ekstrem. Dengan kata lain, ketika terkena cipratan air atau sedikit terbentur saja, akan mudah berpengaruh pada mesin atau sistem-sistem bagian dalamnya.

Terlebih lagi, walaupun sudah dilengkapi dengan baterai besar dan support teknologi fast charging, akan tetapi Mi CC9 ini tidak mempunyai fasilitas wireless charging yang sangat jamak dimiliki smartphone-smartphone kelas menengah ataupun masuk kategori hi-end.

Hp Xiaomi Mi CC9
Xiaomi Mi CC9 adalah salah satu varian dari Mi CC series yang dirilis oleh Xiaomi di tahun 2019

Review Akhir Xiaomi Mi CC9

Xiaomi Mi CC9 adalah produk yang masuk dalam level mid-range. Walaupun berstatus sebagai perangkat mobile kelas menengah, akan tetapi spesifikasi yang dimiliki hampir setara dengan apa yang dipunyai smartphone-smartphone kelas hi-end lainnya.

Contohnya saja, operating system yang digunakannya sudah termasuk paling baru, Android 9.0 Pie dengan user interface MIUI 10. Tidak hanya itu saja, terdapat pula fasilitas fingerprint yang terletak di bawah layar atau juga face unlock untuk urusan pengamanannya.

Produk ini juga dilengkapi dengan fasilitas kamera sebanyak 3 buah yang terletak di bagian belakang dengan resolusi dan fungsi berbeda. Kamera depannya pun mempunyai resolusi besar yang sangat membantu sekali bagi para pencinta selfie. Sayangnya, sampai sekarang produk ini belum hadir di pasaran Tanah Air. Harga jualnya di pasaran Cina adalah mulai Rp3,7 jutaan ke atas.

Xiaomi Mi CC9 – Harga dan Spesifikasi by PortalHP.com
Sumber gambar: mi.com, samsung.com, vivo.com, oneplus.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here